BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Fungsi Mineral Dan Jenis makanan Yang Mengandung Mineral



Mineral adalah ibarat busi bagi sebuah kendaraan, yang bisa menghidupkan dan menggerakkan alat-alat  mesin, bagi manusia mineral suatu kebutuhan yang mendasar dan  sangat penting pada tubuh manusia, meskipun dibutuhkan dengan kadar yang sedikit karena minerallah yang dapat melancaran kerja alat-alat tubuh, mineral mempunyai fungsi yang sangat penting. Ada beberapa macam mineral yang sangat penting dalam tubuh manusia antara lain yang kami akan paparkan satu persatu secara terperinci disertai dengan makanan-makanan yang dapat mengandung mineral, untuk lebih jelasnya kita lihat penjelaskan dibawah ini,

  Fungsinya Mineral dan Jenis Makanan Yang Mengandung Mineral

1. Kalsium (Ca)
Kalsium disebut juga Zat kapur. Kalsium merupakan mineral yang paling bayak terdapat dalam tubuh serta paling dibutuhkan. Kebutuhan kalsium setiap tubuh berbeda-beda. Anak-anak pada masa pertumbuhan, remaja, wanita hamil, dan ibu sedang menyusui memerlukan kalsium dengan jumlah yang lebih banyak. Kalsium berfungsi sebagai bahan pembentuk tulang, kontraksi otot daan membantu proses pembekuan darah apabila terjadi luka.
Adapun bahan makanan yang banyak mengandung zat kapur atara lain : susu, telur, kacang-kacangan, ikan dan kentang. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh, pembentukan tulang tidak sempurna, dan menimbulkan kekejangan otot.

2. Fosfor (P)
Fosfor merupakan  bagian dari kerangka struktur molekul biologis, fosfor biasanya ditemukan dialam bersenyawa dengan oksigen sebagai fosfat dan kebanyakan terdapat dalam tubuh manusia terdapat pada tulang, juga merupakan komponen dari membran sel dan kolestrol. Oleh karena itu disamping fosfor berfungsi sebagai bahan pembentuk tulang bersama kalsium, juga berperan penting pada berbagai reaksi kimia dalam tubuh, misalnya untuk mengatur kerja emsin.
Adapun sumber makanan untuk fosfor antara lain : Telur. daging, biji-bijian yang masih memiliki kulit ari, kacang-kacangan dan susu. Kekurangan fosfor, kalsium dan vitamin D dapat mengakibatkan tulang dan gigi menjadi rapuh serta menimbulkan penyakit rakitis

3.Zat Besi (Fe)
Kadar zat besi dalam tubuh tidak seberapa banyak, yaitu hanya sekitar 0,002 kg.untuk berat badan 50 kg. Mineral ini berrfungsi sebagai pembentuk homoglobin (zat warna merah darah). Zat besi memiliki fungsi sangat fital didalam tubuh manusia, fungsi zat besi tersebut adalah mengangkut oksigen dari paru-paru kejaringan dan mengangkat electron didalam proses pembentukan energi yang terjadi didalam sel, dan juga membantu sistim kekebalan tubuh dalam menangkal berbagai serangan virus dan bakteri.
Adapun sumber zat besi yang terdapat dalam makanan adalah : Telur, sayur-sayuran, biji-bijian yang masih berkulit ari, serta hati. Kekurangan zat  besi dapat mengakibatkan penyakit anemia (kekurangan sel-sel darah merah).

4. Yodium
Fungsi utama yodium ialah sebagai pembentuk hormon tiroksin yang mengatur berbagai macam aktivitas alat-alat tubuh dan mengontrol kecepatan pertumbuhan seseorang. Kekurangan yodium pada orang dewasa dapat menimbulkan pembengkakan kelenjar gondok (penyakit gondok).
Adapun sumber-sumber makanan yang mengandung yodium antara lain : Ikan laut, tiram, kerang, dan makanan lain yang berasal dari laut. Penyakit gondok banyak diderita oleh orang-orang pegunungan yang air minumnya sedikit sekali mengandung yodium.

5. Natrium (Na) dan Klorin (CI)
Gabungan unsur natrium dan klorin membentuk senyawa yang dikenal sebagai garam dapur  (NaCI). Di dalam tubuh natrium berfungsi mengatur denyut jantung dan membantu proses perambatan implus saraf. Natrium bersama-sama klorin berfungsi memelihara keseimbangan cairan tubuh.
Adapun bahan makanan yang banyak mengandung natrium dan klorin antara lain : Garam dapur, daging, ikan, susu dan telur. Kekurangan natrium dapat menyebabkan kekejangan dan kelelahan otot, bahkan pengeluaran natrium terlelau berlebihan akibat terlalu banyak mengeluarkan keringat saat berolah raga atau bekerja keras dapat menyebabkan keram otot. Namun berlebihan mengkomsumsi natrium dalam bentuk garam dapur dapat meningkatkan tekanan darah.

6 Seng (Zn)
Mineral seng berperan dalam metabolisme protein, penyembuhan luka, dan kesehatan kulit. Seng juga berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Bahan makanan yang mengandung seng antara lain : Daging, ikan, hati, telur dan susu.



Fungsi Mineral Dan Jenis makanan Yang Mengandung Mineral Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment