BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Susunan Dan Golongan Darah

Dalam tubuh darah merupakan kebutuhan untuk kelansungan hidup manusia, namun darah tersebut terdiri dari dua bagian yakni darah yang cair dan darah yang padat. Bagian darah yang cair disebut dengan plasma darah, sedangkan bagian darah yang padat terdiri dari sel-sel darah merah, sel-sel darah putih dan keping-keping darah. Adapun susnan bagian-bagian darah itu sebagai berikut :
 Susunan Darah/ Bagian- Bagian Darah  
A. Palsma darah
     Bagian darah yang cair di sebut plasma. Plasma darah ini terdiri dari 90% air. Di dalamnya, terdapat berbagai macam zat seperti zat gula, zat  protein, lemak, dan garam-garam, misalnya garam dapur, dan berbagai zat yang perlu dibuang dai tubuh.
    Di dalam plasma darah terdapat juga yang disebut fibrinogen. Zat ini sangat berguna dalam penyembuhan luka. Apabila bagian tubuh kita luka, zat ini segera berubah menjadi benang-benang fibrin dan luka segera tertutup oleh benang-benang ini sehingga darah tidak terus mengalir.
B. Sel-Sel Darah Merah
     Sel darah merah berbentuk pipih, bundar, dan cekung di bagian tengahnya.
     Sel-Sel darah merah di buat di dalam kura, hati, dan sumsum merah yang terdapat di dalam tilang-tulang pipih. Setelah sel darah merah ini beredar 120 hari rusaklah sel-sel darah itu. Tentu harus ada penggantinya! Oleh karena itu, tubuh terus menerus membuat sel-sel darah merah ini. Dapatkah kamu pahami bila seseorang mengalami kerusakan hati, kura, dan sumsum merah? Coba kemukakan apa akibatanya. (1).
     Orang yang menderita kekurangan darah berarti kekurangan darah merah. Mereka biasanya merasa lelah, lesu, dan pusing kepala. anemia adalah istilah untuk penyakit kekurangan darah.
C. Sel-Sel Darah putih
     Sel darah putih tidak mepunyai bentuk yang tetap. Bergerak aktif bahkan dapat menerobos dinding pembuluh darah. Sel darah putih di buat di kura  (limpa), sumsum merah , dan di kelenjer- kelenjer getah bening.
D.  Keping-Keping Darah
     Bentuk keping darah tidak teratur. Di buat di dalam sumsum merah.
Golongan Darah 
   Pada zaman dahulu orang menghira bahwa semua orang mempunyai sarah yang sama. Dari pengalaman di ketahui bahwa pemindahan darah dari seorang ke orang lain tidak selalu berhasil. ini di sebabkan oleh adanya perbedaan darah.
   Pada tahun 1900 landsteiner, seorang ahli ilmu penyakit kelahiran wina (1868-1943) menemukakan bahwa ada empat golongan darah yang di sebutnya golongan A, AB,B,dan O. orang yang bergolongan darah yang sama dapat saling menerima atau memberikan darahnya tanpa halangan. orang bergolongan darah A hanya dapat menerima darah dari  golongan A. orang yang bergolongan darah B hanya dapat menerima golongan darah B. begitu pula orang bergolongan darah AB atau  O hanya dapat menerima darah dari yang segolongan. dalam keadaan terpaksa orang bergolongan darah AB dapat menerima semua golongan darah, dan golongan darah O dapat di sumbangkan kepada orang yang bergolongan darah A, B, AB, atau O.
   Sebaiknya kamu mengetahui golongan darahmu. Hal ini sangat penting, karena mempermudah para petugas atau dokter dalam memberi bantuan tambahan darah kepada seseorang yang memerlukan. Untuk mengetahui golongan darah ini tidaklah sulit, datanglah ke PMI untuk memeriksa golongan darah.
  Agar tubuh tidak kekurangan darah apa yang harus kita lakukan? ingat makanan dan kesehatan!
Susunan Dan Golongan Darah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment