BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Cara Melaksanakan Sholat Tahajjud yang Lengkap

Sholat tahajjud adalah sholat sunnat yang dikerjakan pada tengah malam sesudah tidur, oleh karena itu sholat tahajjud adalah sholat lail. Sholat tahajjud ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah , sebab pada waktu malam itu saat-saat suasana yang tenang, tidak banyak gangguan. Sholat tahajjud ini adalah kebiasaan orang-orang sholih yang ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah. Mengingat begitu tingginya keutamaan sholat tahajjud maka hendaklah kita membiasakan untuk melaksanakan demi mendekatkan diri kepada Allah, mohon ampun atas segala kesalahan dan dosa-dosa yang kita lakukan, dengan ampunan Allah maka insyaAllah doa-doa bisa dikabulkan oleh Allah.

A. Cara, Niat dan Do'a Sholat Sunat Tahajud

Cara melaksanakan sholat sunnat tahajjud sama dengan pelaksanaan sholat sunnat yang lain masing-masing 2 (dua) rakaat dibarengi dengan salam, Sedangkan jumlah rakaatnya adalah minimal 2 rakaat dan paling banyak atau maksimal bisa sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuan. Nabi SAW., beliau pernah mengerjakan sholat tahajud sebanyak 10 rakaat ditambah dengan 1(satu) rakaat witir, pernah juga 8 rakaat ditambah dengan 1 (satu) witir, dan pernah juga 8 rakaat ditambah dengan 3 (tiga) rakaat witir. Cuma niatnya yang berbeda dengan sholat sunnat yang lain serta waktunya. Adapun bacaan-bacaan dalam pelaksanaan sholat sunaat tahajjud sama dengan pelaksanaan sholat sunat lainnya. mulai daridari takbir diakhiri dengan salam.
Adapun lafal niat sholat tahajjud

أُصَـلِّي سُــنَّـةَ التَّـهَـجّْ رَكْعَتَـيْنِ  الله تَعَا لَى

Ushollii sunnata tahajjud rak'ataeni lillahi ta'alaa
Doa yang dibaca sesudah sholat tahajjud, sebaiknya membaca istigfar


اَسْتَغْـفِـرُالله الْعَـظـيْم الَّذي لاآله الا هُـوالْحَـيُّ الْـقـيُّوم وَاَتُوْبُ اِلْيه



Kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat kursi, surah Al-ikhlas 3 kali, Surah Al-Falaq dan Surah An-Naas dan membaca do'a




اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ
اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ
فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ
اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِالله

Artinya :


Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji.Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar,pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada).Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku.Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

B.Waktu Pelaksanaan sholat tahajud

Waktu melaksanakan sholat t ahajud adalah setelah tidur malam walaupun tidurnya hanya sebentar.dan waktu mengerjakan sholat tahajud terbagi tiga tahap yakni :


1.    Mulai jam 20,00 sampai jam 22.00 (waktu ini disebut waktu utama)
2.    Mulai jam 22.00 sampai jam 01.00 (waktu ini disebut waktu paling utama)
3.    Mulai jam 01.00 sampai Jam 04.00 (waktu ini adalah waktu paling afdhal)

C. Keutamaan-keutamaan Sholat Tahajjud

Sholat sunat tahajjud mempunyai keutamaan yang sangat banyak sebagaimana yang diriwayatkan beberapa hadits Rasulullah saw sebagai berikut :



رَكْعَتَا الْفجْـرِ خَيْـرٌ مِنَ الّدُنْيَا وَمَا فِيْهَا


Artinya : “Dua rakaat sebelum shalat subuh, itu lebih baik dari dunia dan segala isinya”.
Dilain hadits dikatakan dari Umar Bin Khattab, Rasulullah saw bersabda :
“ Barang siapa yang mengerjakan sholat malam dan dia membaguskan sholatnya maka Allah ta’ala memuliakan dia dengan Sembilan macam perkara ; yang lima di dunia dan yang empat diakhirat.

Adapun yang lima di dunia :
1.    Dijaga oleh Allah dari beberapa bencana
2.    Berkat ketaatannya tampak kelihatan diwajahnya
3.    Disukai oleh para hamba Allah yang sholih dan oleh semua manusia.
4.    Lisannya mampu mengucapkan kata-kata yang hikmah
5.    Dia dijadikan orang yang bijaksana, yakni diberi rezki kepahaman

Adapun yang empat di akhirat :
1.    Dia dihalau dari kuburnya dengan berwajah putih
2.    Dia dimudahkan / diringankan hisabnya
3.    Dia akan bisa melewati jembatan shirathal mustaqin laksana kilat yang menyambar
4.    Diberikan kitab catatan amalnya dengan tangan kanannya di hari kiamat

Kata Imam Al-Gazali :
“ Apakah sudah masuk waktu awal malam, maka ada suara memanggil dari bawah arsy; “Hai ingatlah…, agar supaya bangun orang-orang yang ahli ibadah” maka rang yang mereka bangun dan mengerjakan shalat sebanyak dikehendaki oleh Allah. Kemudian ada suara lagi yang mengundang dipertengahan malam :”Ingatlah…. , agar supaya bangun orang-orang yang takut kepada Allah, yang mereka itu memanjangkan berdirinya dalam mengerjakan sholatnya sampai waktu sahur (sebelum waktu fajar). Lalu ada juga suara yang mengundang ; Ingatlah….. agar supaya bangun orang-orang yang minta ampunan”, maka mereka pun bangun minta ampun. Takkala fajar sudah menyinsing, maka ada suara lagi mengundang juga : Ingatlah,…. agar supaya bangun orang-orang sama lalai, maka mereka pun bangun dari tempat tidurnya sebagai mana orang mati yang bangun dari kuburnya”.


Cara Melaksanakan Sholat Tahajjud yang Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment