BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Kulit dan Bagian-Bagiannya serta Fungsi Kulit

    Kulit merupakan lapisan pelindung terluardari bagian tubuh kita dan dari keluarkan keringat yang merupakan salah satu zat sis dari proses metabolisme yang berlansung dalam tubuh kita. Diketahui bahwa pada penampang kulit manusia dapat kita lihat bahwa kulit manusia terdapat beberapa bagian utama yaitu kulit ari (epidermis), kulit jangat (dermis), dan jaringan ikat bawah kulit (subkutsn).
Kulit ari terdiri atas dau lapisan yaitu lapisan tanduk dan lapisan malpighi. Lapisan tanduk merupakan bagian dari kulit ari yang terletak pada bagian paling luar yang tersusun atas sel-sel mati, dan mudah mengelupas. Sedangkan lapisan malpighi terletak dibawah lapisan tanduk dan merupakan lapisan pembentuk sel-sel baru. Pembuluh-pembuluh kapiler darah yang berasal dari lapisan dermis memberikan zat-zat yang diperlukan oleh sel--sel hidup pada lapisan malpighi.
    Pada lapisan malpighi juga terdapat pigmen. Pigmen adalah butir-butir pembawa warna. Jadi warna kulit manusia bergantung pada banyaknya pigmen yang terkandung di dalam kulit sehingga kita melat warna kulit yang berbeda-beda, ada yang kulit hitam, sawo matang, kuning, dan sebagainya.
Salah satu contoh pigmen yang terdapat pada  kulit manusia adalah melanin. Melanin adalah pigmen colat tua. Pingmen melanin dihasilkan oleh sel-sel melanosit yang terdapat pada folikel rambut (kantung rambut).
    Semakin banyak melanin di dam kulit maka semakin gelap warna kulit itu. Dan apabila pada kulit itu tidak terdapat melanin maka akan terjadi albinisme atau disebut juga bulai. Selain warna kulit, melanin juga melindungi kulit dari sengatan ultraviolet matahari. Makin banyak jumlah milaninnya, maka makin besar perlindungannya terhadap kulit.
    Pada kulit jangat terdapat keler keringat, kelenjar minyak, pembuluh darah, kantung rambut, otot rambut dan ujunr saraf. Kelenjar keringat (glandula sodorifera) berfungsi mengeluarkan keringat yang dikeluarkan melalui saluran kelenjar keringat, dan bermuara pada pori-pori kulit. Keringat sebagian besar terdiri atas air. Selain itu, keringat juga mengandung garam-garam, terutama garam dapur dan urea. Selain kelenjar keringat, didalam kulit jagat juga terdapat kelenjar keringat (galandula sabasea). Kelenjar itu berfungsi menghasilkan minyak (sebum) untuk melumasi kulit dan rambut agar tidak kering dan mudah rusak. Dari seluruh permukaan tubuh, hanya kelenjar telapak tangan dan telapak kaki yang tidak mempunya kelenjar minyak.
    Didekat kelenjar minyak terdapat kantung rambut, kantung rambut memiliki akar rambut dan batang rambut. Pada kantung rambut juga terdapat otot penegak rambut yang terdiri dari sel-sel otot polos dengan arah miring.Kontraksi otot ini menyebabkan tegaknya batang rambut.
Di dalam kulit jagat juga terdapat pembuluh kapiler darah yang berfungsi mengalirkan zat-zat makanan, tidak hanya untuk jaringan ikat, tetapi juga untuk akar rambut, kelenjar-kelenjar ujung saraf, otot dan sel-sel kulit. Ujung-ujung pembuluh kapiler darah ini terdapat pada lapisan malpighi sehingga menjamin tersedianya zat-zat yang diperlukan oleh sel-sel penyusun lapisan tersebut.
    Jaringan ikat bawah kulit, terletak dibawah lapisan kulit jangat, namun batas antara kedua bagian tersebut tidak jelas. Jaringan ikat bawah kulit mengandung lemak yang berfungsi sebagai cadagan maakanan, pelindung tubuh dari benturan, dan sebagai isolator panas. Itulah sebabnya, orang yang berbadan gemuk meskipun udara dingin tidak merasakan kedinginan, hal ini karena orang tersebut memiliki lapisan lemak yang tebal sehingga mencegah atau menahan keluarnya panas dari dalam tubuh.
Fungsi Kulit
    Dari uraian bagian-bagian kulit diatas dapat dapat kita simpulkan, bahwa kulit memiliki beberapa fungsi sebgai berikut :
  1. Sebagai alat pengeluaran, guna mengeluarkan keringat yang mengandung garam-garam dan amonia
  2. Sebagai pelindung tubuh dan alat-alat tubuh dan lapisan tanduk melindungi tubuh dari masuknya bakteri dan mengurangi penguapan cairan dari tubuh.
  3. Sebagai tempat indra perabah dan perasa
  4. Sebagai tempat penyimpan kelebihan lemak
  5. Sebagai tempat perubahan provitamin D menjadi vitamin D, proses ini dibantu oleh sinar ultraviolet dari matahari
  6. Sebagai pengatur suhu tubuh. Jika tubuh menjadi lebih panas, misalnya karena olah raga, maka kelebihan panas itu akan dibuang oleh pembuluh darah dan kelenjar keringat. Pembuluh darah akan melebar dan kemudian mengangkut panas yang berlebihan, dan membuangnya ke udara. Kelenjar-kelenjar keringat akan mengeluarkan keringat ke permukaan kulit dan untuk berkeringat diperlukan panas yang diambil dari dalam tubuh, oleh karena itu tubuh menjadi lebih dingin.
Kulit dan Bagian-Bagiannya serta Fungsi Kulit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment