BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Tarekat dan Hakekat Dalam Ilmu Tasawwuf

Tarekat dan hakekat adalah sambung menyambung antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu pelaksanaan agama Islam tidak sempurna jika tidak dikerjakan kempat-empatnya, yakni Syariat, Tarekat, Hakekat, dan Ma,rifat. Maka apabila syariat merupakan peraturan, tarekat merupakan pelaksanaan, maka hakekat merupakan tujuan pokok yakni pengenalan Tuhan yang sebenar-benarnya. untuk lebih jelasnya bagaimana hubungan  dari ketiga tersebut diatas maka kita bisa simak contoh " Umpamanya dalam soal bersuci (thahara) menurut syariat harus bersih diri dari air, menurut Tarekat bersih diri lahir dan bathin dari hawa nafsu. Menurut Hakekat bersih hati dari selain Allah, semuanya itu untuk mencapai ma'rifat terhadap Allah".
Contoh lain "Menurut syariat, bila seorang melaksanakan sholat maka wajib menghadap ke kiblat, karena ayat Al-Qur'an menyebutkan : Hadapkanlah wajahmu ke masjidil haram (Ka'bah) Mekah. Menurut Tarekat, hati wajib menghadap kepada Allah berdasarkan ayat Al-Qur'an yang menyebutkan: Fa'budunii' Sembahlah Aku (Allah).
Menurut Hakekat, bahwa kita menyembah Tuhan seolah-olah tuhan itu terlihat, berdasarkan hadits "Sembahlah Tuhanmu seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak melihatnya, maka sesungguhnya Tuhan melihat kamu". Selanjutnya menurut Ma'rifat ialah mengenal Allah untuk siapa dipersembahkan segala amal ibadah itu yang dengan khusyu' seseorang hamba dalam sholat merasa berhadapan dengan Allah, ketika ini perasaan bermusyahadah berintai-intai bercakap-cakap dengan Allah, seolah-olah Allah berkata : " Innany ana Allah" Aku inilah Tuhan Allah. Maka kehadiran hati berkata "Anta Allah" Engkaulah Allah. Lalu Allah berkata lagi "Aqimissholah lidzikry" Bershalatlah untuk mengigat akan Aku.
Oleh karena itu seseorang dalam sholat, tidak ada sama sekali dalam hatinya kehadiran Allah, maka oleh ahli-ahli tarekat menganggap sholatnya itu tidak sah.
Demikianlah apa yang dikatakan Hakekat ialah membuka kesempatan bagaimana salik mencapai maksudnya, yaitu mengenal Tuhan, Ma'rifatullah, Musyahadah nur yang Tajalli.
Tarekat dan Hakekat Dalam Ilmu Tasawwuf Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment