BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Shalat Tathawwu (Sholat Sunnah) dan Keutamaannya


Pengertian Shalat Tathawwu (Sholat Sunnah) dan Keutamaannya
Sholat Tathawwu' secara bahasa artinya naafilah yakni segala kelebihan yang baik. Jadi sholat tathawwu' adalah perbuatan yang dilakukan sukarela oleh seseorang muslim atas kemauan sendiri yang bukan merupakan kewajiban baginya. Adapun dalil yang meneranggkan hal tersebut sebagaimana firman Allah :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (183) أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ 

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka jika di antara kalian ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui.
Keutamaan sholat Tathawwu'
   Sholat Tathawwu' memiliki banyak keutamaan yang besar diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Sholat Tathawwu' dapat menyempurnakan sholat wajib dan menutupi kekurangannya. Berdasar hadits Tamim ad-Dhari, "Yang pertama kali dihisab dari diri seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Bila sholatnya sempurna maka akan dituliskan pahalanya dengan sempurna, apabila dia belum menyempurnakannya, maka Allah akan berfirman kepada malaikat ,"Lihatlah apakah kalian mendapatkan hambaKu itu melakukan Sholat Tathawwu' untuk menyempurnakan sholat wajibnya, demikian juga dengan zakatnya, kemudian baru amal perbuatan lain dihisab sesuai dengan ukuran itu".
  2. Sholat Tathawwu' dapat mengangkat derajat seseorang dan menghapus kesalahannya. Hal ini berdasar hadit tsauban mantan budak Rasulullah, dari Nabi saw beliau bersabda,"Hendaknya engkau banyak-banyak bersujud  (sholat). Sesungguhnya tidaklah sengkau bersujud kepada Allah sekali saja, melainkan Allah akan mengangkat satu derajat dan Allah akan menghapuskan dirimu satu kesalahan".
  3. Memperbanyak sholat sunat merupakan sebesar-besar masuknya seseorang kedalam surga untuk menemani Rasulullah , berdasarkan hadits Rabi'ah bin Ka'ab al-Aslami bahwa dia bercerita."Aku pernah menginap dirumah Rasulullah, aku membawakan air wudhu untuk beliau dan juga untuk buang air, beliau berkata :"Mintalah sesuatu, Aku menjawab,"Aku ingin menjadi orang yang menemanimu di surga., "Ataukah ada permintaanmu yang lain?, tanya beliau.'itu saja jawabku, Beliau lalu bersabda "Bantulah Aku untuk menolongmu dengan engkau memperbanyak sujud".
  4. Sholat Tathawwu' adalah amalan sunnah zhahir yang paling utama setelah jihad dan menuntut ilmu, baik mempelajari atau mengajarkannya. Hal ini berdasar hadits Tasuban bahwa Rasulullah pernah bersabda"Bersikap luruslah dan kalian sama sekali tidak akan bisa menghitung. Ketehuilah bahwa amalmu yang terbaik adalah sholat. Orang yang selalu menjaga wudhu adalah hanyalah orang yang beriman".
  5. Sholat Tathawwu' dirumah dapat melahirkan keberkahan. Berdasarkan hadits Jabir bin Abdullah, Rasulullah saw bersabda "Apabila salah seorang diantaramu usai sholat di masjid, hendaklah ia menyisahkan waktu untuk sholat dirumahnya karena Allah akan menjadikan kebaikan pada sholatnya dirumah tersebut". Juga berdasar pada hadits Tsaid bin Tsabit yang berderajat marfu' dalam hadits itu tercantum "Wahai manusia sholatlah kalian dirumah kalian yang paling utama bagi seseorang adalah dirumahnya, kecuali sholat wajib'. Dalam hadits Ibnu Umar,"Sisihkanlah sholatmu untuk dilakukan dirumahmu, dan janganlah menjadikan rumahmu sebagai kuburan". Imam An-Nawawi mengatakan,"Sholat sunnah dianjurkan di dalam rumah dengan demikian akan lebih jauh dan lebih terhindar dari sikap riya' serta lebih menjaga dari hal-hal yang membatalkan ibadah; agar rumah pun dipenuhi berkah sholat, dituruni rahmat dan para Malaikat serta dijauhi oleh syetan".
  6. Sholat Tathawwu' dapat menanamkan kecintaan seorang hamba terhadap Allah. Berrdasarkan hadits Abu Huraerah bahwa Rasulullah bersabda, "Allah berfirman,"Barangsiapa memusuhi waliKu, maka Aku menyerukan perangg dengannya. Tidak seorang hamba mendekatkan diri kepadaKu dengan amalan yang lebih aku sukai dari pada amalan yang kewajiban kepadanya. Seorang hamba akan terus mendekatkan diri kepadaKu dengan ibadah-ibadah sunnah, hingga aku mencintainya. Bila Aku telah mencintainya, aku akan menjadi penjaga pendengarannya yang dengannya ia mendengar, menjadi penjaga penglihatannya yang dengannya ia melihat, mejadi penjaga tangannya yang dengannya ia memegang, dan menjadi penjaga kakinya yang dengannya ia berjalan. Bila ia meminta, pasti Aku akan berikan, bila ia meminta perlindungan pasti Aku beri perlindungan". Secara zhahir, kecintaan Allah pada seorang hamba itu akan muncul bila seorang hamba konsekuen melaksanakan kewajibannya dan selalu berusaha melakukan pendekatan diri kepadaNya melalui ibadah-ibadah sunnah setelah melaksanakan yang wajib, baik itu berupa sholat, puasa, zakat, haji atau pun ibadah lainnya.
  7. Kesempurnaan ibadah Sholat Tathawwu' dapat menambah rasa syukur seorang hamba kepada Allah berdasarkan hadits Aisyah bahwa Nabi saw biasa melakukan sholat malam hingga telapak kakinya membengkak, Aisyah bertanya "Wahai Rasulullah kenapa Anda melakukan itu padahal Allah telah mengampuni dosa-dosa Anda yang terdahulu maupun yang akan datang?" Beliau menjawab,"Tidakkah aku pantas menjadi hamba yang bersyukur?".
Pengertian Shalat Tathawwu (Sholat Sunnah) dan Keutamaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment