BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Penyimpanan Hukum Mendel

Para ilmuan menemukan beberapa penyimpanan hukum mandel, penyimpanan. Penyimpanan yang terjadi hanya merupakan penyimpanan semu karena pola dasarnya masih sama dengan hukum mendel. Peristiwa apa saja yang menunjukkan penyimpanan semu hukum mandel dan pernahkah melihat melihat dalam kehidupan sehari-hari ?. Penyimpanan semu hukum mendel yaitu terjadinya suatu kerja sama berbagai sifat yang memberikan fonotipe berlainan, tetapi masih mengikuti hukum-hukum perbandingan genotipe dari mendel. Penyimpanan semu ini terjadi karna adanya 2 pasang gen atau lebih yang saling memengaruhi dalam memberikan fenotipe pada suatu individu .peristiwa saling memengaruhi antara 2 pasang gen atau lebih di sebut interaksi gen.penyimpangan semu akibat interaksi gen ada lima macam ,yaitu epistasi dan hipostasi ,kriptomeri ,polimeri ,gen-gen komplementer ,serta atavisme .

1.Epistasi dan Hipostasi 
    Sebuah atau sepasang gen yang menutupi  ekspresi gen lain yang tidak sealel di sebut gen epistasis .gen yang di kalahkan tersebut di namakan gen hipostasis  .pristiwa ini di  sebut epistasi dan hipostasi.

2.Kriptomeri  
    Kriptomeri adalah peristiwa munculnya karakter gen dominan jika bersama -sama dengan gen dominan lainnya .jika gen berdiri  sendiri ,karakternya akan tersembunyi (kriptos ).contohnya warna bunga li nnaria  maroccana yang ditentukan oleh pigmen hemosianin dan sifat keasaman plasma sel .pigmen hemosianin akan berwarna merah pada plasma yang asam dan berwarna ungu pada plasma yang bersifat basa .warna ungu merupakan hal yang tidak biasa karena merupakan fenotipe  baru .

3.Polimeri  
       Polimeri merupakan bentuk interaksi gen yang bersifat kumulatif (saling menambah ).polimeri terjadi karena adanya interaksi antara dua gen atau lebih sehinnga disebut gen ganda .peristiwa ini mirip dengan persilangan dihibrid dominan tidak penuh  (intermediat ).contoh persilangan gandum berbiji merah gelap (M1M1M2M2) dengan gandum berbiji putih (m1m1m2m2) diperoleh perbandingan fenotipe F2-nya =merah :putih =15:1 .berdasarkan perbandingan tersebut sebenarnya polimeri tidak menyimpang dari hukum mendel karena jika ditelaah perbandingan 15:1berasal dari perbandingan (9 + 3 + 3):1.

4. Gen-gen Komplementer
    Gen-gen komplementer adalah gen yang saling berinteraksi dan saling melengkapi sehingga memunculkan fonotipe tertentu. Apabila ada salah satu gen tidak hadir maka muncullah krakter fenotipe tersebut tidak muncul dan tidak sempurna. Contohnya pada warna bunga lathyrus odoratus. Terdapat dua gen yang saling berinteraksi dalam memunculkan pgmen bunga.

5. Atavisme (Interaksi beberapa pasang alel)
    Atavisme merupakan interaksi beberapa gen yang mengakibatkan menghilangnya suatu sifat keturunan dan memunculkan suatu sifat keturunan yang berbeda dengan induknya, tetapi sifat induk akan muncul kembali pada generasi selanjutnya.
Penyimpanan Hukum Mendel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment