BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Penerapan Hukum Pascal

Penemu
                         Blaise Pascal ( 1623-1662)
                              

Hukum Pascal. adalah diambil dari nama yang menemukan teori tersebut yang bernama   Blaise Pascal Ia juga di kenal sebagai ahli matematika, filsafat, sastrawan, dan biarawan. pascal lahir pada tanggal 19  juni  1623 di Clermont Ferrand, prancis  dan  meninggal pada tanggal  19 Agustus  1662.
Ayah pascal seorang hakim pengadilan pajak. sejak umur 12 tahun,ia dapat menguasai dalil dan ajaran Eucilides. pada umur 16 tahun ia menulis buku kecil tentang kerucut.  karena  seringnya melihat ayahnya menghitung pajak, pascal membuat mesin hitung (kalkulator) di gital yaang pertama di dunia.

Penerapan Hukum Pascal 

           Alat praktis yang menggunakan prinsip pascal dapat anda amati pada dongkrak hidrolik dan rem mobil. 

a.Dongkrak  Hidrolik 
Dongkrak Hidrolik banyak di gunakan untuk mengangkat mobil pada saat penggantian ban dan memperbaiki kerusakan, serta mau membersihkan bodi mesin. prinsip kerja dongkrak hidrolik terihat pada Gambar 7.7.jika pengisap atau torak P1di tarrik ke atas, klep K1 membuka dan klep K2 menutup.akibatnya,minyak dari tabung A masuk ke tabung I. jika pengisap P1di tekan ke bawah, klep  K1 menutup dan klep K2 membuka. akibatnya, minyak dari tabung I masuk ke tabung II.minyak yang berada di tabung II itulah yang mempunyai  gaya tekan ke atas sangat besar,sampai mobil pun dapat di angkatnya.hal itu di sebabkan luas penampang P1 jauh lebih kecil daripada  P2.
Alat lain yang prinsip kerjanya sama dengan dongkrak hidrolik  adalah  kempa hidrolik.namun,
penampng II pada dongkrak hidrolik di ganti dengan alat  pengempa. alat ini di gunakan untuk memaras minyak dari biji -bijian, mengepak kapas,serta mencetak pelat logam  menjadi alat-alat seperti panci dan tempat abu rokok .

b.Rem mobil 
Hukum Pascal juga banyak di terapkan pada rem mobil yang di sebut rem hidrolik (perhatikan gambar 7.8). jika pedal rem di tekan, minyak dalam silinder utama akan tertekan.tekanan itu di
teruskan ke tempat silinder roda dengan sama rata.selanjutnya, minyak dalam silinder roda menekan rem dengan kuat mengenai tromol rem. akibatnya,  timbul gesekan antara bantalan rem dan tromol rem. gesekan itulah yang menghambat laju mobil.
Penerapan Hukum Pascal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment