BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Emosi dan Bentuk-bentuk Emosi serta Hubungan Emosi dengan Tingkah Laku


 Pengertian Emosi dan Bentuk-bentuk Emosi serta Hubungan Emosi dengan Tingkah Laku
Jika ditinjau dari ranah yang biasa digunakan dalam dunia pendidikan maka emosi termasuk kedalam ranah yang efektif, karena emosi banyak berpengaruh terhadap fungsi fsikis lainnya, seperti pengamatan, tanggapan, pemikiran dan kehendak. seseorang akan mampu melakukan pengamatan atau pemikiran dengan baik apabila disertai dengan emosi yang baik pula. Begitu juga dengan memberikan tanggapan positif apabila disertai dengan emosi yang positif pula. Lalu apakah emosi itu dan bagaimana bentuk emosi yang ada dalam diri individu?. Dibawah ini kami akan mengungkap dalam sebuah artikel yang bisa memudahkan pemahaman tentang emosi itu.
A. Pengertian Emosi
Adapun defenisi dari pada emosi dapat dikemukakan oleh beberapa pakar dan ahli diantaranya :
  • Memurut Danial Goleman, bahwa emosi dimakanai sebagai setiap kegiatan atau pergolakan pikiran, perasaan, nafsu atau ; setiap keadaan mental yang hebat. dan ditambahkan bahwa emosi merujuk kepada suatu perasaan dan pikiran-pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis, dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak.
  • Menurut Chaplin, mendefenisikan emosi sebagai suatu keadaan yang terangsang dari organisme mencakup perubahan-perubahan yang disadari, yang mendalam sifatnya dari perubahan perilaku.Chaplin juga membedakan antara emosi dengan perasaan. Perasaan adalah pengalaman disadari yang diaktifkan, baik oleh perangsang eksternal, maupun oleh keadaan bermacam-macam keadaan jasmaniyah.
Dengan demikian dari dua pakar yang mendefinisikan tentang emosi, maka jelaslah bahwa emosi adalah suatu perangsang yang menyebabkan perubahan psikologis dan disertai dengan perasaan yang kuat dan biasanya mengudang kemungkinan untuk meletus, dan respon tersebut terjadi baik terhadap perangsang eksternal maupun internal.
Dari defenisi tersebut maka jelaslah perbedaan antara emosi dengan perasaan, bahkan tampak jelas bahwasanya perasaan termasuk kedalam emosi atau menjadi bagian dari emosi.
B.Bentuk-bentuk Emosi
Daniel Goleman mengidenrifikasi sejumlah kelompok emosi sebagai berikut :
  1. Amanah, didalamnya meliputi beringas, mengamuk, benci, marah besar, jengkel, kesal hati, terganggu, rasa pahit, berang, tersinggung, bermusuhan, tindak kekerasan, dan kebencian patologis.
  2. Kesedihan, didalamnya meliputi pedih, sedih, muram, suram, melankolis, mengasihani diri, kesepian, ditolak, putus asa dan deprresi.
  3. Rasa takut, didalamnya meliputi cemas, takut, gugup, khawatir, was-was, perasaan takut sekali, sedih, waspada, tidak tenang, ngeri, kecut, panik, dan pobia
  4. Kenikmatan, didalamnya meliputi bahagia, gembira, ringan puas, riang, senang, terhibur, bangga, kenikmatan indrawi, takjub, terpesona, puas, rasa terpenuhi, girang, senang sekali dan mania.
  5. Cinta, didalamnya meliputi penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, rasa dekat, hormat, kasmaran, dan kasih sayang
  6. Terkejut, didalamnya meliputi terkesiap, takjub, dan terpana
  7. Jengkel, didalamnya meliputi hina, jijik, muak, benci, tidak suka, dan mau muntah
  8. Malu, didalamnya meliputi rasa bersalah, malu hati, kesal hati, menyesal, hina, aib, dan hati hancur lebur
 Dari delapan kelompok emosi tersebut diatas, maka berdasarkan penelitian Paul Ekman (dari Universitas California) ternyata ada bahasa emosi yang dikenal oleh bangsa-bangsa didunia yakni emosi yang diwujudkan dalam bentuk ekspresi wajah yang didalamnya mengandung emosi takut, marah, sedih, dan senang.
C.Hubungan Emosi dan Tingkah Laku
Ada beberapa pertanyaan yang mendasar tentang hubungan emosi dengan tingkah laku diantaranya ; Apakah emosi yang menimbulkan tingkah laku atau tingkah laku yang menimbulkan emosi?.Jawaban dari pertanyaan ini, ada beberapa pendapat yang kemudian menghasilkan apa yang dikenal dengan "teori emosi".
Melalui teori "Kecenderungan Emosional" yang dikembangkannya, Danial Goleman mengemukakan sejumlah ciri utama pikiran emosional sebagai bukti bahwa emosi memainkan peranan penting dalam pola berfikir maupun tingkah laku individu. Adapun ciri tersbut yaitu : respon yang cepat tetapi ceroboh. mendahulukan perasaan baru kemudian berfikir, memperlakukan realitas sebagai realitas simbolik, masa lampau diposisikan sebagai masa sekarang, dan realitas yang ditentukan oleh keadaan
Pengertian Emosi dan Bentuk-bentuk Emosi serta Hubungan Emosi dengan Tingkah Laku Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment