BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Istiqamah dan Manfaatnya

PENGERTIAN ISTIQAMAH

1. Arti Istiqamah 
    Hadist di atas menerangkan bahwa seseorang pernah betanya kepada Rasulullah tentang hakikat Islam. Lalu Rasulullah menjawab, bahwa islam itu beriman kepada Allah dan berpendirian yang teguh. 
   Kata (istiqamah) berasal dari kata  artintya secara bahasa adalah "lurus" maksudnya ialah mempunyai pendirian yang mantap dan teguh. 
   Secara umum istiqamah berarti bersikap teguh berpegang kepada suatu yang diyakini kebenarannya, dan ia tidak mau merubah keyakinannya itu dalam keadaan begaimanapun, baik ia dalam keadaan susah atau senang, dalam keadaan sendiri atau ketika berada dengan orang lain. 
2. Istiqamah dan Kebersihan Hidup 
    Sikap istiqamah (teguh dan pendirian) akan mawarnai sikap seorang muslim. Pendiriannya tidak mudah goyah, dan tidak mudah berubah. Sikap di atas menyebabkan seorang disegani dan dihormati orang lain.
    Pengalaman membuktikan bahwa kebersihan yang besar hanya dapat di capai oleh orang yang mempunyai pendirian yang teguh, tidak cepat goyah, tidak mudah diombang-ambingkan  oleh keadaan dan suasana karena orang tersebut berpegang pada niat yang teguh dan imam yang kokoh. tapi ingat, keteguhan yang selalu berada di jalan yang diridhai Allah Swt. 
  Kita ambil contoh, islam tidak akan dapat berkembang dan mencapai kemenangan jika Rasulullah dan para pengikutnya ketika berjuang dahulu tidak mempunyai dasar iman yang kokoh dan tidak teguh dalam pendirian atau istiqamah. 
    Dalam sejarah kita jumpai, bagaimana Nabi Muhammad Saw. Tetap mempunyai pendirian yang teguh dalam menyebarkan dakwah islamiyah, kendatipun banyak mendapat ejekan, cemoohan, cacian, hinaan dan siksaan. hasilnya apa yang kita lihat dan rasakan seperti sekarang ini. untuk mempertahankan keyakinannya terhadap ke-Esaan Allah, Bilal rela di jemur diterik matahari sementara tubuhnya ditindih dengan batu besar. para sahabat Nabi rela meninggalkan kampung halaman yang dicintainya yaitu Mekkah untuk berhijrah menuju Madinah sementara hartanya ditinggalkan begitu saja. Semua itu tidak lain dalam rangka mepertahankan keyakinannya tentang kebenaran Islam,dengan istiqamah.
    Seorang siswa yang bertekad ingin berhasil misalnya, akan teguh dengan pendiriannya, walaupun di dalam menuntut ilmu banyak mendapat cobaan dan kesulitan.
3. Macam-macam Istiqamah 
    Sementara itu para ulama membagi istiqamah menjadi lima macam, yaitu :
    Pertama : Istiqamaah lidah, yaitu tetap ingat  (dzikir ) kepada Allah dengan mengucapakan syukur atas segala nikmat yang diberikan-Nya.
    Kedua   : Istiqamah badan, yaitu membiasakan diri kita menaati segala perintah Allah, memiliki perasaan malu kepada Allah dan kepada manusia. 
    Ketiga  :  Istiqamah hati, senantiasa takut kepada Allah, tidak berputus asa, baik kepada waktu sehat maupun dalam kadaan sakit, dan berbuat baik sangka kepada Allah. 
    Keempat : Istiqamaah jiwa, yaitu selalu benar dan suci jiwa dari kenistaan dan maksiat. 
   Kelima  :  Istiqamaah hidup, yaitu seleruh hidup kita tujukan untuk memperoleh keridhaan Allah. Swt.
   Isi kandungan hadist yang sedang kita pelajari ini sejalan dengan maksud Al-Qur'an surat Fushshilat ayat 30: 
Artinya : 
"Sesungguhnya Orang-Orang yang berkata: "tuhan kami adalah Allah" , kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), "janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa bersedih hati; dan bergembilah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah di janjikan kepadamu". (QS. Fushshilat : 30) 
   Ayat di atas menyatakan bahwa orang yang teguh pendiriannya mengakui hanya Allah sebagai Tuhannya, serta akan mendapat kemenangan hidup, hilang rasa takut, sedih, putus asa dan lain sebagainya. 
  Jadi, kita sebagai umat islam harus mempunyai keteguhan hati dalam meyakini kebenaran agama islamdan melaksanakan semua ajarannya.

MANFAAT ISTIQAMAH

 Tidak di ragukan lagi bahwa manfat beristiqamaah dalam meyakini kebenaran islam adalah menjadikan seseorang tetap terpelihara kehormatan dan kemuliannya sebagai manusia, karena ia tidak muda terkena bujukan yang dapat menyesatkannya. Tidak mudah putus asa saat menghadapi masalah seberat apapun, dan ia tidak akan lari dari kesulitan yang sedang di hadapinya. Ia yakin benar bahwa Allah bersamanya. Dalam jiwanya sudah terpatri kalimat bahwa kebenaran datangnya dari Zat yang maha besar, yaitu Allah Swt. Dialah maha pencipta, Dialah pemberi rezeki, Dialah pemberi derajat dan kedudukan terhormat kepada manusia di dunia ini. 
  Manfaat lain ialah orang yang beristiqamah dalam  hal kebaikan, kapanpun dan dimana pun ia berada, akan memperoleh kesuksesan.
Pengertian Istiqamah dan Manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment