BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Insiden Bandung Lautan Api

Pada tanggal 17 Oktober 1945, pasukan sekutu datang ke Bandung yang diboncengi dengan oleh tentara NICA yang ingi mengembalikan kekuasaannya di Indonesia. Namun, semangat juang rakyat Indonesia, utamanya para pemuda Bandung tetap semangat dan berkobar mempertahankan kemerdekaan. Pada akhirnya pertempuran besar dan kecil berlansung di Bandung untuk mempertahankan kedaulatan Reublik Indonesia yang baru didirikan.
Untuk meredah ketegangan, diadakanlah perundingan antara pihak RI dan AFNEI atau sekutu dan NICA, hasil perundingan tersebut, kota Bandung dibagi menjadi dua bagian yaitu Bandung utara yang diduduki oleh pihak sekutu, sedangkan Bandung diduduki oleh pemerintah Indonesia.
Pada Tanggal 23Nopember 1945, sekutu memberikan ultimatun agar pihak Indonesia harus meninggalkan dan mengosongkan daerah Bandung bagian utara paling lambat sampai pada tanggal 29 Nopember, pihak sekutu memberikan jangka waktu sampai lima hari, namun ancaman sekutu tersebut tidak diindahkan oleh para pejuang Bandung sampai pada batas yang ditetapkan oleh pihak sekutu, sehingga terjadilah pertempuran pada tanggal 1 Desember 1945. Karena perlengkapan persenjaan pihak sekutu lebih lengkap, tentara sekutu berhasil menduduki kota Bandung bagian utara.
Pada tanggal 23 Maret kembali sekutu mengeluarkan ultimatun yang kedua kepada rakyat Bandung.

Dalam ultimatun yang kedua pihak sekutu menyuruh para pejuang Bandung untuk mengosongkan kota Bandung dan meninggalkan kota Bandung. Akan tetapi para pejuang kota Bandung tidak menuruti ultimatun yang dikeluarkan oleh pihak sekutu. Akibatnya, terjadilah pertempuran yang sengit di Bandung bagian selatan sehingga tentara sekutu terdesak. Karena terdesak, tentara sekutu meminta bantuan pemerintah RI untuk menghentikan pertempuran. Pemerintah menyetujui permintaan sekutu tersebut, dan memerintahkan para pejuang Bandung untuk menghentikan pertempuran dan meninggalkan kota Bandung. Namun dengan berat hati para pejuang Bandung meninggalkan kota Bandung. Pada saat bergerak mundur, para pejuang bandung membakar bangunan-bagunan penting di Badung bagian selatan. Tujuannya agar supaya tidak bisa dipergunakan oleh pihak sekutu.
Peristiwa ituah dikenal sebagai peristiwa Bandung lautan api.Istilah tersebut menggambarkan para pejuang Bandung rela berkorban demi mempertahankan kemerdekaan Bandung. Mereka rela membakar rumah-rumah mereka sendiri dari pada dikuasai oleh tentara sekutu inggris dan NICA.
Insiden Bandung Lautan Api Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment