BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Ramadhan, 3 Golongan Menyambutnya, dan Makna Kata Ramadhan



  " Marhaban Ya Ramadhan" Ramadhan adalah salah satu dari dua belas bulan yang ditetapkan oleh Allah dari dua belas bulan, ramadhan  adalah bulan yang khusus diberikan kepada ummat Nabi Muhammad saw, dan tidak diberikan kepada umat-umat sebelumnya, karena ramadhan didalamnya sungguh luar biasa karena semua ibadah yang dilakukan oleh kaum muslim dengan ikhlas semata karena Allah, maka akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah.  Kenapa nama Ramadhan yang diberikan oleh Allah dan bukan nama yang lain ? Kalau kita mengkaji kata ramanadhan maka Ramadhan punya disetiap hurufnya punya makna  dan maknanya itu diberikan oleh ummat Muhammad saw.
Sebelum kita membahasa kata ramadhan, kita harus tahu bahwa kedatangan ramadhan adalah  merupakan tamu yang sangat istimewa, namun yang menyambutnya ada tiga golongan, siapakah golongan tersebu ?

3 Golongan Yang Menyambut Ramadhan

1.         Golongan pertama,  didatangi bulan ramadhan yang perasaannya biasa-biasa saja, tidak ada pengaruhnya dalam hatinya sedikitpun, ramadhan dan bukan ramadhan sama saja. Inilah golongan orang-orang kafir. Bagi orang kafir bulan ramadhan sama halnya dengan bulan yang lain dan tidak berpengaruh dalam hatinya.
2.         Golongan kedua, golongan yang didatangi bulan ramadhan dengan perasaan yang sangat susah hatinya, gelisah , risau  dan lainnya. Golongan tersebut adalah golongan dari umat islam sendiri, dan dia adalah golongan arang-orang munafik. Mereka didatangi bulan ramadhan bukannya senang akan tetapi mereka merasa susah hatinya karena bagi mereka merasa kalau didalam bulan ramadhan semua kesenangan-kesenangan disiang hari harus dihindari dan itulah yang sangat berat baginya, seperti makan, minum, bersetubuh walau itu istri  sendiri. Sehingga mereka merasa susah hatinya, namun banyak saudara sesama umat islam yang dalam hatinya tidak punya rasa malu lagi, mereka malah sengaja memperlihatkan dirinya tidak berpuasa. Golongan orang munafik ini, adalah golongan yang palig berat siksaannya di akhirat karena mereka semua sudah tahu aturan, sudah tahu hukum akan tetapi mereka juga yang menginjak-injak aturan atau hukum yang telah ditetapkan oleh Allah swt dan Rasul-Nya.
3.          Golongan ketiga, adalah golongan yang di datangi bulan ramadhan dan mereka menyambutnya dengan  perasaan sangat gembira dan senang oleh karena bagi mereka kedatangan bulan ramadhan adalah yang sangat ditunggu-tunggu keahirannya, karena baginya bulan ramadhan adalah bulan berpesta pahala. Dan inilah golongan orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah swt dan selalu mengharap ridha Allah swt.

Makna Kata Ramadhan

Kata ramadhan adalah satu kata yang banyak mengandung makna, kalau kita lihat secara sesama bahwa kata ramadhan di dalam bahasa Arab  رمضان  , mempunyai 5 huruf sebagai berikut :
1.       Huruf "  ر. Huruf “Ra” kepanjangan dari  Rahmatullah lil Mu’minin, yaitu rahmat Allah bagi orang-orang mukmin, kasih sayang Allah kepada orang mukmin karena orang yang mendapatkan bulan ramadhan adalah orang yang diberikan umur yang panjang dan diberikan nikmat, betapa banyak saudara kita yang mungkin tahun yang lalu disaat akhir ramadhan bermohon kepada Allah agar mendapatkan kembali bulan ramadhan, tetapi apa yang mereka harapkan Allah swt berkehendak lain karena mereka sudah dipanggil menghadap kepada Allah
2.       Huruf “ م”. Huruf “Mim” adalah kepanjangan dari Magfitatullah lil Mukarrabiin, yaitu ampunan Allah swt bagi orang-orang yang mendekatkan diri dan melaksanakan amala ibadah. Olehnya itu bulan ramadhan adalah bulan ampunan Allah bagi orang-orang yang betul-betul mendekatkan diri kepada Allah, karena tidak semua orang diampuni oleh Allah di dalam bulan ramadhan, akan tetapi hanya orang-orang ikhlas semata.
3.       Huruf “ض   “ huruf dha adalah kepanjangan dari Dhumnullahi lilmuttaqin yaitu, Allah swt akan memberikan naungan di hari akhirat bagi orang orang yang menyambut ramadhan dengan penuh hati yang gembira, karena di akhirat kelak ramadhan akan menjadi saksi dihadapan Allah dan dengan kesaksiannya maka Allah memberikan naungan-Nya. Sungguh beruntunglah bagi orang-orang yang mendapat naungan dari Allah swt. tidak ada lagi tempat bermohon dan berlindung kecuali hanya kepada Allah.
4.       Huruf “ ا “. Huruf alif adalah kepanjangan dari ulfatullah lil mukhlishin yaitu lipat gandanya Allah swt bagi orang-orang yang beramal di bulan ramadhan dengan penuh keikhlasan. Karena ramadhan adalah dikhususkan oleh umat Nabi Muhammad saw karena didalamnya orang-orang yang beriman akan berpesta pahala, lipat ganda pahalanya luar biasa, namun masih banyak saudara kita dialam hatinya sifat sombong dan tidak mau beribadah. Coba kita sadari, membaca ayat suci Al-qur’an di bulan ramadhan jauh beda pahalanya dibandingkan di luar ramadhan. Satu huruf saja dibaca sudah mendapat pahala 10 sedangkan diluar ramadhan cuma dapat satu pahala setiap hurufnya.
5.       Huruf “ ن “. Huruf “nun” adalah kepanjangan dari nikmatullah lil mu’minin, yaitu nikmat Allah bagi orang-orang yang beriman. Sungguh luar biasa kemikmat yang diberikan oleh Allah di dalam bulan ramadhan, coba kita sadari  betapa bahagianya hati kita disaat menjelang buka puasa, rasa bahagia itu adalah suatu kenikmatan, kita tidak makan dan minum disiang hari tetapi kita tidak merasakan kelaparan, itu semua adalah nikmat, karena nikmat adalah pemberian Allah, nikmat bukan hanya harta, jabatan, pangkat dan lainnya, akan tetapi nikmat adalah apa saja yang kita rasakan dan mendatangkan kesenangan  dan kebahagiaan. Dan itulah semua yang harus kita syukuri.
Semoga artikel ini bisa bermamfaat dan dapat mengintropeksi diri kita." Marhaban ya Ramadhan "
Ramadhan, 3 Golongan Menyambutnya, dan Makna Kata Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment