BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Sejarah Singkat Berdirinya Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah masjid tertua yang dibangun oleh Nabi di Madinah diatas sebidang tanah yang dibeli dari dua orang anak yatim yaitu Sahl dan Suhail bin Amr. Sejarah pemilihan letak tanah tempat dibangunnya masjid itu ditetapkan oleh Nabi ketika awal kehadiran beliau di Madinah. Pada waktu itu banyak sahabat dari kalangan anshar yang mengharapkan kehormatan menjamu dan menerima beliau sebagai tempat persinggahan pertama saat pertama beliau datang.
   Namun beliau melepas kendali untanya dan minta agar dibiarkan dia memilih tempatnya sendiri karena sesungguhnya dia diperintah (oleh TuhanNya). Dan tempat yang dipilih unta Beliau sebagai tempat istrhatnya itulah yang beliau minta untuk dapat dibebaskan yang kemudian menjadi tempat dibangunnya mesjid Nabawi itu serta rumah tempat tinggal beliau.

   Adapun mesjid Nabawi itu di bangun secara gotong royong oleh para sahabat baik dari golongan Anshar maupun dari golongan Muhajirin dan Nabi sendiri turut serta dalam pembangunannya. Luas bangunan  masjid 70 x 90 hasta, tinggi tembok sekitar 2 meter dengan atap dari daun kurma dan sebagiannya lagi dibiarkan terbuka. Disamping masjid itulah dibangun rumah tempat tinggal Rasulullah. Disamping lainnya dibangun semacam asrama untuk tinggal atau penampungan para sahabat yang miskin atau karena satu dan lain hal tidak mampu kasab. Dalam perkembangannya di dekat masjid itu pula dibangun ruang belajar bagi kaum muslimin yang berdatangan dari berbagai penjuru yang mewakili berbagai kabilah.
   Dalam perkembangannya masjid itu telah beberapa kali mengalami perluasan dan perbaikan. Pada masa Rasulullah saja dua kali diperluas sehingga mencapai 2475 meter bujur sangkar. Sekarang luas masjid Nabawi sudah 82.000 meter bujur sangkar. Didalam masjid itu terdapat makam Rasulullah, makam Abu Bakar, dan makam Umar bin Khattab.
   Di bahagian depan yang dahulu merupakan tempat Nabi berdiri sebagai imam shalat tetap dipertahankan menjadi pengimaman sampai sekarang, sedangkan yang lainnya yang dahulu tempat para makmun pada bangunan awal kini dinamakan Raudhah yang dibatasi oleh tiang-tiang berwarna putih . Sekarang manakala umat islam shalat di masjid Nabawi berusaha mendapat tempat di Raudhah itu bahkan mereka berebut untuk memperoleh kesempatan sholat sunat dimimbar Nabi yang dirasakan sebagai kenikmatan tersendiri.
   Demikian sejarah singkat awal dibangunnya Masjid Nabawi sebagai pengetahuan tentang sejarah dibangunnya masjid Nabawi.
Sejarah Singkat Berdirinya Masjid Nabawi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment