BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Nilai dan Norma dalam Hidup dan Kehidupan




1.      Pengertian nilai dan norma

Nilai adalah suatu perangkat keyakinan ataupun perasaan yang diyakini sebagai suatu identitas, yang memberikan corak yang khusus kepada pola pemikiran, perasaan, keterkaitan maupun prilaku. Oleh karena itu sistim nilai dapat merupakan standar umum yang diyakini, yang diserap dari pada keadaan yang obyektif, maupun yang diangkat dari keyakinan, sentiment (perasaan umum), maupun identitas yang diwahyukan oleh Allah swt. Yang pada gilirannya sentimen, kejadian umum, identitas umum yang karenanya menjadi syariat umum. Sistim nilai adalah merupakan ketentuan umum, yang merupakan pendekatan pada hakikat filosofi dari ketiga hal tersebut diatas ( keyakinan, sentiment dan identitas)

Oleh karena itu, sistim nilai yang ada bersifat ilahi dan normatif, dan ada yang bersifat modual (duniawi) yang dirumuskan sebagai keyakinan, sentiment maupun identitas dari atau yang dipandang suatu kenyataan yang berlaku dalam tempat dan waktu tertentu atau dalam alam semesta dan karenanya bersifat desriptif.

Didalam suatu budaya atau bangsa, sistim nilai merupakan suatu landasan atau tujuan dari pada kegiatan sehari-hari yang menentukan dan mengarahkan bentuk, corak, identitas, kelenturan (fleksibel) prilaku seseorang atau sekelompok orang, sehingga menghasilkan bentuk-bentuk produk materi seperti benda-benda budaya, kegiatan kebudayaan dan kesenian, atau pola dan konsep berfikir yang keseluruhannya disebut budaya atau kultur.

Kalau nilai merupakan keyakinan, sentiment atau identitas yang bersifat umum, maka penjabarannya dalam bentuk formula, sedangkan peraturan dan bentuk pelaksanaannya disebut “norma”. Jadi jelaslah bahwa norma merupakan penjabaran dari nilai sesuai dengan sifat tata nilai. Dimana norma ada yang bersifat ilahi dan ada pula yang bersifat kekinian atau berlaku sekarang artinya suatu norma dirumuskan berdasarkan kenyataan yang berlaku.

2.Sumber dan nilai norma

Berdasarkan uraian dan pengertian nilai dan norma diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sumber nilai dan norma itu ada dua yaitu, nilai yang bersifat ilahi, sumbernya adalah Al-Qur’an dan Hadits, dan nilai yang bersifat modial (duniawi) sumbernya adalah ra’yu (fikiran), adat istiadat dan kenyataan alam.

Bagi umat islam sumber nilai yang tidak berasal dari Al-qur’an dan sunnah hanya digunakan sepanjang tidak menyimpan dari sistim nilai yang bersumber dari Al-qur’an dan sunnah.untuk lebih jelasnya salah satu contoh nilai baik yang bersumber dari Alqur’an dan sunnah atas nilai yang bersumber dari ra’yu, adat istiadat  dan kenyataan alam sebagai berikut :

-         Nilai yang berasal dari Alqur’an, perintah sholat, zakat, puasa, haji dan lain-lain.
-      Nilai yang bersumber dari sunnah, tata cara pelaksanaan sholat, zakat, puasa, haji, thahara dan lainnya.
-       Nilai yang bersumber dari ra’yu, memberikan penafsiran dan penjelasan terhadap Al-qur’an dan sunnah dalam hal yang berhubungan dengan kemasyarakatan yang tidak diatur oleh Al-qur’an dan sunnah.
-     Nilai yang bersuber dari adat istiadat, tata cara komunikasi, sopan santun intraksi sesama manusia atau intraksi social dan sebagainya.
-      Nilai yang bersumber dari kenyataan alam, tata cara berpakaian, tata cara makan, dan lain sebagainya.

3.   pengaruh nilai dan norma terhadap tingkah laku

Pengaruh nilai dan norma terhadap tingkah laku/prilaku seseorang sangat bergantung pada :
-          Keyakinan yang menyeluruh terhadap system nilai dan norma itu.
-          Daya serap dari pada individu dan masyarakat dalam penggunaan sistim nilai dan norma
-          Ada atau tidak adanya pengaruh dari sistim nilai dan norma yang lain.
-          Kondisi fsikologi seseorang
-          Kondisi fisiologis
-          Kondisi fisik
Nilai dan Norma dalam Hidup dan Kehidupan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment