BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi Indonesia

Menegakkan  demokrasi  adalah jalan panjang dan berliku.di dalam negara yang menganut budaya demokrasi, rakyat adalah pemerintah dan subjek kedaulatan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. dalam praktiknya, demorasi bagi rakyat berakhir ketika mereka memberikan suara di tempat pemungutan suara. apa yang di janjikan ternyata tak kunjung tiba. politisi menjadi penguasa, rakyat tetap menderita.dapatkah demokrasi menghantarkan bangsa ini kepada kesejahteraan bangsa? ini sangat tergantung pada kesiapan bangsa Indonesia untuk menjadikan demokrasi sebagai sarana bukan tujuan.

Prinsip -Prinsip Budaya Demokrasi

Pada dasarnya budaya demokrasi yang berlaku di dunia ada dua macam, yaitu demokrasi konstitusional dan demokrasi proletar. 

1.  Demokrasi  Konstitusional 
Ciri  khas  demokrasi  konstitusional  bahwa pemerintah yang dimokratis adalah pemerintah yang kekuasaannya terbatas dan tidak bertindak sewenang -wenang  terhadap warga negaranya. pembatasan kekuasaan pemerintah tercantum dalam konstitusi atau pemerintah berdasarkan konstitusi (constitutional government ). demokrasi konstitusional dianut antara lain oleh negara -negara Eropa Barat, Amerika Serikat,  India, Pakistan, Indonesia, Filipina, atau  Singapura.

2.   Demokrasi Proletar 
Demokrasi  proletar  adalah  demokrasi yang berlandaskan ajaran komunisme dan  marxisme. paham demokrasi ini tidak  mengakui hak asasi warga negaranya. karena itu ajaran demokrasi proletar bertentangan dengan ajaran demokrasi konstitusional. paham demokrasi  proletar banyak dianut antara lain negara-negara Eropa Timur, Kuba, RRC, Korea Utara, Vietnam, atau  Rusia,
Ada berbagai prinsip budaya demokrasi yang di kemukakan  oleh  tokoh-tokoh  demokrasi  dunia  Namun secara umum,  inti dari  demokrasi itu adalah sama.

1.  Prinsip -Prinsip  Budaya  Demokrasi secara  Universal 

           Prinsip-Prinsip  demokrasi secara universal antara lain sebagai berikut.
  • Kekuasaan  suatu negara yang sebenarnya berada di tangan rakyat atau kedaulatan ada di tangan rakyat 
  • Masing-Masing  orang bebas berbicara,  mengeluarkan pendapat,  beda pendapat,  dan tidak ada paksaan.
Dari dua prinsip dasar tersebut,  konferensi tahun 1965 menegaskan bahwa syarat-syarat negara demokrasi sebagai berikut.
a.   Adanya  Perlindungan  HAM  secara yuridis  konstitusional.
b.   Adanya  Kebebasan  mengeluarkan  pendapat.
c.   Adanya  Kebebasan   berserikat,  berorganisasi, dan beroposisi.
d.   Adanya  Pendidikan   Politik  warga negara.
e.   Adanya  Badan  peradilan  yang  bebas dan adil.

2.  Prinsip -Prinsip  Budaya  Demokrasi  Pancasila 

Pelaksanaan  demokrasi pancasila berarti  menjaga persatuan dan kesatuan bangsa  dan negara, saling menghargai serta selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan. kegiatan sosial politik masyarakat atas dasar demokrasi pancasila, bersumber pada kepribadian dan pandangan hidup bangsa.  hal ini tertuang dalam :
  1. Pembukaan  UUD  1945 Aliena IV.
  2. Batang  Tubuh  UUD  1945.
Dengan demikian,  prinsip keadilan dan kebenaran harus di tegakkan dalam mengambil suatu keputusan. hal itu menyangkut harkat dan martabat manusia yang harus dihormati dan dijunjung tinggi.  
Menurut Henry B.Msyo (Budiardjo,1980),sejumlah nilai yang menjadi landasan  pelaksanaan demokrasi, yaitu sebagai berikut. 
  1. Menyelesaikan perselisihan secara damai dan melembaga.
  2. Menjamin terselenggaranya perubahan masyarakat secara damai.
  3. Menyelenggarakan pergantian pemimpin secara teratur.
  4. Membatasi penggunaan kekerasan seminimal mungkin. 
  5. Mengakui dan menganggap wajar adanya keanekaragaman dalam masyarakat, tercermin dalam keanekaragaman pendapat, kepentingan dan tingkah laku
Berdasarkan uraian di atas, prinsip-prinsip budaya demokrasi Pancasila berkait erat dengan prinsip-prinsip budaya demokrasi secara universal. Kedua  prinsip tersebut sama-sama menghormati dan mengakui hak asasi warga negara.

Prinsip-prinsip demokrasi Pancasila antara lain sebagai berikut :
  1. Kedaulatan ditangan rakyat
  2. Pengakuan dan perlindungan terhadap hak asasi manusia
  3. Pemerintah beradasarkan hukum konstitusi
  4. Peradilan yang bebas dan tidak memihak
  5. Pengambilan keputusan atas musyawarah
  6. Adanya partai polotik dan organisasi sosial politik
  7. Pemilu yang demokratis
Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment