BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Beberapa saat setelah kelahiran seorang bayi, maka organ pernafasan, organ pencernaan dan  organ ekskresi bayi mulai berfungsi daan menyusaikan diri dari kehidupan barunya diluar kandungan. kelahiran seorang bayi adalah suatu kebahagiaan yang tidak bisa kita ukur. kelahirannya disambut dengan haru, tangis dan tawa muncul disekeliling keluarga. Hari-hari pertama kelahiran bayi adalah hari kesibukan terutama ibu, mulai dari memberi ASI sampai menidurkan anaknya. dalam beberapa minggu, maka bayi lambat laun sudah bisa beradaptasi dan bisa merspon setiap suara bahkan sudah bisa mengenal suara, wajah dan sentuhan ibunya. Ada beberapa tahapan dalam pertumbuhan dan perkembangan balita anatara lain sebagai berikut :

Tahapan-Tahapan dan Perkembangan Bayi
  1. Pada usia 0-3 bulan, adalah masa pertumbuhan visual.Pada usia itu gerakan refkles bayi sedikit demi sedikit aakan menghilang dengan tergantikan oleh gerakan motorik yang kasar, bayi pada saat itu sudah bisa tersenyum dan bisa menatap serta sudah bisa mengeluarkan suara bahkan tidak jarang bayi sudah bisa mengangkat kepala dan tidur tengkurap.
  2. Pada usia 3-4 bulan, masa bayi dimana sudah bisa melihat lebih jelas, dapat ditenangkan saat menangis serta sudah bisa tertarik pada hal-hal yang dilihat disekelilingnya.
  3. Pada usia 4-6 bulan, bayi sudah mulai menggunakan tangan dan kakinya untuk sedikit bersenang-senang, kontrol tubuhnya sudah mulai meningkat. Pada masa ini adalah suasana yang sangat membahagiakan karena bayi sudah bisa bermain dengan kedua tangannya, kakinya sudah bisa menendang-nendang, bahkan bayi sudah bisa di ajak tertawa. Bayi pada saat itu sudah bisa membedakan suara disekelilingnya. Oleh karena itu peran orang tua sangat dibutuhkan
  4. Pada usia 6-9 bulan, bayi tersebut sudah mulai pintar duduk dan merangkak, sudah bisa mengamati apa yang ada disekelilingnya dan berusaha meraihnya. Pada masa ini ibu sudah bisa memberikan makanan tambahan selain dari ASI, makanan tersebut harus yang lembut karena pencernaan bayi belum mampu mengolah makan yang agak keras. Pada masa ini bayi sudah menggemaskan karena sudah banyak tingkanya yang lucu.
  5. Pada usia 9-12 bulan, anak sudah mulai berdiri dan berjalan dengan bantuan benda disekelilingnya seperti meja, kursi atau yang lainnya dan perlahan bisa berdiri sendiri tanpa ada bantuan. bahkan sudah bisa mengambil benda yang jatuh dari tangannya dan memungutnya dengan dua jari. Pada usia ini bayi sudah bisa bicara
 Hal-hal yang harus diperhatikan pada bayi
Semua orang tua akan merasakan bahagia dan senang kalau melihat bayi sehat. Oleh karena itu seorang ibu harus senantiasa menjaga dan mengantisifasi hal-hal yang bisa menyebabkan anak jatuh sakit, karena salah satu penyebab anak mengalami penurunan pertumbuhan disebabkan oleh seringnya sakit-sakitan. Dan beberapa gejala-gejala yang harus diantisipasi oleh seorang ibu, apabila gejala tersebut terdapat pada bayi maka seharusnya di bawah kedokter, antara lain : Tidak mampu mengisap susu ibu dengan baik, tidak mampu menopang/menegakkan kepala dengan baik, terlihat sangat kaku, tidak bisa merespon suara atau senyuman, tidak tertarik dan berintreraksi pada benda disekelilingnya.





Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment