BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Ciri-ciri Kelamin Skunder

Datangnya masa pubertas, dan kecepatan perubahan fisik yang terjadi pada setiap anak perempuan tidak sama. Aktifnya hormon seks menandai datangnya masa pubertas. Hormon ini menyebabkan kecepatan pertumbuhan meningkat serta meningkatnya berat badan. Beberapa perubahan tubuh pada anak perempuan antara lain payudara mulai tumbuh dan berkembang, tumbuhnya rambut ketiak, aktifnya kelenjar keringat diketiak, Tumbuhnya rambut kemaluan, kelenjar minyak dikulit bekerja lebih aktif dan terjadinya penimbunan lemak dibawah kulit sehingga menyebabkan bentuk badan perempuan lebih bulat.
Lalu bagaimana dengan masalah jerawat ?
Masalah jerawat memang berpengaruh juga dengan masa pubertas, namun jerawat banyak faktor yang mempengaryhi sehingga timbul jerawat pada kulit wajah. Pada umumnya, jerawat bisa muncul pada remaja, karena pada saat itu kelenjar minyak pada kulit mulai aktif memproduksi minyak, jika tersumbat dan terkontaminasi oleh bakteri, kelenjar minyak akan mengalami pembengkakan yang disebut jerawat.
Selain itu, Penyebab tumbuhnya jerawat antara lain faktor keturunan, makanan, infeksi, alergi, iklim dan faktor kejiwaan. Suatu keluarga yang orang tuanya mengalami kasus jerawat, biasnya menurun pada anak-anaknya dan juga jenis makanan tertentu bepotensi menimbulkan jerawat yaitu makan pedas atau yang berlemak.
Anak laki-laki umumnya mencapai masa pubertas lebih lambat dari pada anak perempuan, akan tetapi saat hormon seks mulai aktif, maka pertumbuhan anak laki-laki akan melebihi anak perempuan sama halnya dengan anak perempuan, laki-laki yang mengalami masa pubertas juga terdapat tanda-tanda atau ciri-ciri kelamin skunder.

Ciri-ciri Kelamin Skunder

Adapun ciri dari pada kelamin skunder yakni ditandai dengan tubuh yang makin berotot, dada dan bahu menjadi bidang, tumbuhnya rambut kemaluan, serta suara menjadi lebih berat karena berkembangnya ukuran laring (kotak suara) dileher. Perubahan lain yang terjadi pada masa pubertas yaitu aktifnya kelenjar keringat diketiak, tumbuhnya rambut diketiak dan bagian tubuh lain, serta lebih aktifnya kelenjar minyak dikulit.
Selain perubahan fisik, masa pubertas juga mengakibatkan terjadinya perkembangan emosi ditandai dengan energi yang meledak-ledak. Akan tetapi remaja pada masa ini masih canggung dalam menjalin hubungan sosial, terutama dengan orang tua. Akibatnya mereka lebih senang mencari perhatian dan menjalin pergaulan dengan teman sebayanya.
Perkembangan intelektualnya ditandai dengan lebih muda menerima pelajaran karena kecerdasan berkembang cepat dan meningkatnya presepsi pandangan. Kondisi ini didukung dengan meningkatnya perkembangan daya ingat serta kecepatan dan ketepatan keterampilan motorik. Perkembangan memtalnya berubah lebih cepat dibandingkan perkembangan fisik. Seiringan dengan perkembangan intelektualnya, pada diri remaja timbul keinginan untuk membentuk dunianya yang ideal dengan mengidolakan seseorang dan mencontohnya. Perkembangan fisik, jiwa, emosi, sosial dan intelektualnya harus diiringi dengan penanaman nilai-nilai spritual untuk mengendalikan sifat-sifat negatif.
Setelah mencapai umur 20 tahun, tubuh mencapai pertumbuhan yang sempurna. Otot-otot berada pada puncak kekuatannya dan memasuki tahap kedewasaan. Emosi dan intelektual orang yang memasuki tahap dewasa sangat stabil dan mandiri. Pada tahap ini seorang menjadi sifat produktif. Selain itu kematangan sistim reproduksi yang dimiliki menyebabkan orang tersebut siap untuk menghasilkan suatu keturunan.
Ciri-ciri Kelamin Skunder Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment