BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian hasad / Iri hati

SIFAT HASAD / IRI HATI
Kata hasad berasal dari bahasa arab yang berarti iri hati, dengki. Iri berarti merasa kurang senang atau cemburu melihat orang lain beruntung atau mendapatkan kesenangan. Iri adalah salah satu bentuk gangguan mental, karena hatiorang iri senantiasa gelisah jika melihat orang lain mendapatkan sesuatu kesenangan. Semakin sering melihat orang lain senang, semakin gelisah pula hatinya. Apabilarasa iri ini tidak dapat dikendalikan lagi, maka muncullah perbuatan  yang amat buruk yakni dengki, dengan demikian dengki merupakan akibat dari sikap iri.
2.    Larangan bersifat hasad.
Keadaan hidup manusia didunia ini berbeda-beda, sds ysng miskin dan ada pula yang kaya.orang yang miskin tidak boleh mengangan-angan iri trhadap orang yang kaya, karena semakin dalam hati kita mengangan-angan kekayaan semakin dalam rasa iri hatinya. Allah yang maha bijaksan yang mengatur sebagal sesuatu sesuai dengan kehenda-Nya yang mutlak seagaimana rasulullah saw bersabda

Artinya “ Jagalah dirimu dari hasad, karena sesungguhnya hasad merusak kebaikan, sebagaimana api yang memakan katu bakar”.( HR. Abu Daud dari Abu Huraerah )
Maksud hadits di atas ialah bahwa apabila seseorang memiliki sifat hasad, sifat tersebut dapat merusak pahala kebaikan yang telah dilakukan sebelumnya, rusakya pahala  kebaikan yang dilakukan di ibaratkan deperti rusaknya kayu bakar yang termakan api.

3.    Bentuk-bentuk perbuatan hasad.

Bentuk-bentuk perbuatan hasad sangat bsnyak yang antara lain sebai contah
a.    Seorang siswa sangat berambisi untuk mendapat peringkat pertama dikelasnya, dan apa yang didambakan meleset karena diraih oleh temannya, ia kecewa dan iri terhadap temannya yang mendapat peringkat pertama. Ketika waktu istirahat tiba, ia tidak keluar kelas. setelah semua siswa keluar ia mengambil buku temannya yang mendapat peringkat pertama lalu dilemparkan dibelakang sekolah
b.    Seorang warga dikampung berjualan makanan. Kebetulan warungnya tidak selaris dengan warung milik tetangganya. Ia iri melihat warung tetangganya. Sehingga pada suatu malam ketika kebanyakan orang sudah lelap tidur, ia datang ke warung tetangganya tadi dan ia menaruh kotoran disekitar warung dengan harapa orang segan jajan diwarung tersebut.

4.    Dampak negatif perbuatan hasad.
Setiap perbuatan buruk itu pasti berdampak negative dan adapun dampak dari pada perbuatan hasad antara lain sebagai berikut :

a.    Bagi pelakunya sendiri.

-    Merusak paahala amal bail yang telah dilakukan sebelumnya
-    Menyiksa batinnya sendiri karena semakin banyak orang yang mendapatkan kesenangan,  
      semakin  gusar hatinya, itulah sebabnya ada uangkapan orang yang iri memakan hatinya sendiri
-    Tercela dalam  pandangan Allah swt, maupun sesame manusia

b.    Bagi orang lain

Hasad yang dilakukan terhadap seseorang akan menimbulkan kekecewaan, hati yang kecewa mempengaruhi rau wajah (cemberut,susah) sehingga hal itu mengganggu hubungan persaudaraan. Semakin banyak orang yang hasud, semakin rusak pula hubungan persaudaraan dalam kehidupan bermasyarakat.

5.    Perilaku menghindari hasad

Hasad adalah penyakit hati yang susah dicari penyembuhannya. Kendatipun demikian apabila ada kemauan yang sungguh-sungguh maka sifat buruk tersebut dapat dijauhi dan adapun cara untuk menghilangkan sifat hasad antara lain ;

a.    Rajin mendengarkan nasehat-nasehat keagamaan
b.    Rajin mendatangi pengajian-pengajian majelis ta’lim
c.    Memperbanyak bergaul dengan orang-orang yang sholeh dan menguragi bergaul dengan orang-
       orang talih
d.    Melatih diri untuk dapat menerima kenyataan hidup yang dialami
Pengertian hasad / Iri hati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment