BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Sitem Demokrasi Parlementer

Demokrasi dengan sistem parlementer.
Dalam demokrasi dengan sistem parlementer terdapat hubungan yang erat antara badan legislatif dengan badan eksekutif. Hanya keanggotaan badan legislatif atau dewan perwakilan rakyat saja yang dipilih oleh rakyat, sedangkan badan eksekutif yang biasanya disebut "kabinet" dipimpim oleh seseorang perdana menteri yang dibentuk berdasarkan dukungan suara terbanyak yang terdapat dalam dewan perwakilan rakyat.
Kabinet atau pemerintah yang terdiri atas menteri-menteri harus bertanggung jawab kepada dewan perwakilan rakyat atas tindakan-tindakannya dalam pelaksanaan kekuasaan eksekutif. Dengan demikian garis politik yang dilaksanakan oleh pemerintah harus sejalan dengan asas-asas yang telah disetujui berdasarkan suara terbanyak di dalam dewan perwakilan rakyat. Dengan demikian kedudukan pemerintah sangat  tergantung pada dukungan suara terbanyak di dalam dewan perwakilan rakyat. Apabila pemerintah tidak lagi mendapat dukungan suara terbanyak, maka pemerintah dapat dijatuhkan oleh dewan perwakilan rakyat melalui "votum" atau pemungutan suara.
Dengan demikian pemerintah yang menganut demokrasi dengan sistem parlementer, sering kali tidak mantap apabila didalam negara itu dianut "sistem multi partai".
Demokrasi dengan sistem parlementer lebih cocok atau ideal dijalankan di negara-negara yang menganut sistem "dwiparti" partai mayoritas akan menjadi partai mendukung pemerintah dan partai minoritas menjadi partai oposisi.
Dalam demokrasi dengan sistem parlementer, kekuasaan yudikatif tetap bebas dari pengaruh kedua badan lainnya, sehingga keadilan sejati diharapkan akan dapat ditegakka. Dengan demikian dalam demokrasi dengan sistem parlementer, trias politika masih dijalankan, tidak dalam arti "pemisahan kekuasaan" atau separation of powers" melainkan dalam arti "pembagian kekuasaan" atau "distribution of powers". antara badan legislatif dengan badan eksekutif, bukan saja terdapat hubungan yang erat, tetapi juga terdapat "kerjasama" yang erat. 
Sitem Demokrasi Parlementer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment