BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Ilmu JIwa Sosial Pengertian Dan Pokok-Pokok serta Objek Material

Psikologi sosial atau ilmu jiwa sosial memerlukan sedikit pengethuan pendahuluan supaya isinya lebih mudah di mengerti yakni sedikit pengetahuan mengenai psikologi serta pengertian akan persoalannya, sebab ilmu jiwa sosial sebenarnya merupakan cabang dari ilmu pengetahuan psikologi pada umumnya. Psikologi sosial merupan juga suatu ilmu pengetahuan yang baru saja timbul dalam masyarakat modern. Karena psikologi itu sendiri adalah ilmu pengetahuan yang baru timbul kira-kira se abad yang lalu, dan baru memeulai pernanan dalam masyarakat modern ketika dipergunakan test intelegensi pada permulaan abad ke 20, yaitu pada lapangan pendidikan psikologi kemiliteran. Lalu pertanyaannya apakah sebenarnya psikologi sosial itu ?

Pengertian Psikologi sosial

Psikologi sosial adalah cabang dari ilmu pengetahuan psikologi. Dimana psikologi dapat dibagi-bagikan kedalam psikologi umum dan psikologi khusus, dimana psikologi umum bermaksuk untuk menyelidiki dan menerangkan kegiatan-kegiatan manusia pada umumnya. Sedangkan psikologi khusus bermaksud menerangkan dan menyelidiki segi-segi khusus darikegiatan jiwa itu.
Diantara beberapa cabang psikologi khusus, terdapat psikologi sosial yang menguraikan dan menerangkan kegiatan-kegiatan manusia khususnya kegiatan dalam berhubungan dengan situasi-situasi sosial dan situasi sosial itu adalah situasi dimana terdapat interaksi (hubungan timbal balik) antar orang ataupun antar orang dan hasil kebudayaan orang.

Pokok-pokok Ilmu Jiwa Sosial 

Untuk sekedar memperoleh bayangan mengenai hal-hal yang dipelajari dalam ilmu jiwa sosial itu, berikut beberapa pokok-pokok ilmu jiwa sosial diantaranya :
  • Mengenai hubungan antar manusia
  • Sifat-sifat dan struktur kelompok
  • Pembentukan norma sosial 
  • Peranan kelompok dalam perkembangan individu
  • Mengenai kepemimpinan
  • Mengenai dinamika kelompok
  • Mengenai sikap sosial
  • Mengenai perrubahan sikap sosial

Objek Material Ilmu Sosial

Dengan menyebut beberapa pokok-pokok di atas dapat memperoleh gambaran tentang isi materi ilmu jiwa sosial yang berhubungan tentang kehidupan sosial manusia. Sedangkan objek material dari ilmu jiwa sosial adalah fakta-fakta dan kejadian-kejadian dalam penghidupan sosial manusia dalam masyarakatnya, atau dengan kata lain gejala-gejala sosial
Salah satu ilmu sosial yang mempelajari gejala-gejala kemasyarakatan ialah ilmu sosiologi, suatu ilmu pengetahuan modern. Oleh karena itu psikologi sosial dengan sosiologi sangat erat sekali yang satu dengan yang lain, sehingga bisa dikatakan bahwa ilmu jiwa sosial suatu cabang dari ilmu sosiologi dan ilmu psikologi sosial adalah merupakan cabaang dari ilmu pengetahuan psikologi
Ilmu JIwa Sosial Pengertian Dan Pokok-Pokok serta Objek Material Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment