BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Globalisasi menurut Para Ahli

    Dalam perbincangan ilmiah seperti diskusi dan seminar, sering muncul kata global dalam forum-forum tersebut yang disampaikan oleh penyaji atau perseta forum. Globalisasi sudah milai terjadi pada abad ke 20, yang telah membuat masyarakat dunia termasuk indonesia harus siap-siap menerima kenyataan masuknya pengaruh luar terhadap seluruh aspek kehidupan bangsa, salah satunya asperk yang sangat berpengaruh adalah aspek kebudayaan, baik fisik ( bangunan atau hasil kesenian ) maupun non fisik berupa tata nilai kehidupan masyarakatnya yang membawa dampak positif juga dampak negatif. Tahukah apa itu globalisasi ? berikut ini beberapa pengertian daripada globalisasi
Pengertian Globalisasi
    Globalisasi berasal dari kata globe, selanjutnya muncul istilah global artinya secara umum atau keseluruhan atau meliputi seluruh dunia. Dalam kamus besar bahasa Indonesia disebutkan bahwa "Globalisasi" artinya proses masuknya keruang lingkup dunia, yaitu proses dimana hubungan sosial dan saling ketergantungan antara negara satu dengan negara yang lainnya dan anatara manusia satu dengan manusia yang lainnya didunia ini semakin besar.
     Untuk memahami pengertian globalisasi kita simak beberapa pengartian globalisasi berikut :
a. Bank Dunia
    Globalisasi adalah kebebasan dan kemaampuan individu dan perusahaan untuk meprekarsai ekonomi dengan orang-orang dari negara-negara lain.
b. IMF
     Globalisasi berarti meningkatnya ketergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang ditandai oleh meningkatnya dan beragamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran tekhnologi yang meluas adan cepat.
c. A.G.Mc Grew
    Globalisasi mengacu pada keragaman hubungan dan saling ketrkeitan antara negara dan masyarakat yang membentuk dunia sistim modern. Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan dibelahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat dibelahan dunia yang lain.
d. PrijonoTjiptoherijanarto
     Konsep globalisasi pada dasarnya mengacu pada pengertian ketiadaan batas antar negara (stateless). Konsep ini merujuk pada pengertian lain. Pengertia "sesuatu" tersebut dikaitkan dengan banyak hal seperti pola prilaku tatanan kehidupan, dan sistim perdagangan.
e. John Huckle
     Globalisasi adalah suatu proses kejadian, kegiatan dan keputusan, dan kegiatan disalah satu bangsa dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah yang jauh.
f. Albrow
       Globalisasi adalah keseluruhan proses dimana manusia di bumi ini diikorporasikan (dimasukkan) kedalam masyarakat dunia tunggal, masyarakat global. Karena proses ini bersifat majemuk, kita pun memandang globalisasi di dalam kemajemukan
       Dari berbagai pengertian globalisasi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa globalisasi merupakan proses yang dapat mendorong kehidupan manusia lebih mendunia. Maka muncul anggapan bahwa manusia tidak lagi menempatkan dirinya pada posisi lokal (didaerah) dimana ia berdomisili atau pun ia menempatkan dirinya sebagai warga negara dunia. Pemahaman semacam ini adalah merupakan gejala sosial yang disebut globalisasi.

Pengertian Globalisasi menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment