BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Surah Al-Insyirah dan Terjemahannya serta Kandungan Surahnya

 Surah Al-Insyrah



أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ (١) وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ (٢) الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ (٣) وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ (٤) فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (٥) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (٦) فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ (٧) وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ (٨)
Terjemah Surat Al Insyirah Ayat 1-8
1. Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?,
2. Dan Kami pun telah menurunkan bebanmu darimu,
3. yang memberatkan punggungmu,
4. Dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu.
5. Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan,
6. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.
7. Maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan), tetaplah bekerja keras untuk (urusan yang lain),
8. dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.
 

Kandungan Surah Al-Insyirah

      Ayat 1 merupakan pertanyaan yang bersifat penegasan bahwa Allah Swt. Telah melapangkan dada (hati) Nabi Muhammad saw. Perjuangan beliau menegakkan ajaran Islam senantiasa menghadapi rintangan yang berat. Sebagai manusia, beliau juga merasakan kesedihan dan keprihatinan karena tekanan yang datang dari kaum kafir Quraisy. Pelakuan yang tidak manusiawi sering diterima para pengikut beliau. Misalnya, Yasir dan istrinya yang meninggal karena dipanggang di atas api, Bilal bin Rabah yang hampir mati disiksa oleh Umayyah. Nabi Muhammad saw. pun merasakan sendiri ketika diboikat di Syi'b. Beliau harus makan daun-daunan untuk sekadar mengisi perut. Semua itu beliau jalani dengan sabar atas limpahan nikmat dari Allah Swt.
      Pada Ayat 2-3, Allah Swt. berfirman, "Dan Kami pun telah menurunkan bebanmu darimu, yang memberatkan punggungmu." Orang yang memiliki rasa tanggug jawab pasti berusaha untuk dapat melaksanakan tugas yang diamanahkan kepadanya. Nabi Muhammad saw. adalah contoh orang yang memiliki rasa tanggung jawab besar. Tugas dakwah yang diamanahkan kepada beliau ternyata berat, seakan-akan membuat tulang punggung menjadi bungkuk memikulnya. Selama kurang lebih 3 tahun berdakwah secara sembunyi-sembunyi, beliau memperoleh pengikut 39 orang. Itu pun banyak berasal dari orang-orang yang lemah. Beban berat ini dijawab oleh Allah Swt. Dengan memberikan rasa ringan.
     Pada Ayat 4, Allah Swt. memberikan penghargaan kepada Nabi Muhammad saw. atas kesabarannya melaksanakan tugas dakwah. Penghargaan itu berupa pengangkatan nama beliau. Penghargaan ini belum pernah diberikan Allah Swt. kepada siapa pun. Maksud pengangkatan nama ini, antara lain sebagai berikut.
  1. Nama beliau diserangkaikan dengan nama Allah Swt., Sebagaimana dalam lafal dua kalimah syahadat, azan, dan iqamah.
  2. Keimanan seseorang tidak berarti tanpa disertai keimanan kepada beliau.
  3. Beliau dijadikan suri teladan bagi seluruh manusia.
  4. Allah, malaikat, dan seluruh umat Islam senantiasa mengucapkan salawat kepada beliau.
     Pada Ayat 5-6, Allah Swt. memberi motivasi kepada Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya. Perjuangan berat yang beliau jalani akan membawa hasil yang gemilang. Hasil ini dapat beliau saksikan ketika terjadi penaklukan Kota Mekah pada tahun 8 Hijriah. Orang-orang kafir yang dahulu membenci dan memusuhi beliau, kini menjadi tunduk dan taat. Mereka banyak yang masuk Islam. Peristiwa itu membuat belia terharu dan menangis di atas al-Qaswa (unta beliau).
    Pada Ayat 7, Allah Swt. mengingatkan Nabi Muhammad saw. dan para pengikutnya agar tidak cepat puas dengan hasil usahanya. Setelah memperoleh hasil dari satu usahanya, seperti penaklukan Kota Mekah, hendaklah mempersiapkan diri untuk usaha yang lain. Hal itu dibuktikan Nabi Muhammad saw. dan para  sahabatnya dalam mengembangkan dakwah Islam. Setelah penaklukan Kota Mekah, Islam makin berkembang ke seluruh jazirah Arab, bahkan  ke luar dari  negara  Arab.
    Pada Ayat 8, Allah Swt. mengingatkan beliau dan para sahabatnya agar senantiasa bersandar kepada Allah Swt. Dalam  kenyataannya, manusia hanya mampu berusaha. Keberhasilan usaha tersebut sepenuhnya menjadi hak Allah Swt. Oleh karena itu, manusia harus senantiasa memohon kepada Allah Swt. atas keberhasilan usahnya. Hanya Allahlah tempat berharap.
Surah Al-Insyirah dan Terjemahannya serta Kandungan Surahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment