BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Nama-nama Planet Yang Mengelilingi Matahari

Planet-Planet
  Planet-Planet yang mengelilingi matahari ada sembilan (9), yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

1. Merkurius

    Merkurius merupakan planet terkecil di antara planet-planet lainnya. waktu untuk mengitari matahari di perlukan 88 hari. Jarak rata-rata  dari matahari 58 juta km. karena dekatnya ini merkurius bergerak sangat cepat mencapai kira-kira 37-56 km per detik atau 1620-3360 km per jam. Dalam beberapa hal merkurius banyak persamaannya dengan bulan. pada permukaan banyak terdapat kawah. perbedaan suhu antara siang dan malam sangat besar. pada siang hari suhu dapat mencapai 400C sedangkan pada malalm hari turuh hingga -200C ( 200C di bawah 0 C ). perbedaan suhu yang mencolok ini di sebabkan oleh tidak terdapatnya selubung angkasa yang menahan panas. Disamping itu karena sangat dekat dengan matahari.
    Kebanyakan planet mempunyai lintasan orbit yang berupa elips atau bulat telur. Lintasan merkurius berwujud bulat telur.

2. Venus

    Venus merupakan planet yang paling terlihat di antara planet lainnya. Karena cahayanya yang terang membuat planet ini di sebut bintang pagi atau bintang senja. Disebut demikian karena terlihat kemilau di timur ketika matahari terbit, atau di waktu senja ketika metahari tebenam. Venus memiliki atmosfer seperti halnya dengan bumi kita. atmosfer ialah gas, uap dan segala benda-benda kecil (misalnya debu ) yang menyelubungi planet yang bersangkutan. Atmosfer venus selalu berawan  sehingga sulit untuk mengetahui sifat permukaannya. Atmosfer yang selalu berawan ini memantulkan cahaya matahari secara sempurna. Itulah sebabnya venus terlihatlebih cerah daripada planet lainnya. Venus merupakan planet yang terdekat  ke bumi. Jaraknya hanyalah 42 juta km. karena ini pulalah venus tampak lebih terang daripada planet lainnya.

3. Bumi

    Bumi adalah planet yang memiliki atmosfer dan suhu yang memungkinkah terjadinya kehidupan. Suhunya tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Atmosfer mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia dan makhluk lainnya karena :
1)   Melindungi bumi dari bahaya sinar ultra violet yang dapat mematikan kehidupan ;
2)   Menyebabkan terjadinya suhu yang memungkinkan makhluk dapat hidup.
    Sifat-sifat bumi dan kedudukan bumi terhadap matahari akan kita pelajari pada bagian khusus mengenai bumi. Berikut ini adalah angka-angka yang menunjukkan  perbandingan besar bumi dengan planet lainnya dalam tata surya kita.
   Jika Bumi = 1, maka Merkurius = 0, 38; Venus = 0,95; Mars = 0,53; Jupiter = 11; Saturnus = 10; Uranus = 3,7; Neptunus  = 3,5; dan pluto  = 0, 47.

4. Mars

    Planet ini sangat menarik perhatian para ahli astronomi karena di duga pada planet ini terdapat kehidupan. Mars merupakan planet yang mudah diamati ciri-cirinya di antara planet lainnya. Planet lainnya sukar diamati dari bumi karena diselimuti awan tebal, atau terlalu jauh untk diamati dari bumi. Para pengamat terdahulu menyamakan permukaan Mars dengan permukaan bumi. pada daerah kutub Mars terdapat selubung putih. pada waktu tertentu selubung ini menghilang, kemudian muncul lagi. para pengamat berpendapat bahwa selubung putih itu adalah es seperti halnya es di kutub-kutub bumi. Ketika selubung putih itu menghilang diduga es itu mencair terkena panasnya cahaya matahari. Ketika suhu dingin kembali, air dikutub Mars menjadi es kembali. Dalam tahun 1877 seorang ahli astronomi bangsa Italia Giovania Schiaperelli mengemukakan adanya saluran-saluran panjang dan lurus. Beberapa pengamat baranggapan bahwa saluran-saluran itu adalah irigasi yang di buat makhluk hidup untuk keperluan pengairan ladang atau sawah. Setelah diadakan pengamatan yang lebih teliti ternyata para pengamat berikutnya berpendapat lain. Mereka menyatakan bahwa saluran itu adalah punggung pegunungan atau untaian kawah.
   Sejak tahun 1900 gagasan tentang adanya air di mars di tinggalkan karena hingga kini belum ditemukan bukti-bukti yang meyakinkan bahwa di Mars terdapat air. penyelidikan terhadap Mars ini masih terus dilakukan karena para ahli masih berharap ditemukannya informasi yang lebih lengkap. Cita-cita para ahli untuk berkaryawisata ke Mars masih terus diusahakan. Para ahli telah menduga bahwa kekuatan cahaya matahari yang jatuh ke Mars sebanyak 2/3 kekuatan cahaya yang menghangatkan bumi.Hal ini memungkinkan untuk terjadinya kehidupan. Atmosfer Mars lebih tipis daripada bumi dan hal ini menyebabkan suhu pada malam hari cepat menurun kemungkinan hingga di bawah nol derajat. Atmosfer dapat di umpamakan sebagai " selimut " . Bila kita berselimut badan terasa hangat, dan juga panas dari luar akan tertahan sehingga terasa tidak terlalu panas. Begitu pula dengan atmosfer bumi. Dengan adanya atmosfer, panas bumi di waktu malam akan tertahan, tidak cepat hilang. sedangkan pada waktu siang hari atmosfer menahan cahaya yanf berbahaya dan mengurangi panas kekuatan cahaya matahari. Sekarang dapatkah kamu menerangkan mengapa perbedaan suhu antara malam dan siang di Mars sangat besar?(1)

5.  Jupiter ( baca : yupiter )

     Kadang-kadang planet ini di sebut planet raksasa karena merupakan planet terbesar di antara planet lainnya. Volumenya 1300 kali lebih besar daripada vulume bumi. Ia jugamemiliki 13 satelit. Bumi hanya memiliki 1 satelit ( bulan ). Jupiter juga mempunyai medan magnet. kekuatannya 10 kali lebih besar daripada kekuatan medan magnet bumi. Jarak antara Jupiter dengan Matahari 778 juta km. Oleh karena itu, cahaya matahari yang jatuh ke planet ini hanya 1/13 kekuatan cahaya yang jatuh ke bumi. Suhu di Jupiter berkisar antara -147 C dan sedikit perubahan suhu di malam hari.

6. Saturnus 

    Saturnus merupakan planet kedua terbesar dalam tata surya. Garis tengahnya 120. 000 kilometer. Sama halnya dengan Jupiter, Saturnus mempunyai selubung angkasa yang tebal yang kaya akan hidrogen dan sabuk-sabuk awan yang tebal. Saturnus mempunyai satu keistimewaan yang bercincin. Cincin itu di perkirakan tersusun oleh debu halus, kerikil kecil, atau bulir-bulir es yang tidak terhingga banyaknya. Telah diketahui bahwa Saturnus mempunyai 10 satelit  ( bulan ), satu di antara ditemuakan tahun1966.

7. Uranus 

    Planet-planet yang di sebutkan di atas telah diketahui sejak beberapa abad yang lalu. Sampai  tahun 1781, para ahli berpendapat bahwa Saturnus adalah planet yang paling jauh. Namun kemudian para ahli menemukan planet lainnya yaitu Uranus, Neptunus, dan Pluto. Uranus sangat jauh dari bumi. Jarak antara Uranus dan Matahari 2. 870 juta km. Uranus berselubung angkasa tebal lagi berawan, Sehingga sulit untuk mengadakan pengamatan secara cermat dari bumi. Hingga saat ini belum banyak diketahui tentang sifat planet ini. telah diketahui bahwa Uranus memiliki lima bulan (satelit).

8. Neptunus 

    Planet ini ditemukan berdasarkan perhitungan matematik. Setelah Uranus ditemukan secara kebetulan,  para ahli segera menentukan besar serta lintasan planet ini, serta mengamati peredarannya secara teliti. Setelah para ahli mengamatinya selama bertahun-tahun mereka berkesimpulan bahwa peredaran Neptunus ini tidak mengikuti lintasan yang seharusnya dilalui. Hal ini mengejutkan para ahli, karena merupakan suatu keanean. Mereka berpendapat bahwa hal ini mungkin di sebabkan oleh pengaruh gravitasi planet lain. Dalam tahun 1846 Adams (bangsa Inggris ), dan Leverrier (bangsa Prancis ) menyampaikan hasil penelitiannya secara matematik kepada Galle, seorang ahli astronomi bangsa Jerman. Pada sore hari tanggal 23 Februari 1846, Galle mengarahkan teropongnya ke lokasi yang di duga Laverrier tempat planet Neptunus Hasilnya? Neptunus ditemukan! suatu hasil karya yang menakjubkan! Informasi mengenai Neptunus  belum banyak di ketahui karena jarak dari bumi sangat jauh. Jarak Neptunus ke Matahari 4. 497 juta km. Neptunus mempunyai dua  bulan.

9. Pluto 

    Pluto mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada ukurah bumi (0,47 x besar bumi), bergaris tengah 6.400 km. setelah planet Neptunus ditemukan (1846) para ahli masih berpendapat adanya kemungkinan di temukannya planet yang lebih jauh dari Neptunus. Percival Lowell ( bangsa Amerika ) mempunyai perhatian besar untuk mencari planet lainnya. Untuk ini ai mengadakan pengamatan selama hampir 25 tahun dan akhirnya ia membuat suatu ramalan lokasi tempat planet beredar. pada tanggal 21 Januari 1930, Pluto ditemukan oleh C.W. Tombaugh pada lokasi sesuai dengan ramalan yang dikemukakan Lowell. Hingga sekarang belum banyak diketahui tentang Pluto ini.
Nama-nama Planet Yang Mengelilingi Matahari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment