BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Budaya Politik

Sudah menjadi suratan takdir bahwa manusia hidup sebagai makhluk individu sekaligus sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia hidup bersama-sama antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya, sehingga membentuk kelompok atau organisasi yang teratur, sistimatis dan memiliki tujuan jelas seperti organisasi politik, lembaga kemasyarakatan dan negara. Kedudukan manusia dalam kehidupan bernegara adalah sebagai insan politik atau sebagai elemen pokok yang melaksanakan aktivitas-aktivitas politik kenegaraan, baik sebagai objek maupun sebagai subjek. Dalam menjalankan roda pemerintahan tidak terlepas dari politik dan dijadikan sebagai budaya dalam negara yang dikeal dengan budaya politik. berikut penjelasan mengenai budaya politik.
A. Defenisi Budaya Politik
  1. Budaya politik adalah aspek politik dari nilai-nilai yang terdiri atas pengetahuan, adat istiadat, tahayul dan mitos. Kesemuanya itu diakui oleh sebagian besar masyarakat, budaya politik tersebut memberikan alasan rasional untuk menolak atau menerima nilai-nilai dan norma-norma yang lain.
  2. Menurut  Rusadi Sumintapura, Budaya poiltik diartikan sebagai pola tingkah-laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh anggota dalam satu sistem politik.
  3. Menurut Almond and Verba, Budaya polotik adalah sikap individu terhadap sistem politik dan komponen-komponennya, juga sikap invidu terhadap peranan yang dapat dimainkan dalam sebuah sistem politik. 
Dari ketiga defenisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa, Budaya politik adalah sikap individu terhadap sistim politik dan komponen-komponennya, juga sikap individu terhadap peranan yang dapat dimainkan dalam sebuah sistim politik
Dengan memahami budaya politik, kita akan memperoleh paling tidak dua mamfaat yakni :
  1. Sikap-sikap warga negara terhadap sistem politik akan mempengaruhi tuntutan-tuntutan, tantangan, dukungan serta orientasinya terhadap sistim itu.
  2. Dengan memahami hubungan antara budaya poltik dan sistim politik, dapat dimengerti maksud-maksud individu yang melakukan kegiatan sistim politik atau faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pergeseran politik.
B. Ciri-Ciri Budaya Politik
Budaya politik adalah merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat dengan ciri-ciri yang lebih khas yaitu sebagai berikut  :
  1. Budaya poltik menyangkut masalah legitimasi
  2. Pengaturan kekuasaan
  3. Proses pembuatan kebijakan pemerintah
  4. Kegiatan partai-partai politik
  5. Prilaku aparat Negara
  6. Gejolak masyarakat terhadap kekuasaan yang memerintah 
  7. Kegiatan politik juga memasuki dunia keagamaan, kegiatan ekonomi, dan sosial serta kehidupan pribadi, dan sosial secara luar
  8. Budaya politik menyangkut pola pengalokasian sumber-sumber masyarakat.
Pengertian Budaya Politik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment