BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Cara Berwudhu dan Doanya

Rasulullah SAW yidak pernah keluar dari tolilet kecuali beliau berada dalam keadaan berwudhu, beliau bersabda orang yang selalu menjaga wudhu hanyalah orang islam. Cara-cara yang dianjurkan oleh rasulullah SAW adalah :
1.    Sebelum berwudhu bersiwaklah (menggosok gigi ) terlebih dahulu, sebab Nabi SAW bersabda  “Sholat yang dikerjakan setelah bersiwak lebih utama dari pada  sholat  tujuh puluh lima kali tanpa bersiwak.
2.       Kemudian duduk untuk berwudhu, lalu ucapkan basmalah  karena Nabi SAW bersabda “tidak dianggap berwudhu bagi yang tidak menyebut asma Allah (basmalah). Lalu mengucapkan  doa :
اَ عُـــوْ ذ مِنْ هُمَزَا تِ ا لشَيــــَا طِيْن وَاَ عـُـوذُ بـِـكَ رَبّ اَنْ يـَــحْضُرُوْنَ
Aku berlindung kepadaMU dari godaan syaethan, dan aku berlindung kepada-Mu dari kehadiran mereka kepadaku”
3.      Kemudian mencuci tangan tiga kali. Sebelum mencuci tangan terlebih dahulu membaca do’a   :
اَللّهُم َإِنِّى اَسْـأ لُكَ اليُــمْنـَـى وَالْبـَـرَ كَة وَا َعـُوْذُبِـكَ مِنَ الشّـَوْمِ وَالـْهَـلَــكَه
YaAllah, aku memohon kepada-Mu keberuntungan dan berkah, dan aku berlindung kepada-Mu dari kesialan dan kebinasaan  “.
4.      Menciduk air dengan tangan, untuk dimasukkan dimulut terus berkumur-kumur sebanyak tiga kali seraya mengucapkan  :
اَلّلهُـمَّ أَعـِـنِّي عَـلَى تِـلاَ وَة ِكـِتَا بِكَ وَكَثْرَةِ الذِّكْرَلَكَ
Yaa Allah , tolonglah aku agar supaya aku selalu membaca kitab-kitab-Mu dan banyak berzikir kepada-Mu “
5.      Menciduk air untuk dimasukkan kehidung, lalu dikeluarkan kembali sebanyak tiga kali. Saat dimasukkan air  kehidung  bacalah do’a  :
اللهــم اَوْجَــدْنـِى رَاإحَةَ الجنــــة وانـــت عـَـنِّى رّاضِ
Yaa Allah, anugerahkanlah wangi surge kepadaku dan ridhalah Engkau kepadaku, dan ketika engkau mengeluarkan dari hidung maka bacalah doa  :
اللهــم إِنِّى عـُـوذُ بـِـكَ مِـنْ وراءـــح النا ر ومن ســوءالقــرار
yaa Allah aku berlindung kepadaMu dari bau api neraka dan ketetapan yang buruk
6.       Kemudian menciduk air kemudian membasuh wajah, mulai dari daerah pangkal rambut sampai ujung dagu, dan dari telinga yang satu ketelinga yang lainnya. Wajib menglirkan air dibagian wajah yang ditumbuhi rambut, yaitu alis, kumis, bulu mata dan bulu jenggok.dan memasukkan jari jemari kelekuk-lekuk kulit dibagian mata dan membersihkan kelopak mata seraya berdo’a  :

اَلّلهُـمَّ بَيـّْــــضْ وَجْـهــِــي بِنُوْرِكَ يوم تَبـَيـَـــضّ وُجـُوهُ اوْلـِيـَــاءِكَ وَلاَ تَسْوَدّ    وَجْهِى بِظُللُمَا تِكَ يَوْم َتَسْوَدّ وُجُـوهُ اَعـْدَاءِكَ
Yaa Allah putihkanlah wajahku dari cahaya-Mupada saat wajah-wajah para waliMu menjadi putih, dan janganlah Engkau hitamkan wajahku dengan kegelapanMu pada saat wajah-wajah para musuhmu menjadi hitam. “
7.      Kemudian membasuh kedua tangan hingga siku senabyak tiga kali, dan menggerak-gerakkan cincin, saat membasuh tangan kanan seraya berdo’a  :
اَلّلهُـمَّ اعْـطِـي كـِتا بِي بِيَمـيني وَحـَـاسِبــِيْ حـِسَا باً يـسِيـرَا
Yaa Allah, berikanlah kitabku (catatan amalku ) ditangan kananku dan periksalah amal ibadahku dengan ringan  “.
            Saat membasuh tangan kiri maka ucapkanlah 
اَلّلهُـمَّ اِني أعُوْذُ بِــكَ اَنْ تعْــطِنِي كِــتَابِي بـِثـِـــمَالِي او مِن ْوَرَاءِ ظَـهـْرِي

“ yaa  Allah aku berlindung kepadaMu diberikan kitabku melalui tangan kiriku, atau dari belakang punggungku.
8.      Kemudian mengusap kepala sebanyalk tiga kali dengan membaca 
اَللَّهُــمَّ غَـشِّنِـي بِـرَحْـمَتِكَ وَاَنـْـزَلَ عَلَيّ مِنْ بَرَكَا تِكَ وَاَظِلـِّنِي تَحْتَ عَـرْشِكَ  يَوْمَ لَا ظِـلِّ اِلَى ظِلُّــكَ
Yaa Allah kelilingilah diriku dengan rahmat-Mu, turunkankah berkah-Mu kepadaku , dan naungilah diriku dibawah naungan Arasy-Mu dihari tiada naungan (tempat berteduh) selain naungan dari-Mu “.
9.      Lalu mengusap  bagian telinga luar dan dalam dengan air yang baru. Caranya, masukkan jari telunjuk kebagian dalam kedua-duanya ditelinga sambil digosok-gosokkan, sedangkan ibu jarinya berada dibagian luar telinga sambil menggosok-gosok pula serya mengucapkan do’a   :
الّلهُـمَّ ا جْعَلْنِي مِنَ الّذِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ الْقَوْلُ فَيّتّبِعُوْنَ اَحْسَنُهُ، اللهم سَمّعْنِي مُنَا دِيَ الْجَنّةِ مَـعَ لابْرَارً
yaa Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mendengarkan nasehat dan mengikuti kebaikanmu. Ya Allah perdengarkan kepadaku panggilan sorga bersama dengan orang-orang yang sholeh.
1.  Mengusap leher . berdasrkan sabda Nabi Muahammad SAW.”mengusap leher menciptakan keamanan dari belenggu di hari kiamat”. Lalu membaca doa   :              اَلّلهُـمَّ فُــكْ رَقَبَتِي من الناروأعوذبك مِنَ الْسَلَاسِلِ وَلَااْغْلاَل
“Yaa Allah bebaskanlah leherku dari belenggu api neraka, dan aku berlindung kepada-Mu dari rantai dan belenggu” (dibaca 3 kali )
1.  Kemudian membasuh kaki sebelah kanan sebanyak tiga kali dengan menyelipkan jari kelingking tangan kiri keselah-selah kaki kanan dari arah bawah. Saat membasuh kaki kanan makabacalah doa :
اَلّلهُـمَّ ثبت قدمي على صِرَاطِ يوْمَ تزل لاقدام فى النار
Yaa Allah kokohkanlah kakiku diatas shirath, pada hari dimana kaki-kaki tergelincir ke dalam neraka “.
            Saat membasuh kaki kiri maka bacalah doa  :
اَلّلهُـمَّ إني اعوذبك من انتزل قدمي عَلَى صِرَاط يوم تزل الاقدام المنافقون 
Yaa Allah aku berlindung kepada-Mu agar kakiku tidak tergelincir dari atas shirath pada hari dimana kaki-kaki orang munafik tergelincir “.
            Kedua kaki tersebut harus dibasuh sampai diatas mata kaki  /pertengahan betis. Setelah selesai, maka bacalah doa  :
اَشْـهَدُ اَنْ لاْالَهَ الاالله وحده لاشريك له واشهد ان مُحَـمّدًا عبْدُه ورســـــــــوله,
سبحانك اللهـم وَبِحـَمْدِكَ لااله الا اَنـْتَ عَمِـلْتُ سـُوءًاوَظَلمْتُ نَفْسِي اَسْتَغْفِرُكَ وَاتُوبُوا الَيْهِ فاَغْفـِرْلِي اِنـّكَ انْتَ لتّوّابُ لرّحِـــيْم اللهــم جْـعَلنِي مِنَ لتّـوّابِيـْـنَ وَجْعَلنِــي من لمُتَطَــهـّـَرِين وجــعلـــني  من عــبا دك اصـــالحين وَجْعَلْــنِـي صُـبُوْرًاشَــكـُورًاوجــعلــني أذْكـُــرُكَ ذِكـْــرًاوَأُسـَـــبِّحُـكَ بُكــْــرَةا وأصـيــــــلا



Cara Berwudhu dan Doanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment