BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian, persamaan dan perbedaan khotbah, tablig dan dakwah

1, pengertian khutbah,dakwah dan tablig

- Khutbah berasal dari bahasa arab   خـَطَـبَ  -  يـَـخْــطُـبُ -  خـُـطْـبـَـة yang berarti, menyeru, memberi nasehat, menyampaikan pidato, orasi yang didalamnya terkandung nasehat.
Khotbah secara istilah artinya berpidato didepan audiens dalam rangka menyeru dan menyampaikan nasehat. Dalam pemakaian bahasa sehari-hari, kata “khotbah” sering digunakan untuk menyebut pidato-pidato yang terkait dengan ritual ibadah tertentu, seperti sholat jum’at, sholat idul fitri dan idul adha.

-  Tablig, berasal dari bahasa arab    بَـلـَـغَ - يــبـلغ   تَبْلـِـيـْـغـًـا yang berarti, menyampaikan sesuatu.
Tablig secara istilah, menyampaikan sebuah nasehat atau kebaikan kepada orang lain, dalam pemakaian bahasa kita sehari-hari, kata tablig sering disebut dengan istilah ceramah keagamaan yang bersifat umum. Kadang kita mendengar  istilah tablig akbar, artinya ceramah besar, yang bisa jadi ceramah itu dilaksanakan dalam momen yang besar, atau memang yang menyampaikan ceramah itu adalah orang yang tingkat keilmuannya sudah tinggi dalam kepastian jumlah audien datau pendengar yang sangat banyak atau besar.

-   Dakwah beasal dari bahasa arab,  دَعـَـا -  يَـدْ عُــوْ – دَعْــوَة   artinya menyeru, memanggil, mengajak.
Dakwah menurut istilah, menyeru atau mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan. Dalam teori komunikasi dakwah, dakwah bisa dikategorikan menjadi dua macam :

a.  Dakwah bil qaul, artinya menyeru orang lain untuk berbuat kebaikan dengan menggunakan bahasa lisan (ucapan). Dalam bahasa yang lain dakwah bil qaul adalah mengajak dengan kata-kata, termasuk dalam kategori ini adalah pidato, ceramah dan lain sebagainya.

b. Dakwah bil hal artinya menyeru orang lain untuk berbuat kebaikan dengan cara memberikan contoh perbuatan dan keteladanan, misalnya ketika seseorang ingin mengajak orang lain agar bisa melaksanakan sholat berjamaah, maka diri senantiasa memberikan contoh keteladanan terlebih dahulu dengan konsisten melaksanakan sholat berjamaah, jadi mengajak bukan dengan kata-kata aakan tetapi dengan perbuatan yang nyata.

Dari ketiga metode tersebut diatas, maka maksud dan tujuannya adalah sama yakni menyeru manusia untuk berbuat kebaikan dan kebenaran serta mengajaknya untuk tetap berada dijalan yang penuh dengan ridha Allah.

2.  persamaan dan perbedaan khotbah, tablig dan dakwah.

Dari pengertian ketiga istilah diatas, semuanya memiliki maksud yang sama yakni menyeru dan mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan. Akan tetapi apabila kita lihat makna dari kata ketiganya, maka kata dakwah lebih umum dibandingkan dengan khotbah dan kata tablig, adapun persamaan dari ketiganya adalah
  • Khutbah dan tablig memiliki tujuan yang sama, yaitu menyeru dan mengajakmanusia untuk berbuat kebaikan dan kebenaran.
  • Khutbah dan tablig menggunakan tekhnik yang sama yaitu menggunakan bahasa lisan.
Sedangkan perbedaan anatara khutbah dengan tablig yaitu :
  •  Khutbah selalu mengiringi ibadah ritual lainnya, seperti khutbah jumat yang selalu mengiringi dengan sholat jumat, khotbah id yang  diiringani dengan sholat id.sementara tablig tidak
  • Karena khotbah selalu masuk kedalam bagian ibadah ritual formal, maka bahasa yang digunakan dalam khotbah memiliki tuntunan dan panduan tertentu yang akan menentukan kesempurnaan ibadah ritual tersebut, misalnya rukun khotbah juma’at, sementara tablig tidak ada ketentuan demikian dan cenderung memiliki sifat fleksibel
  • Pelaksanaan khotbah terikat oleh waktu, sedangkan tablig kapan saja tanpa ada waktu yang  ditentukan oleh aturan.









Pengertian, persamaan dan perbedaan khotbah, tablig dan dakwah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment