BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

PEMBELAJARAN KOPERATIF, CIRI DAN TUJUAN SERTA PRINSIP

     Pembelajaran Koperatif dikenal juga dengan istilah Cooperative Learning yaitu sebuah sistim pembelajaran yang mencakup suatu kelompok kecil siswa sebagai sebuah tim untuk menyelesaikan sebuah masalah, menyelesaikan tugas atau mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan bersama lainnya. Oleh karena itu bukanlah namanya Cooperative Learning jika siswa duduk bersama dalam kelompok-kelompok kecil dan mempersilahkan salah seorang diantaranya untuk menyelesaikan pekerjaan seluruh kelompok. Pembelajaran Koperatif dapat didefenisikan sebagai sistim kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk dalam struktur ini adalah lima unsur pokok (Johnson & johnson) yaitu : Saling ketergantungan positis, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.

 A. Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif

  1. Siswa bekerja dalam kelompok secara koperatif untuk menuntaskan materi belajarnya
  2. Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
  3. Bilamana mungkin, anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin yang berbeda-beda.
  4. Penghargaan lebih berorientasi pada kelompok dari pada individu

B. Tujuan Pembelajaran Kooperatif

  1. Hasil belajar akademik , bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik, model ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep yang sulit
  2. Penerimaan terhadap perbedaan individu, yakni penerimaan yang luas terhadap orang yang berbeda menurut ras, budaya, kelas sosial, kemampuan dan ketidak mampuan.
  3. Pengembangan keterampilan sosial,  yaitu bertujuan mengajarkan kepada siswa keterampilan bekerjasama  dalam kolaborasi.

C. Prinsip Pembelajaran kooperatif

     Menurut Wina Sanjaya : Terdapat empat prinsip dasar pembelajaran kooperatif sebagai berikut :
1. Perinsip keuntungan positif
    Dalam pembelajaran kelompok, keberhasilan suatu penyelesaian tugas sangat tergantung kepada usaha yang dilakukan setiap anggota kelompoknya 

2. Tanggung jawab perseorangan.
    Perinsip ini merupakan konsekuensi dari prinsip yang pertama. Karena keberhasilan tergantung pada setiap anggotanya, maka setiap anggota kelompok harus memiliki tanggung jawab sesuai dengan tugasnya

3. Intraksi tatap muka
    Pembelajaran kooperatif memberikan ruang dan kesempatan yang luas kepada setiap anggota kelompok untuk bertatap muka seling memberikan informasi dan membelajarkan.Interaksi tatap muka akan memberikan pengalaman yang berharga kepada setiap anggota kelompok untuk bekerja sama, menghargai setiap perbedaan, memanfaatkan kelebihan masing-masing anggota dan mengisi kekurangan masing-masing.

4. Partisipasi dan komunikasi
    Pembelajaran kooperatif melatih siswa untuk dapat mampu berpartisipasi aktif dalam berkomunikasi.Kemampuan ini sangat penting sebagai bekal mereka dalam kehidupan dimasyarakat kelak, oleh karena itu, sebelum melakukan pembelajaran, guru perlu membekali siswa dengan kemampuan berkomunikasi.

D. Prosedur Pembelajaran Kooperatif

     Prosedur pembelajaran kooperatif pada perinsipnya terdiri atas empat tahap, yaitu :

1.  Penjelasan materi
    Tahap penjelasan diartikan sebagai proses penyampaian pokok-pokok materi pembelajaran sebelum siswa  belajar dalam kelompok. Tujuan utamanya dalam tahapan ini adalah pemahaman siswa terhadap pokok materi pembelajaran. Pada tahap ini guru memberikan gambaran umum tentang materi yang harus dikuasai kemudian selanjutnya siswa memperdalam materi dalam pembelajaran kelompok.

2. Belajar dalam kelompok
    Setelah guru memjelaskan secara umum tentang pokok-pokok materi pelajaran, selanjutnya siswa diminta untuk belajar pada kelompoknya masing-masing yang telah dibentuk sebelumnya.

3. Penilaian
  Penilaian dalam pembelajaran kooperatif bisa dilakukan dengan test atau kuis, baik secara individual maupun secara kelompok.

4. Pengakuan tim
   Pengakuan tim adalah penetapan tim paling menonjol atau tim paling berprestasi untuk kemudian diberikan penghargaan atau hadiah. Pengakuan dan penghargaan ini diberikan agar supaya dapat memotivasi tim untuk terus berprestasi.

PEMBELAJARAN KOPERATIF, CIRI DAN TUJUAN SERTA PRINSIP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment