BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

PENGERTIAN TA'ZIYAH, HUKUM DAN ADAB SERTA HIKMAHNYA

Berbicara masalah Ta'ziyah, tentunya tidak terlepas dari musibah kematian, karna kematian (maut) tidak memandang siapa saja, orang tua, anak muda, anak-anak, bahkan bayi yang belum lahir pun menghadapi yang namanya maut, bagi orang yang meninggal, tentu sudah berakhir perjalanan hidupnya di dunia yang pana' ini, namun bagi keluarga yang ditinggalkan, baik kedua orang tuanya sendiri,keluarga dan sanak saudara serta handai tolannya merasa sangat sedih tidak jarang keluarga menangisi kepergiannya, yang telah membawa luka yang cukup mendalam bagi keluarganya. Dari semua itu apa yang dialami oleh keluarganya, tentu perlu pencerahan dan hiburan agar supaya derita yang dialami tidak berlarut. Salah satu yang bisa dilakukan sebagai seorang muslim adalah diadakannya sebuah pengajian yang tentunya dihadiri oleh sanak saudara, kerabat, dan kehadiran mereka bisa membuat mereka yang dirtinggalkan merasa terhibur, dan pengajian inilah yang lazim dikenal adalah Ta'ziyah

Pengertian Ta'ziyah

Ta'ziyah menurut bahasa artinya menghibur. sedangkan menurut istilah kata ta'ziyah ialah mengunjungi keluarga orang yang meninggal dunia dengan maksud agar keluarga yang mendapat musibah dapat terhibur dan diberikan keteguhan serta kesabaran dalam menghadapi musibah dan mendo'akan kepada orang yang meninggal supaya di ampuni dosa-dosanya.
dari pengertian diatas dapat diperkuat dari hadits yang diriwayatkan oleh Muttafaq 'Alaih. Sebagaimana nabi bersabda :
"Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Rasulullah saw telah bersabda, 'Siapa yang menghadiri jenazah hingga melayatkan jenazah itu, maka baginya pahala satu qirath, dan siapa yang menghadiri jenazah hingga sampai dikubur, maka baginya pahala dua qirath'. Ditanyakan, ' Apakah dua qirath itu?' Nabi menjawab (yaitu) seperti dua buah gunung besar".
Oleh karenanya sungguh betapa besar pahala orang yang berta'ziyah dan hal ini sangat dianjurkan dalam agama islam. Jikasalah seorang diantara kita mendengar kematian sesama muslim maka hendaklah kita segera melakukan ta'ziyah, ikut meleyatkan dan mengantarkan sampai dipemakaman.

Hukum Ta'ziyah

Ta'ziah hukumnya sunah dan merupakan hak muslim yang satu terhadap muslim yang lain. Hak orang Islam terhadap orang Islam yang lain ada enam, yaitu:

  •  Menjawab Salam
  •  Mengabulkan/memenuhi undangan 
  •  Memberi nasihat 
  •  Mendoakan orang yang bersin 
  •  Menjenguk orang sakit 
  •  Mengantarkan jenazah

Hal ini sesuai dengan hadis Rasul Allah.
Artinya:
"Hak seorang muslim terhadap muslim yang lain ada enam: Jika engkau menjumpainya maka berilah salam kepadanya, jika dia mengundangmu maka datangilah, jika ia meminta nasihat kepadamu maka nasihatilah dia, jika dia bersin dan memuji Allah maka doakanlah dia, jika dia sakit maka jenguklah, dia jika dia meninggal maka iringkanlah." (HR.Al-Bukhari)

Adab Ta'ziah


  • Orang yang mendengar musibah kematian hendaknya mengucapkan:

    Artinya:
    "Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya kami akan kembali."

  • Orang yang berta'ziah hendaknya memakai pakaian yang soapan, rapi, sebaiknya berwarna agak gelap sebagai tanda bela sungkawa. Dirumah duka ia harus menunjukkan perasaan sedih, jangan tertawa, dan jangan bercakap-cakap dengan orang lain terlalu mencolok.
  • Orang yang berta'ziah berusaha menghibur keluarga yang terkena musibah agar tetap sabar, karena     semua manusia pasti akan meninggal dunia. Hal ini tentunya disesuaikan dengan keadaan setempat. Jika situasi memungkinkan orang yang berta'ziah berusaha mendekati jenazah dan mendoakan agar dosa-dosanya diampuni oleh Allah swt. Firman allah swt. sebagai berikut:

Artinya:
"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu." (Ali 'Imran: 185)

  • Jika memungkinkan, orang yang berta'ziah dapat memberikan sumbangan untuk meringankan beban keluarga yang terkena musibah.
  • Usahakan dalam berta'ziah ikut salat jenazah dan mendoakannya agar diampuni dosa-dosanya sertaikut mengantar jenazah ke kubur untuk dimakamkan. 

Hikmah Ta'ziah

a.  Dengan berta'ziah akan tercipta hubungan silaturahmi yang lebih erat antara orang yang berta'ziah
     dengan keluarga yang terkena musibah kematian.
b.  Keluarga yang terkena musibah dapat terhibur dengan adanya ta'ziah sehingga yang demikian ini
     dapat mengurangi beban kesedihan yang berkepanjangan.
c.  Orang yang berta'ziah dapat ikut mendoakan kepada jenazah agar dosa-dosanya diampuni dan
     amal-amal kebaikannya dapat  di terima oleh Allah swt.
d.  Orang yang berta'ziah akan mendapat pahala dari Allah swt.
PENGERTIAN TA'ZIYAH, HUKUM DAN ADAB SERTA HIKMAHNYA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment