BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Jin, Iblis dan Setan serta Sifat-Sifat dan Prilakunya

Pengertian Jin, Iblis dan setan.

Kata Jin berasal dari bahasa Arab yang berarti menutupi atau merahasiakan, yang dimaksudkan menutupi atau merahasiakan adalah bahwa jin itu tertutup dari panca indra manusia. Jinadalah makhluk halus yang diciptakan dari api. Adapun Jin tersebut terbagi dua golongan yaitu

a. Jin Kafir , yaitu jin yang membangkan terhadap perintah Allah. Para ahli tafsir berpendapat bahwa jin kafir adalah jin yang tidak memurnikan keEsaan Allah, sehingga dalam kekafiran jin itu bermacam-macam yaitu ada yang menjadi Yahudi, Nasrani, Majusi penyembah berhala dan lain-lain.
b. Jin Muslim, yaitu jin yang mengakui keEsaan Allah Swt, Jin Islam setelah mendengar ayat-ayat Al-Qur'an, mereka lansung mengatakan bahwa Al-Qur'an itu menakjubkan dan dapat memberikan petunjuk kejalan yang benar. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surah Jin ayat 1-3


قُلْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآنًا عَجَبًا (١) يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ وَلَنْ نُشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَدًا (٢)وَأَنَّهُ تَعَالَى جَدُّ رَبِّنَا مَا اتَّخَذَ صَاحِبَةً وَلا وَلَدًا (٣)
"Katakanlah (Muhammad kepada manusia), "Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan (bacaan Al Quran) lalu mereka berkata, “Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan (Al Qur’an),  (yang) memberi petunjuk kapada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan sesuatu pun dengan Tuhan kami dan sesungguhnya Mahatinggi keagungan Tuhan kami, Dia tidak beristri dan tidak beranak"

Adapun kata Iblis berasal dari bahasa Arab yaitu 'Iblas' artinya putus asa (dari rahmat dan kasih sayang Allah). Sedangkan kata setan berasal dari bahasa arab "Syaithana" yang artinya jauh. Maksudnya adalah setan itu sangat jauh dari kebaikan dan dekat dari keburukan dan kejahatan.

Iblis dan setan adalah makhluk halus dari golongan jin. Makhluk ini diciptakan dari api. Kerjanya meransang keinginan nafsu rendah manusia, karena ibis adalah makhluk yang pertama menginkari perintah Allah. Dengan menyandang nama "setan", dia tidak nanya membangkan perintah Allah sebagaimana yang dilakukan iblis, tetapi juga mggoda manusia. Karena iblis sudah ada sebelum Adam diciptakan dan hidup dalam kalangan malaikat. Iblis tidak hanya membangkan terhadap perintah Allah dan tidak menghormati Adam, tetapi juga berusaha menggoda Adan dan Hawa untuk memakan buah terlarang tersebut, sehingga Adam dikeluarkan dari surga dan diturunkan kebumi ini.

Sifat-Sifat dan Prilaku Jin, Iblis dan Setan.

a. Sifat Jin
  1. Tidak dapat dilihat oleh indera manusia
  2. Diciptakan dari api yang sangat panas
  3. Ada yang mengakui ke Esaan Allah SWT, dan ada pula yang membangkan perintah Allah.
b. Perilaku Jin
    Jin juga diperintahkan untuk menerima syari'at Islam sebagaimana yang diperintahkan kepada manusia. Menurut sebagian para ulama, rupa, tabiat, kelakuan dan perangai jin serupa dengan manusia. Karena jin juga seperti manusia, mereka pun ada yang baik dan ada yang jahat, ada yang muslim dan ada yang kafir. Jin juga mempunyai tingkatan iman, ilmu dan amalan tertentu, berdasarkan keimanan dan amalan mereka kepada Allah SWT.
Walaupun jin islam yang paling tinggi imannya  dan paling shaleh amalannya serta paling luas dan banyak ilmunya, tetapi masih ada pada diri mereka sifat tercela seperti sifat takabbur, riya', ujub dan sebagainya.. Namun bisa saja mereka mudah menerima teguran dan pengajaran.
c. Sifat Iblis dan Setan
  1. Tidak dapat dilihat oleh indera manusia
  2. Diciptakan dari api yang sangat panas
  3. Angkuh dan sombong sebagai sifat dasar dari setan atau iblis
  4. Selalu membangkan terhadap perintah Allah SWT
  5. Tidakmati sebelum datangnya hari kiamat.
d. Prilaku Tugas Iblis dan Setan
    Mengingkari perintah Allah dan tidak mau menghormati Adam tetapi juga berusaha mengoda Adam dan Hawa memakan buah terlarang, menghendaki agar manusia menempuh jalan yang sesat serta menggoda manusia agar menyeleweng dari petunjuk Allah SWT. Setan/Iblis senang jika manusia hidup menderita. Dia akan berusaha membinasakan dan menggoda Adam beserta anak keturunannya sampai hari kiamat.
Pengertian Jin, Iblis dan Setan serta Sifat-Sifat dan Prilakunya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment