BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Putus Asa, Penyebab dan Dampaknya serta Dalil dan Ciri Orang Yang Putus Asa

Pengertian Putus Asa, Penyebab dan Dampaknya serta Dalil dan Ciri Orang Yang Putus Asa
Pengertian Putus Asa
Putus asa adalah suatu dikap/perilaku yang merasa bahwa dirinya telah gagal atau tidak mampu dalam meraih suatu impian, harapan atau cita-cita dan tidak mau lagi kembali untuk berusaha dalam melanjutkan apa yang diinginkan. Putus asa berarti habis harapan, tidak ada harapan lagi, dan seseorang dikatakan putus asa apabila tidak lagi mempunyai harapan tentang sesuatu yang semula hendak mau dicapai.

Peneyebab Putus asa
Putus asa adalah sifat yang dapat merugikan diri, banyak hal sehingga seseorang bisa putus asa, namun dari banyak penyebab tersebut salah satu yang paling sering terjadi dalam masyarakat adalah karena terjadinya kegagalan yang berulang kali dalam mencapai cita-cita atau pengharapan sesuatu. Namun sebenarnya penyebab putus asa seseorang bukan hanya berasal dari persoalan yang dihadapi semata, akan tetapi cara penyikapi persoalan yang dihadapi tersebut.

Dampak Negatif Putus asa
Putus asa adalah termasuk akhlak yang sangat tercela, dampaknya amat negatif baik bagi diri sendiri juga bagi keluarga. Adapun dampak dari putus asa diantaranya :
1. Dapat merugikan diri sendiri dikarenakan terjadinya :
a. Depresi
    Putus asa seringkali menjadi penyebab depresi yang mendalam sehingga apa yang mereka alami tidak ada kemauan lagi untuk bangkit, di karenakan seolah-olah merasa tidak mampu lagi menghadapi masalah yang dihadapinya, baik dirinya sendiri juga pada keluarganya sehingga dapat mempengaruhi psikologis atau kejiwaannya.
b.Stres
   Putus asa juga dapat mengakibatkan seseorang stres akibat depresi yang berkepanjangan, ini dikarenakan gangguan syaraf pada otak terlalu banyak berfikir dari apa yang mereka hadapi, terutama kegagalan-kegagalan yang dihadapi sehingga tidak mampu lagi untuk berfikir secara logis
c.Gila
   Putus asa bukan hanya seseorang depresi, dan stres akan tetapi lebih parah lagi bisa menyebabkan seseorang menjadi gila, karena putus asa yang sudah mendarah daging dalam hati dan pikiran sehingga dapat mengakibatkan seseorang tidak mampu lagi mengimbangi hati dan pikirannya dengan hati yang tawadhu dan fikiran yang jernih dari persoalan yang mereka hadapi akhirnya menjadi gila.
d. Bunuh diri
    Salah satu dampak yang paling buruk akibat dari putus asa adalah mengahiri hidup, karena tidak mampu lagi melanjutkan hidupnya akibat dari rumitnya persoalan yang dihadapi. Dan kecendrungan bunuh diri sangat kuat apabila seseorang mengalami putus asa yang sangat mendalam dikarenakan adanya rasa kecewa yang amat mendalam dalam dirinya.
2. Susah untuk mencapai kemajuan
    Orang yang putus asa maka dia akan menghadapi hidup yang susah, dikarenakan tidak mau bangkit lagi atas keterpurukan yang dihadapi. Maka untuk bisa bangkit kembali, jalan yang harus ditempuh adalah :
a. Jangan buruk sangka pada Allah
    semua manusia di dunia tidak ada yang tidak punya persoalan, namun persoalan yang dihadapi berpariasi, dan harus disadari bahwa semua itu adalah salah satu cobaan dari Allah Swt.yang diberikan kepada hambanya, apakah cobaan tersebut mampu dihadapi dengan sikap sabar. Yakinlah bahwa sebuah kegagalan ada hikmah yang disembunyikan oleh Allah, dan mungkin saja ada yang lebih indah dan baik yang akan diberikan oleh Allah.
b. Perbanyak Ibadah dan berdo'a
    Disaat kita menghadapi persoalan hidup yang berat, maka mungkin suatu teguran dari Allah, karena disaat diberikan rezki, tidak mengingat lagi yang memberinya, lupa segalanya tanpa mensyukuri nikmat yang di rasakan. Oleh karena itu setiap apa yang ingin kita raih atau harapan dan impian yang ingin diraih, maka hendaklah dengan niat lillahi ta'ala, manusia cuma berusaha adapun hasil dari usaha itu adalah urusan Allah. Dan Allah tidak akan menguji hambanya yang melampaui kemampuan hambanya.
Dengan demikian putus asa bukanlah jalan terakhir manusia dalam menjalani hidup, cobaan, rintangan dan persoalan hidup yang menghadang adalah merupakan sebuah tantangan yang manusia harus menjalaninya dengan penuh kesabaran. Karena Allah Swt telah berfitman dalam surah Yusuf ayat 87 :
وَلَا تَيْأَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ ۖ إِنَّهُ لَا يَيْأَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ
"Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, yang berputus asa dari rahmat Allah hanyalah orang-orang kafir"(Q.S.Yusuf : 87)

Ciri-ciri orang yang putus asa
  • Timbulnya sifat malas setelah mengalami kegagalan dalam suatu usaha
  • Tidak ada niat dan bersemangat untuk meneruskan usahanya yang gagal itu
  • Selalu diwajahnya tampak murung seakan tidak memiliki gairah untuk bangkit dan berusaha kembali
  • Hati dan pikirannya mudah terpancing emosi, sehingga penyebab sedikit aja sudah timbul kemarahan yang memuncak





Pengertian Putus Asa, Penyebab dan Dampaknya serta Dalil dan Ciri Orang Yang Putus Asa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment