BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Pendidikan Agama Islam dan Tujuannya Menurut Para Ahli

Agama Islam yang diturunkan kepada Nabi/Rasul Muhammad saw, adalah ajaran-ajarannya melengkapi/menyempurnakan ajaran-ajaran yang dibawah oleh para nabi sebelumnya. Agama Islam mengatur adalah agama yang mengatur hubungan manusia dengan tuhanNya, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan alam sekitarnya. Yang didalamnya menyangkut bidang akidah, syariah dan akhlak.
    Karena agama islam tersebut memuat tentang ajaran tatanan hidup yang meliputi seluruh aspek hidup manusia maka ajaran islam berisi pedoman-pedoman pokok yang harus digunakan untuk menyiapkan kehidupan yang sejahtera di dunia sekarang dan diakherat kelak. Dengan demikian bahwa ruang lingkup ajaran islam itu sangat luas karena meliputi seluruh aspek kehidupan. Untuk mendapatkan keseimbangan hidup maka diperlukan pendidikan agama islam. Maka dibawah ini beberapa pengertian pendidikan agama islam menurut para Ahli sebagai berikut :

1. Drs. Ahmad D. Marimba
    "Pendidikan Islam adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum agama islam menuju terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam". ( Pengantar filsafat pendidikan Islam)

2. Drs. Burlian Somad
    "Suatu pendidikan dinamakan pendidikan islam, jika pendidikan itu bertujuan membentuk individu menjadi bercorak diri, berderajat tertinggi menurut ukuran Allah dan isi pendidikannya untuk mewujudkan tujuan itu adalah ajaran Allah". (Beberapa persoalan dalam pendidikan Islam)

3. Drs. Usman Said.
    "Pendidikan agama islam ialah segala usaha yang terbentuknya atau membimbing/menuntun rohani jasmani orang menurut ajaran islam".(Sumbangan pendidikan islam terhadap pembentukan kepribadian indonesia)

4. Drs. Abd. Rahman Shaleh
    "Pendidikan agama islam ialah segala usaha yang diarahkan kepada pembentukan kepribadian anak yang merupakan dan sesuai dengan ajaran islam". (Didaktit Pendidikan Agama di Sekolah Dasar)

5. Dr. H.Zuhairini
    "Pendidikan agama berarti usaha-usaha secara sistimatis dan pragmatis dalam membantu anak didik agar supaya hidup sesuai dengan  ajaran islam". (Metodik Khusus Pendidikan Agama)
    Dari beberapa defenisi para ahli tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa "Pendidikan Islam adalah suatu aktifitas/usaha pendidikan terhadap anak didik menuju kearah terbentuknya kepribadian muslim yang muttaqin. karena kepribadian merupakan bersatunya ajaran dengan dirinya atau bercorak diri atau personaliti.
    Kepribadian muslim adalah kepribadian yang meiliki nilai-nilai agama islam, memilih dan memutuskan serta berbuat berdasarkan nilai-nilai Islam dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai islam.

Tujuan Pendidikan Islam

    Ada beberapa pendapat dalam menetapkan tentang tujuan pendidikan islam. Berikut beberpa nukilan tentang tujuan pendidikan islam  dari beberapa  Ahli yaitu :

1. Prof. Dr.M.Athiyah Al-Abrasyi
    " Pembentukan moral yang tinggi adalah tujuan-tujuan utama dalam pendidikan agama Islam"
Beliau juga mengatakan :
" Pendidikan budi pekerti adalah jiwa dari pendidikan Islam, dan Islam telah menyimpulkan bahwa pendidikan budi pekerti dan akhlak adalah jiwa dari pendidikan Islam. Mencapai suatu akhlak yang sempurna adalah tujuan sebenarnya dari pendidikan. Tapi ini tidak berarti bahwa kita tidak mementingkan pendidikan jasmani atau akal atau ilmu ataupun segi-segi praktis lainnya, tetapi artinya bahwa kita memperhatikan akhlak seperti juga segi-segi lainnya.

2. Drs. Abd. Rahman Sholeh
    " Tujuan pendidikan agama Islam ialah memberikan bantuan kepada manusia yang belum dewasa supaya cukup menyelesaikan tugas hidupnya yang di ridhai Allah swt. Sehingga terjalin kebahagiaan dunia dan akhirat atas kuasanya sendiri".

3. Drs. Ahmad D.Marimba
    " Tujuan akhir dari pendidikan Islam ialah terbentuknya kepribadian muslim". Kepribadian muslim yang dimaksudkan adalah kepribadian yang seluruh aspek-aspeknya yakni baik tingkah laku luarnya, kegiatan-kegiatan jiwanya, maupun filsafat hidup dan kepercayaannya menunjukkan pengabdian kepada Tuhan, penyerahan diri kepadaNya.
    Dari beberapa pendapat para ahli tersebut di atas jelaslah bahwa tujuan pendidikan Islam harus selaras dengan tujuan terciptanya manusia, yaitu menjadi hamba Allah dengan kepribadian muttaqin yang diperintahkan eleh Allah. Karena hamba yang paling mulia disis Allah adalah hamba yang paling bertaqwa

Pengertian Pendidikan Agama Islam dan Tujuannya Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment