BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Surah An-Nas dan Terjemahan, serta Asbabun-Nuzulnya

Surah An-Nas dan Terjemahan, Asbabun-nuzulnya serta Penjelasan Tafsir
 Dalam surat ini, Allah memerintahkan Nabi Muhammad saw. untuk kembali dan
berlindung kepada-Nya dalam mencegah kejahatan yang besar, yang tidak terlihat oleh kebanyakan
manusia. Sebab, kejahatan tersebut datang kepada mereka dari hawa nafsunya sehingga mereka
terjerumus dalam apa yang dilarang. Itulah kejahatan bisikan setan yang tersembunyi dari penglihatan
mata, atau yang terlihat dan tersembunyi dalam tipu muslihat.
Surah An-Nas Ayat 1-6


قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ١
مَلِكِ النَّاسِ ٢
إِلَهِ النَّاسِ ٣
مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ ٤
الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ ٥

Artinya:
1. Katakanlah: "Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.
2. raja manusia.
3. sembahan manusia.
4. dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,
5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
6. dari (golongan) jin dan manusia.


Asbabun Nuzul
Imam Al-Baihaqi meriwayatkan dalam kitabnya Dalail An-Nubuwwah dari Al-Kalbi dari Abu Saleh dari Ibnu Abbas berkata, " suatu ketika Rasulullah menderita sakit parah, akhirnya dua malaikat mendatangi beliau, malaikat yang satu duduk diarah kepala, sementara yang satunya diarah kaki Rasulullah. Malaikat yang berada diarah kaki bertanya kepada malaikat disebelah kepala Rasulullah, "Apa yang sedang memimpanya?". Malaikat disebelah kepala menjawab : "Di sihir oleh orang". Malaikat di sebelah kaki bertanya kembali, "Siapa yang menyihir?" dijawab : "Labid ibnu a'sam, seorang yahudi. Malaikat itu bertanya lagi " dimana diletakkan sihirnya itu?" dijawab :"Disebuah sumur milik si fulan, dibawah batu. Oleh sebab itu hendaknya Muhammad pergi ke sumur itu kemudian keringkan airnya lalu angkat batunya. Setelah itu ambillah kotak yang berada dibawah batu itu kemudian bakarlah. Pada pagi harinya, Rasulullah mengutus Ammar Bin Yasir serta beberapa sahabat pergi ke sumur tersebut. Ketika sampai ditempat itu, para sahabat melihat air sumur tersebut berubah warna menjadi merah kecoklatan. Para sahabat menimbah airnya dan mengankat batunya lalu mengambil sebuah kotak kecil lalu membakarnya. Ternyata di dalam kotak itu terdapat seutas tali yang memiliki sebelas simpul. Selanjutnya Allah menurunkan surah An-Nas. Setiap kali membaca surah tersebut maka terbuka simpul tali tersebut.
Dilain riwayat yang hampir sama dengan yang di atas terdapat dalah Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, namun tanpa menyebutkan turunnya kedua surah. Akan tetapi, juga terdapat riwayat serupa yang disertai penyebutan kedua surah.
Abu Nua'im meriwayatkan dalam kitab Ad-Dalail dari Abu Ja'far Ar-razi dari Rabi' bin Anas bin Malik yang berkata, "Seorang laki-laki yahudi membuatkan sesuatu terhadap Rasulullah, sehingga beliau menderita sakit parah. Dan tak kala para sahabat datang menjenguk, mereka meyakini bahwa Rasulullah telah terkena sihir. Malaikat Jibril kemudian turun membawa mu'awwidzatain (surah al-falaq dan an-Nas) untuk mengobatinya. Akhirnya Rasulullah pun kembali sehat.
Surah An-Nas dan Terjemahan, serta Asbabun-Nuzulnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment