BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Metode Dalam Penelitian

Sebuah karyah tulis ilmiah ditulis berdasarkan gagasan utama penulis dan dari gagasan itulah kemudian dielaborasikan dengan menyebutkan berbagai faktor pendukungnya, sehingga apa yang ditulis atau karya tulis ilmiah tersebut pembaca dapat diyakinkan akan kekuatan gagasan tersebut. Namun dalam penulisan karya tulis ilmiah tersebut tentunnya tidak semudah apa yang kita pikirkan, banyak hal dan acuan yang menjadi patokan dalam pembuatan karya tulis ilmiah, diantaranya penulis bisa tercapai apa yang akan diharapkan jika penulisan tersebut dilengkapi dengan mengadakan penelitian. Dalam mengadakan penelitian tentunya ada metode yang harus kita pergunakan sebagai tehnik mendapatkan informasi yang berhubungan dengan judul tulisan. dan inilah yang akan kami akan bahas yakni metode atau tehnik penelitian .

Metode Penelitian

Dalam penelitian ada langkah-langkah yang harus ditempuh yang dilaksanakan oleh seorang peneliti antara lain :
1. Jenis dan Pendekatan Penelitian
Bahwa dalam melaksanakan penelitian, peneliti harus menjelaskan jenis penelitian yang akan dilakukan, apakah penelitian itu jenisnya kualitatif atau kuantitatif, kemudian disertai dengan alasan-alasannya selain itu, harus dikemukakan pendekatan yang digunakan maksudnya landasan berfikir untuk memahami makna suatu gejala yang diteliti, apakah pendekatan teologis, filosofis, syar'i atau yuridis, sosiologis, historis, tefsir, paedagogis dan fsikologis.
2. Lokasi Penelitian
Dalam memilih lokasi penelitian, harus didasarkan pertimbangan yang tentunya lokasi tersebut dapat menarik dan memiliki keunikan untuk bisa diteliti. Dalam memilih lokasi bukan disebabkan olah faktor tempat dan kondisi misalnya tempat penelitian dekat dari tempat tinggal, atau lokasi yang akan diteliti kenal baik dengan orang-orang yang berada ditempat yang akan diteliti dan mengetahui kunci-kunci yang akan diteliti. Untuk jenis penelitian library research, maka peneliti tidak perlu menggunakan sub lokasi peneliti.
3. Populasi dan sampel
Populasi sampel sangat penting dalam melaksanakan penelitian, sampel yang digunakan harus searah dengan judul karya tulis tersebut, jika sumber datanya menggunakan data angket maka dijelaskan dijelaskan populasi dan sampel penelitian. Bila sumber datanya menggunakan wawancara harus menjelaskan sumber data atau fokus pada penelitian. Penentuan jumlah populasi dan sampel penelitian harus dinyatakan selengkapnya spesifikasi pihak yang akan terlibat didalam penelitian, termasuk didalamnya model sampel yang akan digunakan dan cara penarikan sampel yang disertai dengan teori dan rumus sebagaimana yang biasa digunakan dalam penelitian.Dan untuk memudahkan pembaca memahami status yang terlibat, maka populasi dan sampel penelitian sebaiknya dibuat dalam bentuk tabel. Untuk penelitian library research tidak menggunakan tidak menggunakan populasi dan sampel penelitian.
4. Metode Pengumpulan data
Dalam melaksanakan penelitian maka calon peneliti dalam mengumpulkan data dilapangan harus mempunya metode dalam mengumpulkan data yaitu :
  1. Observasi, yakni menjelaskan cara melakukan observasi, data apa yang ingin diperoleh melalui observasi, dan dijelaskan juga cara penggunaannya.
  2. Wawancara, yakni menjelaskan tekhnik wawancara yang digunakan, data yang ingin diperoleh melalui wawancara, orang atau pihak yang akan diwawancarai dan termasuk jumlah orang yang akan diwawancaraai.
  3. Angket, yakni menjelaskan bahwa angket itu dibuat oleh calon peneliti, atau mengadaptasi angket yang telah dibuat oleh orang lain dan disertai penjelasan dari pihak yang akan dibutuhkan datanya dalam bentuk angket.
  4. Dokumentasi, yaitu menjelaskan data-data yang ingin dieroleh melalui dokumen. Sedangkan untuk data library research data yang dimaksudkan adalah langkah-langkah pelaksanaan penelitian
5. Teknik Analisis Data
Calon Peneliti dalam mengelolah data, jika penelitiannya adalah menggunakan peleitian pustaka ( library research) maka analisis data yang akan digunakan adalah indukatif, dedukatif dan koparatif. Jika penelitian itu dilapangan (Field Research) maka analisis data yang digunakan adalah disesuaikan dengan data yang diperoleh di lapangan, jika data dilapangan menggunakan jenis data kualitatif, maka analisis datanya harus kualitatif juga yang langkah-langkahnya meliputi, pengelompokan data, reduksi data, paparan data,  dan interpretasi data. Dan apabila jenis datanya kuantitatif, maka analisis datanya menggunakan rumus statistik yang sesuai dengan jenis data yang bersangkutan
6. Jadwal Penelitian
Adapun jadwal penelitian itu termasuk didalamnya tahapan-tahapan penelitian, rincian kegiatan, dan waktu pelaksanaan penelitian dan ditentukan secara tepat dan logis tentang tahun nama bulannya yang akan diperlukan untuk melaksanakan penelitian tersebut setiap tahapan. dan jadwal penelitian disajikan dalam bentuk matriks.
Demikianlah uraian tentang metode dalam penelitian, baik itu karya tulis ilmiah maupun dengan yang lainnya...semoga bermanfaat.
Metode Dalam Penelitian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment