BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Sistem Pernapasan Pada Reptil

Sistem Pernapasan pada Reptil
Sistem pernapasan pada reptil mirip dengan sistem pernapasan pada burung. Alat-alat pernapasan pada reptil terdiri atas lubung hidung, batang tenggorok, dan paru-paru. proses pernapasan pada reptil meliputi fase pamasukan udara (inspirasi) dan fase pengeluran udara (ekspirasi).
Fase inspirasi terjadi pada waktu rongga dada dan rongga perut membesar. Pada keadaan demikian, tekanan udara dalam rongga dada berkurang. Akibatnya, udara dari luar masuk ke dalam paru-paru. Di dalam paru-paru, oksigen yang masuk bersama udara pernapasan diikat oleh darah dan diedarkan ke seluruh tubuh.
Sedangkan fase ekspirasi terjadi pada waktu rongga dada dan rongga perut mengecil. Pada keadaan demikian, tekanan udara dalam rongga dada membesar. Akibatnya, udara dari paru-paru ke luar melalui hidung. Bersamaan dengan itu, gas karbon dioksida dilepaskan oleh darah dan dibuang keluar melalui hidung.
beberapa jenis reptil yang hidup di air, misalnya buaya memiliki katup pada lubang hidung, batang tenggorok , dan kerongkongannya. Sehingga, ketika buaya menyelam, air tidak dapat masuk ke saluran pernapasan dan saluran pencernaan.
Sistem Pernapasan Pada Reptil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment