BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Kisah Kan'an Anak Nabi Ibrahim Yang tenggelam Karena Kufur



1.       Kisah kan’an
Kan’an adalah Salah seorang putra Nabi Nuh as. Sebagaimana nabi-nabi terdahulu, Nabi Nuh dalam menyampaikan  risalah Allah banyak mendapat tantangan  dari umatnya. Selama 950 tahun Nabi Nuh menyeru umatnya agar meninggalkan perbuatan syirik, yaitu menyembah berhala, tetapi hanya sedikit saja yang mengikuti ajakan Nabi Nuh tersebut. Sebagian besar menentang, bahkan mengejek Nabi Nuh.
Diantara penentang dan pengejek Nabi Nuh adalah salah seorang putra Nabi Nuh sendiri yang bernama Kan’an. Ketika Allah mengazab umat Nabi Nuh yang ingkar dan kafir itu berupa banjir besar, Nabi Nuh teringat akan putranya. Begitulah, kasih sayang seorang ayah, walaupun anaknya telah durhaka kepadanya, tetapi ia tidak tega melihat anaknya menderita. Ketika melihat putranya sedang timbul tenggelam, Nabi Nuh memangil-manggil, “Hai anakku, naiklah engkau bersama kami supaya selamat. Janganlah engkau mengikuti orang-orang kafir yang mengingkari agama Allah. “Akan tetapi kan’an, putranya tetap membangkang, “Aku tidak mau, aku mau naik ke gunung yang tidak bisa dicapai oleh air, dan aku tidak akan tenggelam. “Nabi Nuh menjawab, “Tidak ada satupun yang dapat melindungi hari ini dari azab Allah, selain Allah Yang Maha Penyayang.” Air semakin tinggi dan menenggelamkan semua yang ada, termasuk Kan’an putra Nabi Nuh yang durhaka itu. Yang tinggal hanya perahu Nabi Nuh yang terapung dengan tenang yang didalamnya terdapat orang-orang yang bersyukur kepada Allah SWT.
Sementara itu Nabi Nuh sangat sedih memikirkan nasib anaknya yang mati tenggelam. Allah menyadarkan Nabi Nuh dengan firman-Nya yang artinya sebagai berikut :
“Hai Nuh, sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu yang dijanjikan akan diselamatkan, sesungguhnya perbuatan itu adalah rbuatan yang tidak baik. Sebab itu janganlah kamu memohon kepada-Ku sesuatu yang kamu  tidak mengetahui hakikatnya. Sesunggnya aku memperingatkan kepadamu supaya kamu jangan termasuk orang-orang yang tidak berpengetahuan.”
Begitulah kisah Kan’an, seorang yang durhaka kepada orang tua dan durhaka kepada Allah telah menerima azab yang pedih di dunia dan kelak di akhirat.

Kisah Kan'an Anak Nabi Ibrahim Yang tenggelam Karena Kufur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment