BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Unsur-Unsur dan Dasar serta Langkah-Langkah Dalam Menyusun Sebuah Lagu

Unsur-Unsur dan Dasar serta Langkah-Langkah Dalam Menyusun Sebuah Lagu
perjalanan proses berkarya seni musik setiap seniman memiliki keunikan yang berbeda-beda. Untuk mciptakan karya musik (mengubah lagu), dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti latar belakang komponis, lingkungan, pengetahuan, serta pengalamannya. Selain itu untuk memunculkan ide, perlu adanya renungan, pengamatan, dan penghayatan terhadap lingkungan sekitar. Setelah mengetahui sebuah unsur-unsur sebuah lagu, kita pun dapat mengkspresikannya menjadi suatu karya seni musik. Dan untuk mengekspresikan karya musik dapat dilakukan dalam bentuk berkarya musik  (membuat lagu) atau mengubah sebuah lagu (aransemen). Dalam berkarya sebuah musik dibutuhkan pemahaman atau wawasan dalam musik, karena dalam memahami ketentuan-ketentuan dalam berkarya musik, maka akan menghasilkan karya musik yang bagus.
Untuk menjadi pengarang lagu yang terbaik, maka diperlukan beberapa kemampuan dasar yang dapat mendasari keberhasilan dalam berkarya serta langkah-langkah dalam berkarya. Adapun ketentuan-ketentuan tersebuat dibawah ini kita akan lihat secara terperinci.

A. Unsur-Unsur Dalam Berkarya Musik.

     Dalam mengarang sebuah lagu, ada beberapa persyaratan dasar yang harus dimiliki oleh seniman antara lain sebagai berikut :
a. Bakat
    Bakat adalah kompetensi dasar yang dimiliki oleh manusia sejak lahir. Bakat seni seseorang kadang meurun kepada anak cucu, bakat seni berkembang dengan baik apabila didukung oleh pendidikan dan lingkungan yang baik pula. begitu jaga sebaliknya , lingkungan dan pasaran yang kurang memadai tidak mendukung seseorang tidak berkembang.
b. Pengetahuan Musik
    Lagu adalah haris karya musik berupa rangkaian nada-nada dan syair yang sengaja disusun untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan. Untukmembuat lagu, seseorang komponid harus memiliki beberapa pengertahuan dasar musik antara lain sebagai berikut :
1. Pengetahuan daasar teori musik
  • Bentuk dan nilai nada
  • Bentuk dan nilai tanda diam
  • Birama dan tanda birama
  • Tanda tempo, dinamik, dan ekspresi
  • Susunan dan watak tangga nada
  • Interval dan sifat-sifat interval
2. Pengetahuan dasar melodi.
    Melodi dalam rangkain nada berdasarkan tinggi rendahnya atau naik turunnya.
3. Pengetahuan dasar ritme
    Ritme adalah gerak yang teratur mengalir karena munculnya  aksen secara tetap. Keindahan ritme akan lebih terasa apabila adanya jalinan perbedaan nilai dari suatu bunyi.
4. Pengetahuan dasar ilmu harmoni
    Harmoni adalah keselarasan paduan bunyi. Secara teknis, harmoni meliputi susunan dan hubungan paduan bunyi dengan sesamanya, atau dalam bentuk keseluruhannya, harmoni meliputi :
  • bentuk dan persamaan akor
  • bentuk-bentuk kadens
  • peranan harmoni dalam sebuah lagu
  • alur harmoni
5. Pengetahuan Dasar Pola dan Bentuk Komposisi
    Komposisi adalah rangkaian nada untuk membuat suatu simponi atau rangkaian unsur pokok dalam membuat sebuah karya.
6. Pengetahuan dasar ilmu vokal.
c. Pengetahuan Bahasa yang Baik.
    Adapun pengetahuan bahasa yang harus dimiliki oleh seorang pengarang lagu antara lain :
  1. memilki kemampuan menentukan thema lagu dan kalimat dalam mengembangkan berbagai judul lagu
  2. memiliki kemampuan membuat kalimat yang baik
  3. memiliki kemampuan memilih atau mengatur kata sehingga menimbulkan bunyi bahasa yang baik dan menarik
  4. menguasai pengetahuan tentang ungkapan dan gaya bahasa yang baik. Pada hakikatnya, lagu merupakan gabungan dari nada dan untaian kata yang indah.

B. Langkah-Langkah Mengarang  Sebuah Lagu

    Didalam berkarya musik, khususnya mengarang sebuah lagu, tidak hanya sekedar menyusun nada menjadi melodi dan memberi syair, tetapi membutuhkan pengetahuan yang luas serta bakat. Dan adapun langkah-langkah untuk mengarang sebuah lagu adalah sebagai berikut :
a. Memilih Thema Lagu
    Thema adalah pokok pikiran, gagasan, atau ide dasar. Dalam musik thema dapat diambil dari kejadian sehari-hari, cerita rakyat, pahlawan, cinta dan puji-pujian. Dari thema lagu, kita dapat menyusun kalimat musik yang beraneka ragam sehingga menimbulkan melodi yang bermacam-macam sifat, bentuk dan jenisnya.
b. Memilih Bentuk Komposisi
   Dalam membuat komposisi musik diperlukan beberapa proses diantaranya sebagai berikut :
  1. menyusun nada menjadi melodi
  2. menyusun nada menjadi harmoni
  3. menggabungkan melodi dan harmoni menjadi suatu komponem musik
  4. menyusun prase untuk membentuk kalimat lagu
  5. menyusun gerakan musik yang sesuai dengan bentuk komposisi musik.
c. Menentukan Tangga Nada
   Memilih tangga nada berhubungan erat dengan karakter lagu yang akan dibuat. Tangga nada mayor melukiskan karakter dan sifat lagu penuh keyakinan, optimis, mantap, riang, gembira, ceria, bangga dan menyenangkan. Sementara itu tangga nada minor melukiskan karakter pesimis, penuh keraguan, sedih, sendu, mudah terharu, kecewa, kegagalan, dan melankolis. Dalam satu lagu dapat juga menggunakan dua tangga nada.
d. Menentukan Ambitus Suara
    Ambitus adalah jangkauan wilayah nada. Mengetahui pangsa pasar yang akan dibuat merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan pencipta lagu. Misalnya, untuk anak-anak, remaja, orang dewasa dan umum. Karena setiap kelompok masyarakat memiliki kemampuan ambitus yang berbeda. Kemampuan ambitus anak-anak lebih terbatas dibandingkan dengan orang dewasa.
e. Menentukan Metrum/Ukuran Irama
    Menentukan metrum atau ukuran birama sangat mempengaruhi irama lagu yang akan diciptakan, karena irama merupakan denyut nadi dan unsur pokok sebuah lagu.
f. Menyusun Melodi atau Membuat Syair Lagu
   Setiap pengarang lagu dalam menyusun melodi ayau membuat syair lagu memiliki cara yang berbeda, namun tidak boleh berdiri sendiri, apalagi bertentangan. Kedua faktor tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun sebuah melodi adalah sebagai berikut :
1. Struktur Melodi
    Sebelum menyusun melodi sebaiknya menentukan bentuk komposisi lagu terlebih dahulu. Struktur melodi terdiri atas suatu rangkaian periode yang disusun dari beberapa frase. Satu frase terbentuk dari dua motif yang melukiskan watak atau jiwa lagu yang akan dicipta.
2. Gerakan Melodi
    Gerakan melodi ditentukan oleh irama, sedangkan cara bergerak atau berjalan melodi dipengaruhi oleh interval. Dalam pengetahuan musik terdapat empat macam gerak melodi yaitu sebagai berikut :
  1. gerak melodi rata atau mendatar melukiskan suasana tenang
  2. gerak melodi naik melukiskan suasan penuh dinamis
  3. gerak melodi turun melukiskan suasana damai dan keragu-raguan
  4. gerak melodi turun dan naik melukiskan suasana yang berubah-ubah, kadang senang atau sedih, atau sebaliknya.
Unsur-Unsur dan Dasar serta Langkah-Langkah Dalam Menyusun Sebuah Lagu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment