BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan

Hama dan penyakit pada tanaman dapat menyerang akar, batang, daun, bunga, dan buah. Hama adalah hewan yang aktivitas hidupnya merusak tananman dan hasilnya. hama tanaman dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu :
  1. Kelompok serangga, misalnya belalang, kutu daun, dan ulat. Sedangkan walang sangit menyerang biji terutama padi yang muda.
  2. Kelompok mamalia, misalnya babi dan tikus menyerang umbi (akar) dan biji. Tupai dan kalelawar menyerang buah.
  3. Kelompok burung, misalnya burung pipit, gelatik, dan manyar menyerang biji terutama padi
Penyakit tanaman dapat menyebabkan lambatnya pertumbuhan, bahkan mematikan tanaman. Penyakit adalah gangguan pada tanaman yang disebabkan oleh faktor lingkungan, mikroorganisme (bakteri, Virus), nematoda, maupun cendawan. Adapun penyebab penyakit pada tanaman antara lain meliputi :

1. Bakteri

     Masuknya bakteri pada tanaman dapat melalui luka kecil, atau melalui stomata. Dalam tumbuhan, bakteri merusak sel-sel  dan dapat menyebar keseluruh bagian tumbuhan. Tanda-tanda tumbuhan yang terserang oleh bakteri, antara lain tumbuhnya bercak-bercak lubang pada buah atau daun. Pada tumbuhan mentimun serangan bakteri dapat menyebabkan layu yang mengakibatkan mati mendadak. Contoh bakteri lain yang menyebabkan penyakit pada tanaman adalah pseudomonas cattlayae, yaitu bakteri penyerang tanaman anggrek.

2. Virus.

     Tanaman yang terserang oleh virus menunjukkan tanda berupa bercak berwarna kuning pada daunnya. Penyakit dengan jenis tersebut dikenal dengan mosaik. Jenis penyakit yang menyebabkan penyakit tersebut antara lain potato virus mosaik (PVM) yang menyerang tanaman kentang dan cucumber mosaik virus  (CMV) yang menyerang tanaman mentimun, dan tomato bushy strent virus (TBSV) yang menyerang tanaman tomat.
     Selain menyerang daun, ada juga virus yang menyerang jaringan pengangkut pada tumbuhan, virus CVPD ( citrus vein phloem degeneration) adalah jenis virus yang menyerang pembuluh tipis tanaman jeruk.Tanda-tandanyaberupa daun menguning dan pertumbuhan kucup melambat, stadium selanjutnya daun-daun gugur sehingga tanaman kurang produktif.

3. Jamur

    Penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh jamur dapat cepat menular pada tanaman lain karena spora jamu mudah disebarkan oleh angin. Beberapa macam jamur yang menyebabkan penyakit pada tanaman antara lain Pyricularia Oryzae, phytophthora infestans, pythium debaryanum. 
    Pyricularia Oryzae merupakan jamur yang menyerang ruas-ruas tanaman dan biji padi. Akibat dari serangan jamur ini produktivitas tanaman padi menjadi berkurang.
    Phytophthora infestans, adalah jamur yang menyerang tanaman kentang. Daun tanaman kentang yang diserang menjadi rusak sehingga produktivitas tanaman menjadi berkurang
    Pythium debaryanum, adalah jamur yang menyerang kecambah atau bibit tanaman, sehingga mengalami busuk akar dan menyebabkan kecambah atau bibit tanaman rebah ketanah.
Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment