BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Sistem Pernapasan Pada Pisces / Ikan

Sistem Pernapasan Pada Pisces / Ikan
Alat pernapasan pisces (ikan) umumnya berupa insang yang berjumlah empat pasang. Letaknya di samping kiri dan kanan kepala. Pada ikan bertulang keras, misalnya ikan mas, insang dilindungi oleh tutup insang. Sebaliknya, ikan bertulang rawan, misalnya hiu, tidak memiliki tutup insang.
Proses pernapasan pada ikan melalui fase inspirasi dan fase ekspirasi. Fase inspirasi adalah fase pemasukan air ke dalam rongga mulut. Penutup insang menyamping, tetapi celah belakang masih tertutup selaput, sehingga rongga mulut membesar.  Keadaan ini meyebabkan tekanan udara dalam rongga mulut lebih kecil daripada tekanan udara di luar. Kemudian bersamaan dengan membukanya celah mulut, air masuk ke dalam rongga mulut. Fase ekspirasi ialah fase pengikatan O2 dari air dan pelepasan CO2 dari dalam tubuh. Setelah rongga mulut penuh berisi air, celah mulut tertutup, dan celah insang membuka. Bersamaan dengan itu air di dorong melewati selaput insang, sehingga terjadi pertukaran gas. Darah di dalam pembuluh kapiler selaput insang melepaskan CO2 ke dalam air dan mengikat O2 dari air. Sebagian besar jenis ikan memiliki organ glembung renang yang mempunyai
dua macam fungsi, yaitu untuk mengatur berat tubuh agar dapat naik turun di dalam air dan sebagai tempat cadangan oksigen.
Beberapa jenis ikan, misalnya ikan gabus, ikan lele, ikan betok,  dan ikan gurami, mempunyai alat bantu pernapasan yang disebut labirin. Labirin adalah lipatan-lipatan yang tidak teratur sebagai perluasan rongga insang untuk menyimpan udara. Dengan memiliki labirin, ikan dapat hidup di dalam air yang berkadar oksigen rendah, misalnya pada lingkungan berlumpur.
Ada juga beberapa jenis ikan yang bernapas dengan paru-paru. Misalnya, ikan paru-paru Australia (Neoceratodus sp. ), ikan paru-paru dari Afrika (Protopterus sp.), dan ikan paru-paru Amerika Selatang (Lepidosiren sp.). ikan ini memiliki sebuah atau sepasang gelembung udara yang digunakan sebagai paru-paru, disebut pulmosis.
Sistem Pernapasan Pada Pisces / Ikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment