BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Tata Surya Dan Fungsi Matahari


   Matahari adalah bintang yang terdekat dengan bumi. Matahari di kelilingi oleh sembilang planet dan asteroid. Masing-masing planet dan asteroid mengelilingi matahari mengikuti lintasannya sendiri-sendiri. Kumpulan matahari, planet-planet, dan asteroid di sebut tata surya.
   Para Pakar ilmu pengetahuan menjelaskan bahwa matahari adalah sumber kehidupan di dunia.  Matahari adalah bola api raksasa yang memancarkan sinar dan panasnya ke seluruh penjuru alam, termasuk permukaan bumi. Bola api raksasa itu berputar terus-meneris dan setiap detik kehilangan beratnya sebanyak 4.000.000 ton. Hal itu terjadi terus-menerus sehingga pada saatnya nanti pasti akan habis dan padamlah matahari. Apabila Matahari telah padam, energi pun habis, dan semuanya jadi beku.
Matahari
1. Sifat-Sifat Matahari
    Matahari merupakan pusat tata surya kita yang amat penting. Tanpa matahari tak mungkin ada kehidupan di planet bumi kita ini. Dapatkah kamu menerangkannya? (1). Matahari adalah sebuah bintang. Mengapa matahari terlihat lebih besar dan lebih terang daripada bintang-bintang lainnya?
   Dilihat dari ukurannya matahari itu sangat besar sekali. Mari kita bandingkan dengan ukuran bumi kita. Volum mtahari hampir 1.000.000 kali volum bumi. Jika matahari itu berupa sebuah wadah, maka wadah itu akan dapat menampung 1.000.000 bumi kita. ada bintang yang cahayanyasangat terang, dan ada pula yang cahayanya redup. hal ini di sebabkan oleh perbedaan jarak bintang dan bumi. Bintang yang sangat jauh dari bumi terlihat lebih redup daripada bintang yang lebih dekat.
  Warna bintang juga di pengaruhi oleh suhu dan zat yang menyusunnya. karena itulah ada bintang yang kemerah-merahan, ada yang kuning-kuningan, dan ada pula yang biru kuputih-kuputihan. Bintang yang kemerah-merahan itu yang paling kurang panas, sedangkan bintang yang biu keputih-putihan yang paling panas.
   Menurut para ahli, matahar itu sangat panas sekali. matahari merupakan sebuah bola gas yang selalu memancarkan cahaya dan panas.
2. Gravitasi
    Bumi dan planet lainnya beredar mengelilingi matahari. Apa yang menyebabkannya? Matahari yang sangat besar itu mempunyai  kekuatan untuk menarik benda langit lainnya. Kekuatan ini bisa di sebut gaya gravitasi. Bumi dan planet lainnya juga mempunyai gaya gravitasi, yang lebih kecil dari gravitasi matahari. Dengan gaya gravitasi ini semua benda yang terlempar ke atas akan kembali jatuh ke permukaan bumi. Apabila bumi tidak memiliki gaya gravitasi maka semua benda yang di lempar ke atas tidak akan kembali ke bumi. sebagai akibat pengaruh gaya gravitsi matahari dan gravitasi  planet-planet, terjadilah tarik-menarik antara matahari dan planet yang menyebabkan terjadinya peredaran planet-planet mengelilingi matahari.
Tata Surya Dan Fungsi Matahari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment