BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Surah Al-Humazah & Terjemahan, Asbabun-Nuzulnya serta Kandungan dan Penjelasan Ayatnya

Surah Al-Humazah adalah salah satu surah dalam Al-Qur'an yang berada pada surah yang ke 104 dari 114 surah. Dalam surah tersebut secara umum mengandung banyak pelajaran yang harus kita ambil untuk diaktualisasikan dalam kehidupan kita sehari-hari terutama dalm hal mencari harta, yang kita tahu bahwa manusia selama hidup tidak akan pernah berhenti mencari kepuasan dan dengan jalan mendapatkan harta mereka akan selalu berusaha mencari kepuasan.
untuk lebih jelasnya apa yang dikandung dalam surah Al-humazah tersebut, maka dibawah ini kami akan memaparkan dan menjelaskan secara terinci. semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya.
Surah Al-Humazah
Lafal dan Terjemahan surah Al-Humazah



وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَة هُمَزَةٍ لُّمَزَة
ٱلَّذِى جَمَعَ مَالًا وَعَدَّدَهُۥ
يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُۥٓ أَخْلَدَهُۥ
كَلَّا ۖ لَيُنۢبَذَنَّ فِى ٱلْحُطَمَةِ
وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلْحُطَمَةُ
نَارُ ٱللَّهِ ٱلْمُوقَدَةُ
ٱلَّتِى تَطَّلِعُ عَلَى ٱلْأَفْـِٔدَةِ
إِنَّهَا عَلَيْهِم مُّؤْصَدَةٌ
فِى عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍۭ




Terjemahan :
"Kecelakaanlah bagi setiap pengumpak lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya. Sekali-kali tidak!. Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Hutamah. Dan tahukah kamu apa hutamah itu? (yaitu) api (yang disediakan ) Allah dan dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang" 
Asbabun Nuzul
Dalam salah satu riwayat dikatakan, "Usman bin Affan dan Umar ra berkata : " Masih segar terngiang ditelinga kami bahwa ayat ini (surah Al-humazah ayat 1-2, turun berkenaan dengan Ubay bin Khalaf, seorang tokoh Quraisy yang kaya raya. Ia selalu mengejek dan menghina Rasul dengan kekayaannya.".Demikianlah yang diriwayatkan Ibnu Abi Hatim yangbersumber dari 'Usman dan Ibnu Umar ra

Penjelasan Ayat
  1.   Ayat yang pertama menjelaskan bahwa pencelaakan celaka, di ayat tersebut terdapat kata “همزةyaitu mencela dari belakang atau secara tidak terang-terangan, dan juga terdapat kataلمزةyang artiya hamper bahkan bisa dikatakan sama dengan yang pertama tadi Cuma bedanya kata yang ini berarti mencela secara terang-terangan. Yang lebih jelasnya bahwa ayat 1 dari surah al-humazah ini menjelaskan tentang orang yang suka mencela dan mengumpak disebabkan oleh banyaknya harta yang di miliki.
  2. Pada ayat 2 menjelaskan bagaimana prilaku orang-orang kafir yang dalam hidup kesehariannya gemar mengumpulkan harta serta selalu sibuk menghitung-hitung harta/kekayaan yang mereka miliki. Mereka lebih fokus memikirkan kehidupan duniawi dibanding dengan mencari hidayah atau dengan kata lain mereka tidak pernah memikirkan kehidupan akhirat yang abadi.Sebab kecelakaan dan kebinasaan mereka yaitu karena mereka memperkaya diri sendiri serta selalu menghitung-hitung harta kekayaannya itu karena sangat cinta dan senangnya kepada harta seakan-akan tidak ada kebahagiaan dan kemulyaan dalam hidup kecuali karena harta. Bila ia menoleh kepada hartanya yang banyak itu ia merasakan bahwa kedudukannya sudah tinggi dari orang-orang sekelilingnya.
  3. Pada ayat 3, menjelaskan keadaan orang-orang kafir yang perilakunya beranggapan bahwa harta yang mereka miliki bisa membawa kesenangan pada kesenangan selamanya.Dia tidak merasa khawatir akan ditimpa musibah karena ia mencerca dan merobek-robek kehormatan orang lain. Karena kecongkakannya ia lupa dan tidak sadar bahwa maut selalu mengintainya, tidak memikirkan apa yang akan terjadi sesudah mati dan tidak pula merenungkan apa-apa yang akan terjadi atas dirinya.
  4. Ayat 4, menjelaskan bahwa semua anggapan orang kafir itu salah, Allah menyatakan salahnya sangkaan pengumpat dan pencerca, bahwa harta yang dimilikinya itu menjamin akan tetap hidup di dunia selamanya. Oleh karena itu tindakan-tindakannya sama dengan tindakan orang yang akan hidup selama-lamanya dan bila ia mati tidak akan hidup kembali untuk menerima balasan atas amal kejahatannya selama hidup di dunia. Dan kekayaan yang mereka miliki tidak ada manfaatnya. Mereka akan mendapat balasan dari apa yang mereka lakukan dengan dilempar masuk kedalam api neraka hutamah
  5. Pada ayat 5-7, Menjelaskan tentang tempat bagi pencela dan pengumpat, yaitu neraka hutamah, yang apinya membakar sampai masuk kedalam hatinya. Allah menyatakan bahwa api yang menyala-nyala itu berbeda dengan api dunia. Ia menjilat dan naik sampai ke hulu hati. Ia masuk ke dalam rongga perut sampai ke dada dan membakar hati. Hati adalah yang paling merasa sakit dari anggota-anggota badan lainnya, maka apabila api sampai membakar hati berarti siksa yang dirasakannya itu sudah sampai ke puncaknya. 
  6. Ayat 8-9, menjelaskan tentang keadaan orang-orang yang berada didalam neraka hutamah, mereka tidak dapat keluar karena sudah ditutup rapat dan diikat pada tiang-tiang panjang yang tiang itu dari api neraka. Allah mengungkapkan bahwa api tersebut berlapis-lapis mengelilingi mereka. Mereka tidak dikeluarkan dari padanya dan tidak pula mampu keluar sendiri.
    Allah menjelaskan keadaan orang-orang penghuni neraka Hutamah, yaitu yang dipahami dari kata "Muqatil" bahwa pintu-pintu neraka itu ditutup rapat, sedang mereka diikat pada tiang tiang besi, tidak pernah pintu-pintu itu dibuka dan di sana penuh dengan segala macam penderitaan. Tujuannya adalah untuk menjadikan mereka putus-asa untuk dapat keluar dari neraka Hutamah itu.
Surah Al-Humazah & Terjemahan, Asbabun-Nuzulnya serta Kandungan dan Penjelasan Ayatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment