BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Sistem Pernapasan Pada Aves / Burung

Sistem Pernapasan pada Aves
Alat-alat pernapasan pada aves (burung) terdiri atas lubang hidung, batang tenggorok (trakea), cabang batang tenggorok (bronkus), dan paru-paru. Udara masuk melalui lubang hidung, kemudian ke batang tenggorok , cabang batang tenggorok, dan akhirnya masuk ke dalam paru-paru. Di dalam paru-paru terdapat gelembung paru-paru (alveolus), tempat terjadinya pertukaran gas. Di bagian bawah trakea terdapat alat suara yang disebut siring. Udara bertekanan tinggi yang melalui siring akan menggetarkan selaput suara di dalamnya dan menghasilkan bunyi.
Pada umumnya, burung yang dapat terbang memiliki alat bantu pernapasan berupa pundi-pundi udara. Sembilan buah pundi-pundi udara itu adalah sebagai berikut.
- Sepasang pundi-pundi udara di leher.
- Sepasang pundi-pundi udara di dada bagian depan.
- Sepasang punndi-pundi udara di perut.
- Sepasang pundi-pundi udara di dada bagian belakang.
- Sebuah pundi-pundi udara di antara tulang selangka yang bercabang-cabang membentuk pundi-pundi udara antar tulang selangka.
Pundi-pundi udara pada burung berfungsi untuk membantu pernapasan pada waktu terbang, mengatur berat  jenis tubuh, dan memperkeras  suara yang dihasilkan oleh siring. 
Pundi-pundi udara dapat mengatur berat jenis tubuh burung. Hal ini dilakukan dengan cara mengisi pundi-pundi udara atau mengosongkan pundi-pundi udara. Pundi-pundi udara yang berisi udara menyebabkan berat jenis ubuh secara keseluruhan menurun, sehingga membantu atau memudahkan burung untuk terbang. Sebaliknya, apabila pundi-pundi udara kosong, berat jenis tubuh naik.
Pada waktu burung mengepakkan sayapnya untu terbang, pengambilan oksigen melalui hidung mengalami hambatan, karena kontraksi otot-otot dada menekan paru-paru dan menghambat masuknya udara ke dalam paru-paru. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen pada waktu terbang, burung menggunakan cadangan udara yang ada di dalam pundi-pundi udara. Selanjutnya, udara tersebut masuk ke dalam paru-paru. Di dalam paru-paru terjadi pertukaran gas. Gas oksigen diika oleh darah, kemudian diedarkan keseluruh tubuh untuk proses oksidasi. Gas karbon dioksida dari darah dilepaskan, kemudian dibuang keluar tubuh melalui hidung.
Burung setelah terbang beberapa saat akan menghabiskan udara yang tersimpan dalam pundi-pundi untuk bernapas. Pundi-pundi udara akan diisi kembali ketika burung hinggap di atas pohon atau melayang di udara tanpa mengepakkan sayapnya.
Sistem Pernapasan Pada Aves / Burung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment