BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Mukjizat dan Segi-Segi Kemukjizatan AlQur'an

 Pengertian Mukjizat dan Segi-Segi Kemukjizatan AlQur'an

Pengertian I'jaz Alquran

Menurut bahasa, I'jaz berarti melemahkan, membuat tak berdaya.
Menurut istilah, I'jaz Alquran ialah keistimewaan alquraan yang karena keistimewaannya itu membuat tak berdaya orang-orang yang menantangnya.
    Sebagai mukjizat yang paling besar, sepanjang sejarah Alquran berusaha ditantang oleh orang-orang kafir. Tantangan  mereka itu juga ditantang balik oleh Alquran dalam berbagai ayat jika kamu ragu terhadap Alquran, maka silahkan membuat kitab yang dapat menyaingi Alquran.
    Untuk lebih jelasnya tantangan Alquran terhadap orang-orang kafir dapat dilihat dalam beberapa ayat sebaga berikut.

1. Al Isra [17]: 88]
  Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat orang yang serupa Alquran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat  orang serupa Alquran ini, niscaya mereka tidak akan dapat  membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian menjadi pembantu bagi sebagian yang lain".

2. Hud [11]: 13
 " Bahkan mereka mengatakan: "Muhammad telah membuat-buat Alquran itu", Katakanlah: "(kalau demikian), maka datangkanlah sepuluh surat-surat yang dibuat-buat menyamainya, dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup (memanggilnya) selain Allah, jika kamu memang orang-orang yang benar".

3. Yunus [10]: 38
 "Atau (patutkah) mereka mengatakan: "Muhammad membuat-buatnya." Katakanlah: "(kalau benar yang kamu katakan itu), makan cobalah datangkan sebuah surat seumapamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar."

4. Al Baqarah [2]: 23


 "Dan jika (tetap) dan keraguan tentang Alquran yang Kami wahyukan kepada hamba kamia  (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Alquran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar."

Segi-segi Kemukjizatan Alquran

1. Dari segi bahasanya
 Yang meliputi Qawaid dan sastranya. Namun menurut Prof. Dr. Quraish Shihab bahwa sejak lunturnya rasa kebahasaan dikalangan orang arab, orang arab sendiri kurang bisa merasakan lagi kehebatan Alquran dari segi sastranya.
Sisi lain yang menakjubkan dari bahasa Alquran adalah penggunaan kata secara seimbang baik kata yang berlawanan maupun kata yang sinonim.
a. Kata-kata yang berlawanan
  • Kata  Al Hayat dan Al Maut sama-sama berulang 145 kali di dalam Alquran.
  • Kata  Al Naf dan Al Madharrah sama-sama berulang 50 kali di dalam Alquran.
  • Kata  Al Har dan Al Bard sama-sama berulang 4 kali dalam Alquran.
  • Kata  Al Shalihat dan Al Sayiat sama-sama berulang 167 kali di dalam Alquran.
  • Kata  Al Dunya dan Al Akhirat  sama-sama berulang 115 kali di dalam Alquran.
  • Kata  Al Kufir dan Al Iman sama-sama berulang 17 kali di dalam Alquran. 
b. Kata-kata yang sinonim
  • Kata Al Haris dan Al Zira'ah sama-sama berulang 14 kali di dalam Alquran.
  • Kata Alquran, Al wahyu dan Al Islam sama-sama berulang 17 kali di dalam Alqur'an.
Keseimbangan lain yang juga cukup menakjubkan ialah kata Yaum berulang di dalam Alquran sebanyak 365 kali, hal mana menakjubkan kepada 1 tahun. Sedangkan kata Yaumaini dan Ayyam berulang di dalam Alquran sebanyak 30 kali, hal mana menakjubkan kepada satu bulan. Kata Syahrun berulang di dalam Alquran sebanyak 12 kali, hal mana menakjubkan kepada 1 tahun.
Ada lagi yang menghitung jumlah kata dan huruf dalam Alquran dan ternyata bisa dibagi dan menghasilkan angka 19 sebagai angka yang tetinggi dalam ilmu hitung.
  • Huruf kalimat basmalah jumlahnya 19 huruf.
  • Kata Allah dalam Alquran berulang sebanyak 2698 kali, dibagi 142 = 19.
  • Kata Ar Rahman dalam Alquran berulang sebanyak 114 kali, dibagi 6 = 19.
  • Jumlah surah dalam Alquran sebanyak 114 kali, dibagi 6 = 19.
Demikian seterusnya beberapa kata dan huruf dalam Alquran dapat dibagi habis dan menghasilkan angka 19.

2. Dari segi isyrat-isyrat ilmiah 
 Yang terdapat di dalamnya, misalnya:

a. Surah Yunus [10]: 92
 " Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan kami".
Ayat di atas menjelaskan bahwa Firaun  yang pernah mengusir nabi Musa pada tahun 1200 SM., jasadnya diselamtkan oleh Allah, dan ternyata betul mummi Fir'aun ditemukan kemudian tahun 1908 M.

b. Surah Al-Rahman [55]: 19-20
 "Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, 020. antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing".
Ayat di atas menjelaskan tentang pertemuan dua air laut dan di antara keduanya ada pembatas. Konon seorang pelaut prancis non muslim yang kemudian masuk Islam setelah menyaksikan fenomena alam tersebut di sekitar Gibratar

c. Surah Al-Hijr [15]:22
 " Dan kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbu-tumbuhan) dan kami turunkan hujan dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya" .
Ayat di atas menjelaskan tentang salah satu fungsi angin yaitu untuk mengawinkan tumbuh-tumbuhan dan dengan perkawinan itu terjadilah pembuhuhan.

d. Surah Yunus [10]: 5

 " Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (temapt-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak."
          Ayat di atas menjelaskan tentang matahari yang bersinar dan sinarnya itu bersumber dari dirinya sendiri (dhiyaan) dan bulan bercahaya (mura), dan cahaya itu merupakan pantulan dari cahaya matahari

e. Surah an-Nahl [16]: 68-69
 " Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: " Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia". kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia."
         Ayat di atas mengandung perintah kepada lebah betina untuk membuat sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat dibikin manusia. Dan ternyata kelompok lebah itu dibawah komando seekor ratu lebah.

f. Surah al- Baqarah [2]: 223
 "Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok-tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan  ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman."
Ayat di atas mengisyaratkan bahwa seorang suami adalah petani dan isteri adalah kebun, yang menunjukkan bahwa suami sebagai petani bersifat akif  dan isteri sebagai kebun bersifat passif dan ternyata sejalan dengan ilmu biologi yang menunjukkan bahwa laki-laki memiliki kromosom X dan Y sedangkan perempuan hanya memiliki kromosom X.

g. Surah al-Anbiyaa [21]: 30
 "Dan apakah orang-orang  yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuat yang hidup, Maka mengapakah mereka tiada"
  Ayat dia atas menjelaskan  bahwa bumi dan langit dahulunya adalah satu, kemudian tuhan memisahkan antara keduanya. Ungkapan ini dibantah oleh ilmu pengetahuan selama beradab-adab lamamnya, namun ilmu pengetahuan modern kemudian mengakui kebenaran apa yang dikemukakan yang di atas
Dan masih banyak lagi isyarat-siyarat ilmiah yang terdapat dalam Alquran yang tentu saja tidak akan mampu satu-persatu dalam tulisan yang sederhana ini.
               
                       









Pengertian Mukjizat dan Segi-Segi Kemukjizatan AlQur'an Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment