BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Tata Cara Sholat Duduk Baring dan Telentang





SHOLAT DUDUK , BARING, DAN TELENTANG

A.   Sholat bagi orang yang tidak berdiri
       ShoLat merupakan ibadah yang sangat penting dimana saja berada, kapan saja berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga kita wajib melaksanakan ibadah sholat. Orang yang sakit pun wajib melaksanakan ibadah sholat selama akal dan ingatannya masih sehat ( sadar ). Sholat adalah fardhu ‘ain yaitu sholat yang dilakukan oleh tiap-tiap pribadi muslim dan muslimah.
      Suatu kemurahan bagi  Allah SWT bagi kita dalam melaksanakan sholat, misalnya seorang muslim yang sedang sakit, jika tidak bisa berdiri maka dibolehkan untuk sholat dengan cara duduk, bila sholat duduk tidak bisa maka juga dibolehkan untuk sholat dengan baring. Sebagaimana Nabi SAW telah bersabda   :
عن على ابن ابى طالب عن النبي صلى الله عليه وسلــم قال : يصلى لمريض قاءما لن استطاع فان لم يستطع صل قاعدا فاءن لم يستطع ان يسجد او م براسه وجعل سجوده احفض من ركوعه قاان لم يستطع يصلى قاعدا صلى على جنبه الايمان مستقيل القبتة فاان لم يستطع ان يصلى على جنتة الايمان صلى مستلقيا رجلاه مما يليالقبتة (رواه الدار قطني )
Artinya  :
   Dari sahabat Ali bin Abi Tholib Nabi SAW bersabda  : “ sholat orang sakit sambil berdiri jika mampu, jika tidak mampu sholatlah dengan duduk, jika ia tidak mampu sujud, maka isyarat saja dengan kepalanya, tetapi hendaklah sujudnya lebih rendah dari pada ruku’nya, jika ia tidsk msmpu sholat dengan duduk, maka sholatlah dengan berbaring kesebelah kanan menghadap kiblat, jika tidak mampu juga maka sholatlah ia dengan terlentang , kedua kakinya diarahkan ke kiblat. “ (HR.Ad-Daru Quthni)
B.     Cara sholat orang sakit  :
1.      Cara sholat dengan duduk :
-         Duduklah sperti pada cara duduk tahiyat awal (duduk diantara dua sujud ) kemudian berniat sesuai sholat yang mau dikerjakan, dan bertakbiratul ihram sambil mengangkat kedua tangan  serta membaca :  الله اكـــبر
-      Setelah takbiratul ihram kedua belah tangannya disedakepkan diatas dada, sesudah itu membaca do’a iftitah, surah Al-fatihah dan surah dari Al-Qur’an.
-      Sesudah itu ruku ‘ yaitu dengan duduk membungkuk sedikit kearah depan dengan membaca tasbih rukuk sebagaimana sholat biasanya (sholat berdiri)
-          I’tidal yaitu duduk kembali seperti semula serta membaca tasbih ‘itidal yaitu   :
سمع الله لمن حمد ربنا لك الحمد ملء السموات وملء الارض وملء ما شـئت من شىيئ  بعد
-      Sesudah itu sujudlah sebagaimana sujud biasa serta bacalah tasbihnya, kemudian duduklah kembali menyempurnakan rakaat yang kedua, sebagaimana rakaat yang pertama.
2.      Cara sholat dengan berbaring.
-          Jika kita sholat dengan duduk tidak bisa, hendaklah kita sholat dengan berbaring, yaitu seluruh anggota badan dihadapkan ke kiblat.
-          Yang dimaksud dengan berbaring ialah kita tidur miring diatas rusuk yang sebelah kakan  dengan membujur kesebelah selatan, telinga sebelah kanan tertindih oleh kepala sebelah kanan pula.
-          Selanjutnya wajah dan perut, dadadan kaki menghadap kearah kiblat dengan disertai niat dan bertakbir seperti biasa.
-          Untuk melakukan ruku’ dan sujud cukup dengan anggukan kepala atau dengan menggunakan kedipan pelupuk mata.
-          Jika semua tidak bbisa dilakukan dengan anggukan kepala dan kedipan mata, maka gunakanlah hati selama kita masih sadar. Demikianlah seharusnya hingga salam selesai.
3.      Cara sholat dengan telentang.
Bila kita tidak mampu sholat dengan duduk dan tidak mampu sholat dengan berbaring, maka bolehlah sholat dengan telentang. Cara melaksanakan sholat dengan telentang yaitu :
-          Kedua kaki diluruskan ke kiblat.
-          Kepala diganjal bantal berada disebelah timur, agar muka menghadap kekiblat (usahakan kepala diganjal agak tinggi ) kemudian berniat sholat sesuai dengan niat sholat yang akasn kita kerjakan.
-          Untuk melakukan ruku’ dan sujud cukup dengan melakukan kedipan mata, jika kedipan mata tidak bisa maka cukup dalam hati saja selama lita masih sadar.
           Oleh karena pentingnya sholat, maka dalam kondisi apapun selama kita sadar dan akal masih sehat kita wajib melaksanakannya.

Tata Cara Sholat Duduk Baring dan Telentang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

2 comments: