BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Asbabun Nuzul Surah Al-Kafirun




بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

قُلْ يَٰٓأَيُّهَا ٱلْكَٰفِرُونَ ﴿١﴾ لَآ أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَآ أَنتُمْ عَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَآ أَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَآ أَنتُمْ عَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِىَ دِينِ ﴿٦

  1. Katakanlah : "Hai orang-orang kafir
  2. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
  3. Dan kamu bukan penyembah apa yang Aku sembah
  4. Dan Aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
  5. Dan kamu tidak pernah pula menjadi penyembah Tuhan yang Aku sembah
  6. Untukmu agamamu dan untukkulah agamaku

Asbabun Nuzul Surah Al-Kafirun.

    Turunnya surah Al-kafirun dilatar belakangi oleh ajakan kaum musyrikin Quraisy yang selalu berupaya untuk membendung dakwah Rasulullah s.a.w. dengan bujukan sampai dengan cara penyiksaan dan intimidasi namun tetap mengalami mengalami kegagalan. Akhirnya timbul gagasan mereka untuk mengajak kompromi Rasulullah. Para pembesar dan algojo kafir Quraisy mengajak Rasulullah beserta para sahabat nabi untuk menyembah apa yang mereka sembah selama 1 tahun,kemudian 1 tahun berikutnya mereka juga menyembah Allah Swt. dengan tuntunan Rasulullah.
    Dari peristiwa itulah sehingga Allah menurunkan surah Al-Kafirun dan menjadi jawaban dari Rasulullah atas ajakan para pemuka Kafir Quraisy untuk bertukar keyakinan. Dan Rasulullah dengan tegas menolak ajakan mereka dengan berkata kepada mereka "Aku tidak akan menjadi penyembah apa yang kamu sembah" dan beliau pun menyaatakan bahwa mereka orang-orang kafir Quraisy pun tidak akan ikhlas akan menyembah Allah sebagaimana yang mereka janjikan kepada Rasulullah. Dan pada ayat yang terakhir semakin tegas sikap yang ditunjukkan oleh Rasulllah dalam hal aqidah. Bahwasanya dalam hal beribadah maka kita berhak untuk melaksanakan ajaran sesuai dengan tuntunan agama kita, dan orang kafir pun bebas ntuk melaksanakan aktivitas peribadatan mereka sesuai keyakinan dan kepercayaan mereka.
    Oleh karena itu maka jelaslah tidak ada paksaan dalam menganut agama islam, namun begitu, jalan yang benar dan jalan yang sesat sangat jelas, karena Allah swt sudah memberikan dua jalan didunia ini, jalan kebenaran dan jalan kesesatan terserahlah manusia mau memilih jalan yang mana. Lukmanul hakim pernah berkata kepada anaknya : "Wahai anakku jika kamu masih membutuhkan Tuhan Allah silahkan kamu berbuat baik dan ikuti semua perintahnya, akan tetapi jika kamu tidak membutuhkan Tuhan Allah silahkan berbuat apa yang kamu inginkan.
 
Asbabun Nuzul Surah Al-Kafirun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment