BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Sistem Indra Pada Burung

Indra Pada Burung
Indra penglihatan dan indra keseimbangan pada burung berkembang dengan baik. Adanya kedua macam indra tersebut memungkinkan burung dapat terbeng lurus atau menukik, dan membelok dengan cepat. Indra keseimbangan burung terletak di dalam rongga telinga dan dihubungkan dengan otak kecil. Otak kecil pada burung berukuran besar karena fungsinya sebagai pusat keseimbangan tubuh burung pada saat terbang.
Sebagian besar burung memiliki indra penglihatan yang tajam. Hal ini sangat membantu burung baik untuk mendapatkan makanan, untuk menemukan musuh, maupun untuk terbang. Mata burung juga dapat berakomodasi dengan baik, dengan cara mengubah bentuk lensa matanya. Pada saat burung melihat benda yang jauh, lensa mata burung akan memipih. Sebaliknya, pada saat burung melihat benda yang dekat, lensa mata burung akan mencembung.
Pada umumnya burung terletak di sisi kiri dan kanan kepalanya. Hal ini memungkinkan burung dapat melihat keadaan di sekelilingnya tanpa harus memutar kepala. Beberapa jenis burung pemangsa, misalnya burung hantu, memiliki mata yang menghadap ke depan. Pandangan dengan binokuler ini memungkinkan burung hantu dapat melihat benda-benda yang dekat dan jauh, sehingga ia dapat memperkirakan jarak suatu benda. Hal ini penting bagi burung-burung pemangsa dalam mengintai dan menangkap mangsanya.
Aktivitas burung hantu banyak dilakukan pada  malam hari. Oleh karena itu, retina matanya lebih banyak mengandung sel-sel batang dibanding retina mata burung lain. Sel-sel batang tersebut peka atau sensitif terhadap cahaya redup. Burung yang aktivitasnya banyak dilakukan pada siang hari, retina matnya lebih banyak mengandung sel-sel kerucut. Sel kerucut tersebut peka terhadap cahaya yang kuat.
Pada umumnya burung mengandalkan indra penglihatannya untuk mencari makan. Indra penciuman burung tidak berkembang dengan baik. Akan tetapi, burung kiwi merupakan perkecualian. Indra penglihatan burung kiwi kurang berkembang dengan baik, namun burung kiwi mampu menggunakan indra pembaunya yang berupa lubang hidung pada ujung paruhnya untuk membaui makanan yang ada dalam tanah.
Sistem Indra Pada Burung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment