BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

MAKALAH TENTANG KETERBATASAN ENERGI DAN DAMPAKNYA


                                 Kata pengantar

       Alhamdulillah adalah kata yang pantas saya ucapkan karena dengan izin Nyalah sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ KETERBATASAN ENERGI DAN DAMPAKNYA “ , tak lupa pula saya kirimkan salawat serta salam kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang patut kita teladani sikapnya.
       Saya  juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pak Anto Sambo Linggi S.pd karena berkat ajaran dan tuntunannya sehingga saya bisa mengetahui dan memahami materi  tersebut. 
       Semoga makalah yang saya buat berguna bagi pembaca dan dapat mengetahui dan memahami materi tentang KETERBATASAN ENERGI DAN DAMPAKNYA , meski masih jauh dari kata sempurna akan tetapi dapat terselesaikan dengan baik. Semua kritik dan saran dari pembaca saya terima dengan senang hati.  


                                                                      Bantaeng, 23 Februari 2016


                                                                                  Penulis
        




DAFTAR ISI 


Kata pengantar
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
B.    Rumusan Makalah
C.    Tujuan makalah
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Kajian teori
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.    Saran
DAFTAR PUSTAKA


                                                 BAB I

                                        PENDAHULUAN


A.latar belakang
Energi erat kaitannya dengan alam dan teknologi. Dari alamlah energi dihasilkan dan dengan teknologi energi akan dapat digunakan secara optimal. Saat ini kebutuhan energi sangat meningkat, hal ini di pengaruhi adanya peningkatan pertambahan penduduk dan aktivitas manusia. Ketidakseimbangan permintaan dan penawaran energi yang didorong pesatnya laju pertambahan penduduk dan pesatnya industrialisasi dunia, mengakibatkan tersedotnya cadangan energi, khususnya energi fosil yang merupakan sumber energi utama dunia.
Banyak negara di dunia yang sudah mulai sadar dan khawatir akan krisis energi yang mengerikan ini. Sehingga tidak ada jalan lain yang bisa ditempuh kecuali dua hal utama yaitu gerakan penghematan energi dan program penemuan sumber energi baru. Dua program besar inilah saat ini menjadi perhatian besar bagi beberapa Negara maju seperti Jepang, Amerika, Jerman dan lain-lain. Krisis energi ini juga dialami pada negara Indonesia

B.Rumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat disimpulkan rumusan masalahnya sebagai berikut:
1.    Apa penyebab terjadinya keterbatasan energi ?
2.    Apa saja sumber energi dan kegunaannya?
3.    Bagaimana solusi untuk menanggulangi keterbatasan energi?
 C.Tujuan Makalah
     Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dan manfaat penulisan adalah sebagai berikut : 1.    Mengetahui penyebab terjadinya keterbatasan energi
2.    Mengetahui sumber energi dan kegunaannya
3.    Untuk mengetahui bagaimana cara menanggulangi keterbatasan energi.


                                  BAB II

                       TINJAUAN PUSTAKA


A.    Kajian Teori
       Berdasarkan definisi dalam UU RI No. 30 Tahun 2007 Bab I Pasal 1, sumber energi adalah yang dapat menghasilkan energi, baik secara langsung maupun melalui proses konversi. Adapun sumber daya energi adalah sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan baik sebagai sumber energi maupun sebagai energi.
•    Jenis Sumber Energi Berdasarkan Kelestariannya
       Berdasarkan ketersediaannya, sumber energi diklasifikasikan menjadi duam macam yaitu energi terbarukan (reneweble energy) dan energi tak terbarukan (nonreneweble energy). Dibawah ini akan kita jelaskan pengertian dan perbedaan dari sumber energi terbarukan dan sumber energi tak terbarukan.
1.     Sumber Energi Terbarukan, adalah sumber energi yang bisa diperbarui sehingga dalam penggunaannya dapat dengan cepat dan mudah didapatkan. Pemanfaatan sumber energi terbarukan dapat dalam jangka waktu yang lama dan berkelanjutan. Sumber energi ini memiliki kelebihan tidak mencemari lingkungan. Contoh: energi matahari/surya, energi panas bumi, energi angin, dan energi air.
2.    Sumber Energi tak Terbarukan, adalah sumber energi dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaru artinya ketersediaannya di alam ini terbatas karena proses pembentukannya yang memerlukan waktu yang sangat lama. Dalam memanfaatkan energi tak terbarukan harus sangat diperhatikan jumlahnya di alam serta dampaknya bagi lingkungan. Contoh: minyak bumi, gas alam, dan batu bara.

1.    Sumber energi dan kegunaanya
Penggunaan sumber energi secara umum baik itu energi terbarukan ataupun nonterbarukan adalah sebagai berikut.

a.  Penggunaan Energi untuk Keperluan Industri
      Berbagai industru baik industri kecil maupun besar memerlukan sumber energi dalam proses produksinya. Sumber industri yang biasa digunakan adalah minyak bumi, batu bara, atau gas alam. Untuk industri kecil tak jarang juga memanfaatkan sumber energi dari kayu untuk bahan bakar.

b. Penggunaan Energi untuk Keperluan Rumah Tangga
      Skala rumah tangga juga memerlukan bahan bakar dalam kegiatan sehari-hari. Untuk sekarang ini pemanfaatan energi dalam rumah tangga antara lain energi listrik dan gas untuk memasak.

c. Penggunaan Energi untuk Keperluan Transportasi
       Sektor transportasi juga salah satu sektor yang memanfaatkan banyak energi tak terbarukan.Hal ini karena bahan bakar untuk kendaraan di Indonesia masih didominasi oleh bahan bakar minyak (BBM). Penggunaan untuk sektor transportasi juga menimbulkan beberapa masalah yaitu menimbulkan pencemaran udara.

d. Penggunaan Energi untuk Keperluan Komersial
       Penggunaan energi untuk komersial seperti sektor perhotelan, rumah sakit, ataupun rumah makan antara lain listrik, elpiji, BBM, dan gas bumi.

2.    Solusi terhadap keterbatasan energi
       Krisis energi dan berbagai pencemaran yang berdampak sangat negatif bagi lingkungan dan kehidupan manusia mengharuskan kita mencari solusi untuk mengatasau permasalahan tersebut. Secara umum solusi untuk mengatasi permasalahan akibat energi antara lain sebgai berikut.
a.    Penghematan Energi
       Dengan cara melakukan penghematan energi dapat mengatasi krisis energi. Penghematan energi dapat menyebablan berkurannya biaya, meningkatnya nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, dan kenyamanan. Selain itu, dengan mengurangi emisi penghematan emisi penghematan energi merupakan bagian penting dari mencegah atau mengurangi perubahan iklim.
b.    Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan sebagai Sumber Energi Alternatif
       Indonesia merpakan salah satu negara yang memiliki potensi energi terbarukan yang sangat melimpah. Namun, pada kenyataannya potensi sumber energi terbarukan masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini disebabkan karena saat ini Indonesia masih bergantung pada sumber energi fosil yang sudah jelas menyajikan masalah besar. Sumber energi fosil yang ketersediaannya di alam sangat terbatas juga dapat menyebabkan polusi udara, air dan tanah, serta menghasilkan gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap pemanasan global.
       Peraturan Pemerintah No 5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasioanal menunjukan bahwa kebijakan pemerintah juga masih kurang mendukung terhadap pemanfaatan energi alternatif atau terbarukan untuk tahun 2025 yang hanya sekitar 15%. Hal ini dapat dilihat dalam bab II Pasal 2 Peraturan Pemerintahan bahwa target konsumsi energi yang digunakan di Indonesia pada tahun 2025 antara lain sebagai berikut.
1.    Minyak bumi kurang dari 20%
2.    Gas bumi lebih dari 33%
3.    Batu bara lebih dari 5%
4.    Biofuel lebih dari 5%
5.    Panas bumi lebih dari5%
6.    Energi baru terbarukan lainnya, khususnya biomassa, nuklir, tenaga air skala kecil, tenaga surya dan angin lebih dari 5%.
7.    Bahan bakar lain yang berasal dari pencarian batu bara lebih dari 2%.


                       BAB V

                    PENUTUP


A.    Kesimpulan

•    sumber energi adalah yang dapat menghasilkan energi.
•    Penggunaan sumber energi secara umum atau berdasarkan ketersediaannya baik itu energi terbarukan ataupun nonterbarukan yaitu .
1.    Penggunaan Energi untuk Keperluan Industri
2.    Penggunaan Energi untuk Keperluan Rumah Tangga
3.    Penggunaan Energi untuk Keperluan Transportasi
4.    Penggunaan Energi untuk Keperluan Komersial
•    Solusi untuk menghadapi keterbatasan energi yaitu dengan cara penghematan energi dan pemanfaatan sumber energi terbarukan sebagai sumber energi alternatif.

B.    Saran
•    Sebagai makhluk hidup yang membutuhkan energi kita harus peduli akan keterbatasan energi dan memanfaatkanyan sesuai dengan kebutuhan.
•    Kita harus mengetahui apa saja yang tepat untuk penggunaan energi serta mencari solusi yang tepat mengenai keterbatasan energi


            DAFTAR PUSTAKA

http://www.materikelas.com/2016/02/keterbatasan-energi-dan-dampaknya-bagi_85.html#
ayachomsah.blogspot.co.id/2012/06/makalah-krisis-energi.html       



















MAKALAH TENTANG KETERBATASAN ENERGI DAN DAMPAKNYA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment