BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Surah Al-Kautsar, terjemahan, dan Asbabun Nuzul serta Kandungan surahnya

 Surah Al-Kautsar Ayat 1-3



إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ ١
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ ٢
إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الأبْتَرُ ٣

1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
2. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah
3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.
 

Asbabun Nuzul

Suarah ini dirturunkan ada dua pendapat :
1. Menurut Ibnu Muzir yang bersumber dari Ibnu juraij mengatakan bahwa Surah Al-kautsar ini diturunkan berkaitan dengan kematian putra Nabi Muhammad saw yang bernama Ibrahim. Dengan kematian putranya tersebut, beliau tidak lagi memiliki anak laki-laki. Hal tersebut mengundang orang-orang kafir untuk menekan beliau. Orang kafir Quraisy mengatakan "Bataru Muhammad" (Muhammad telah terputus keturunannya) ucapan ini sempat membuat hatinya gelisah. Dan untuk menghiburnya Allah SWT menurunkan surah ini.
2. Menurut Ibnu Abi Syaibah yang bersumber dari Ikrimah menjelaskan bahwa sebab turunnya surah tersebut adalah suatu ketika, Ka'ab  bin Astraf (pemimpin yahudi Madinah) datang ke Mekah. Orang kafit quraisy bertanya kepadanya."Tuan adalah pemimpin orang Madinah, Bagaimana pendapat tuan tentang si pura-pura sabar (Muhammad) yang diasingkan oleh kaumnya, yang menganggap dirinya mulia dari pada kita ? padahal, kita yang menyambut orang-orang yang melaksanakan jamaah haji dan pemberi minnuman orang ka'bah". Ka'ab menjawab, "Kalian lebih mulia dari padanya". Pada saat itulah turun surah Al-Kautsar.

Kandungan Surah

Pada ayat 1. Allah SWT. menyatakan bahwa Dia telah memberikan nikmat yang banyak kepada Nabi Muhammad. Nikmat yang banyak itu disebutkan sebagai "Al-Kautsar. Ada beberapa penafsiran tentang al-kautsar antara lain :
  1. Anas Bin Malik mengatakan bahwa kata al kautsar adalah nama sebuah telaga sebelum masuk ke surga, dan telaga ini tempa Nabi Muhammad saw dan para umatnya minum sebelum melanjutkan perjalanan ke surga.
  2. Menurut Ikrimah bahwa al kautsar adalah Nubuwwat (Kenabian)
  3. Menurut Al-hasan adalah Al-Qur'an
  4. Abu Bakar bin Iyyasy dan Yaman bin Raib adalah banyak sahabat, banyak umat, banyak pengikut.
  5. al- Mawardi adalah namanya disebut dimana-mana dan syafaat yang dianugerahkan kepada Nabi Muhammad saw. untuk melindungi umatnya di akhirat
  6. as-Sa.laby adalah suatu mukjizat dari Allah swt sehingga do'a Nabi Muhammad saw. dan umatnya yang shaleh selalu dikabulkan.
Berbagai macam penafsiran ini memang benar adanya, karena semua itu terdapat pada diri Nabi Muhammad saw. Begitu banyaknya nikmat Allah SWT berikan kepada makhluknya sebagaimana firman-Nya dalam surah Ibrahim ayat 34 :


وَآتَاكُمْ مِنْ كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ ۚ وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ
Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).

Pada ayat 2, terdapat dua perintah kepada Nabi Muhammad saw., khususnya dan ummat Islam pada umumnya, yaitu melaksanakan sholat dan berkurban. Pelaksanaan keduaperintah tersebut sebagai bukti rasa syukur atas segala limpahan nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt., yang begitu banyak. Namun perintah sholat yang terdapat pada ayat tesebut para ulama berbeda-beda penafsirannya diantaranya :
- Menurut ad-Dahaq sebagaimana yang diterima dari Ibnu Abbas mengatakan bahwa sholat yang dimaksud adalah sholat lima waktu. Ia beralasan bahwa sholat lima waktu adalah tiang agama.
- Saad bin Zubair mnafsirkan bahwa sholat yang dimaksud adalah sholat subuh.
Setelah perintah sholat, maka diikuti perintah berkurban. Kurban adalah merupakan ibadah yang mengandung dua dimensi yakni sebagai ibadah kepada Allah dan juga sebagai wujud kepedulian sosial (ibadah sosial). Karena berkurban adalah manifestasi ketaatan dan keikhlasan untuk beribadah kepada Allah dan penyembelihan kurban  harus dilaksanakan dengan menyebut nama Allah sehingga jauh dari unsur kemusyirikan. Sebagaimana firman Allah dalam surah Al-an'am ayat 162


قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
"Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam."
Kurban juga memiliki ibadah sosial oleh karena dagingnya sebagian besar dibagikan kepada masyarakat utamanya pada fakir miskin. sebagaimana firman Allah dalam surah al-Hajji ayat 28 :
لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۖ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ
"Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir".
Pada ayat 3, Allah Swt, menjelaskan bahwa orang yang membenci Nabi Muhammad Saw, dan risalahnya, maka akan terputus dari rahmat-Nya.Dalam ayat tersebut terdapat lafal "al-abtar" meurut kebiasaan orang arab, kata tersebut biasanya dipakai untuk menyebut orang yang tidak memiliki anak laki-laki.
Nabi Muhammad Saw., memiliki tujuh orang anak, empat perempuan dan tiga laki-laki. Keempat anak perempuannya yaitu, Zainab, Ruqayah, Ummu Kalsum dan Fatimah. ketiganya meninggal lebih duluan dan fatimah meninggal sesudah Nabi Saw  meninggal. Sedangkan ketiga anak laki-lakinya meninggal ketika masih kecil, mereka adalah Abdullah, Qasim, dan Ibrahim. Dengan demikian beliau tidak lagi memiliki anak laki-laki. Oleh karena itu, orang-orang kafir mengatakan Muhammad telah terputus keturunannya, dan mereka merasa senang karena dakwah Islam akan terputus dan berakhir, karena anak laki-laki yang beliau dambakan sudah tidak ada.



Surah Al-Kautsar, terjemahan, dan Asbabun Nuzul serta Kandungan surahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment