BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Nilai menurut Ahli dan Jenis-jenis Nilai

Pengertian Nilai menurut Ahli dan Jenis-jenis Nilai
    Diantara beberapa defenisi tentang nilai yang telah dikemukakan oleh para ahli, maka salah satu defenisi nilai yang dikemukakan oleh Spranger termasuk defenisi yang dikenal secara luas. Menurut Spranger bahwa nilai diartikan sebagai suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh individu untuk menimbang dan memilih alternatif keputusan dalam situasi sosial tertentu. Dalam prespektif Spranger, kepribadian manusia itu terbentuk dan berakar pada tatanan nilai-nilai dan kesejarahan. Meskipun Spranger tetap mengakui kekuatan individual yang dikenal dengan istilah "ruh subjektif" dan kekuatan nilai-nilai budaya merupakan "ruh objektif". maka kekuatan nilai-nilai individual didudukkan dalam posisi primer karena nilai-nilai budaya akan berkembang dan bertahan apabila didukung dan dihayati oleh individu.
    Penerimaan nilai oleh manusia tidak dilakukan secara pasif melainkan secara aktif dan kreatif, dan dalam proses penerimaan nilai oleh manusia terjadi terjadi hubungan dialek manakala didukung oleh ruh subjektif, sebaliknya ruh subjektif terbentuk dan berkembang dengan berpedoman kepada ruh objektif yang diposisikan sebagai cita-cita yang harus dicapai.
Pengertian Nilai
    Dari uraian tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa nilai merupakan suatu yang diyakini kebenarannya dan mendorong orang untuk mewujudkannya, nilai merupakan suatu yang memungkinkan individu atau kelompok sosial untuk membuat keputusan mengenai apa yang di butuhkan atau suatu yang ingin dicapai.
    Secara dinamis, nilai dipelajari dari produk sosial dan secara perlahan diinternalisasikan oleh individu kedalam dirinya serta diterima sebagai milik bersama dengan kelompoknya. Nilai merupakan standar konseptual yang relatif stabil untuk membimbing individu dalam menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam rangka memenuhi kebutuhan psikologisnya.
Jenis-jenis Nilai
Spranger menggolongkan nilai dengan enam jenis yaitu :
  1. Nilai teori atau nilai keilmuan (I)
  2. Nilai ekonomi (E)
  3. Nilai sosial atau nilai solidaritas (Sd)
  4. Nilai agama (A)
  5. Nilai seni (S)
  6. Nilai politik atau kuasa (K)
    Nilai keilmuan (I) memdasari perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang bekerja terutama atas dasar perkembangan rasional, nilai ini dikontraskan dengan nilai Agama (A) yaitu suatu nilai yang mendasari perbuatan seseorang atas dasar pertimbangan kepercayaan bahwa suatu iti dipandang benar menurut ajaran agama.
    Nilai Ekonomi  (E) asalah suatu nilai yang mendasari perbuatan seseorang atau sekelompok orang atas dasar pertimbangan ada tidaknya keuntungan pinansial sebagai akibat perbuatannya itu. Nilai ini dikontraskan dengan nilai seni (S) yaitu suatu nilai yang mendasari perbuatan seseorang atau sekelompok orang atas dasar pertimbangan rasa keindahan atau rasa seni yang terlepas dari berbagai pertimbangan material.
    Nilai solidaritas (Sd) adalah suatu nilai yang mendasari perbuatan seseorang terhadap orang lain tanpa menghiraukan akibat yang mungkin timbul terhdap dirinya sendiri. Apakah akibat itu berupa keuntungan atau ketidak beruntungan. Nilai ini dikontraskan  dengan nilai kuasa (K) yaitu suatu nilai yang mendasari perbuatan seseorang atau sekelompok orang atas dasar pertimbangan untuk kepentingan dirinya atau kelompoknya.
    Dari Enam nilai tersebut maka yang dominan pada masyarakat tradisional adalah nilai solidaritas, nilai agama dan nilai seni. Sedangkan pada masyarakat modern nilai yang dominan adalah nilai keilmuan, nilai ekonomi dan nilai kuasa. Sebagai konsekuensi dari proses pembangunan yang terus menerus berlangsung memungkinkan terjadinya pergeseran nilai-nilai tersebut.
Pengertian Nilai menurut Ahli dan Jenis-jenis Nilai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment