BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Tipe Gunung Merapi

Tipe letusan gunung merapi ditentukan oleh beberapa faktor, yakni viskositas atau kekentalan magma, tekanan magma, kedalaman dapur magma, dan bahan-bahan yang dikeluarkan. Berdasarkan hal tersebut maka letusan gunung merapi mempunyai tipe-tipe sebagai berikut :
  1. Tipe hawai ,terjadi karna lava  yang sangat cair dan bentuknya seperti perisai atau tameng .contoh :gunung maona loa ,maona kea ,dan kilauea di hawai .
  2. Tipe Stromboli .letusannya bersifat spesifik ,yaitu letusannya terjadi dengan jarak atau interval waktu yang hampir sama .gunung api Stromboli d kepulauan lipari jarak waktu letusannya 12 menit .jadi setiap 12 menit lava mendidih ,kemudian terjadi letusan .contoh lain adalah gunung vesuvius (italia ) dan gunung Raung (jawa ).
  3. Tipe vulkano ,letusannya mengeluarkan  material  padat seperti  bom .abu,lapili ,serta bahan -bahan padat  dan cair atau lava .Tipe letusan ini dikelompokkan atas kekuatan erupsi dan kedalaman dapur magmanya .contoh:gunung vesuvius dan Etna di italia ,serta semeru di jawa Timur.  
  4. Tipe merapi ,letusannya mengeluarkan lava kental sehingga menyumbal mulut kawah .akibatnya ,tekanan menjadi semakin bertambah kuat sehingga sumbatan terangkat pecah-pecah .sumbatan yang pecah -pecah terdorong ke atas yang akhirnya terlempar keluar ,menuruni lereng gunung sebagai ladu (gloedlawine).selain itu ,terjadi pula awan panas (gloedwolk).
  5. Tipe perret  atau plinian ,letusannya sangat berbahaya dan sangat merusak lingkungan .pada tipe ini ,material yang di lemparkan mencapai ketinggian sekitar 50 Km (gunung krakatau ,1883). letusan tipe ini dapat membobol puncak vulkan  hingga dinding kawah melorot atau melemparkan ke pundan .contoh :gunung krakatau tahun 1883 dan St.Helena tanggal 18 Mei 1980 .
  6. Tipe pelee,letusan biasanya terjadi jika di puncak gunung api terdapati sumbatan kawah yang bentuknya seperti jarum sehingga menyebab-kan tekanan gas menjadi bertambah besar .apabila sumbatan kawah tidak kuat ,gunung tersebut meletus ,dan mengeluarkan awan panas .contoh:gunung peleedi pulau martinique .
  7. Tipe Sint Vincet ,letusan ini terjadi pada gunung api yang mempunyai danau kawah .selanjutnya ,jika gunung api tersebut meletus ,air danau kawah akan tumpuh bersama lava .letusan ini mengakibatkan daerah di sekitar gunung tersebut akan di terjang lahar panas yang sangat berbahaya ,juga awan panas .contoh :letusan gunung kelud tahun 1919 dan gunung Sint vincent tahun 1902.
Tipe Gunung Merapi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment