BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Mukjizat dan Macam-macam Mukjizat Yang Dimiliki Para Rasul



Menurut bahasa mukjizat berarti, sesuatu yang melemahkan atau mengalahkan.
Menurut istilah, mukjizat berarti sesuatu yang luar biasa yang terjadi pada diri nabi atau rasul Allah swt, dalam rangka membuktikan bahwa dirinya adalah nabi atau rasul Allah swt. Yang tidak dapat ditiru oleh siapapun. Lazimnya, nabi atau rasul menampakkan mukjizatnya hanya pada saat-saat dibutuhkan. Misalnya untuk membela diri atau menjawab tantangan orang-orang kafir. Dalam Al-Qur’an dan Hadits tidak terdapat kata-kata mukjizat, dalam Al-Qur’an hanya disebutkan kata-kata ayat atau burhan, yang berarti bukti atau keterangan yang jelas. Sebagaimana dalam Al-qur’an Allah swt berfirman 

 اِنَّ نَـشَـأْ نُـنَـزِّلُ عَـليــهِـمْ مِنَ السـّـمَـَأِ ايَـةً فـَظَـلّـتْ اَعْـنَا قـُهـُم ْ لَـهـَا خـَاضِـعِـيْـنَ


Artinya :  “Jika Kami menghendaki,niscaya kami turunkan kepada mereka mukjizat dan langit, yang akan membuat tengkuk mereka tunduk dengan rendah hati kepadanya. (Q.S. asy-syu’ara/26: 4)

Setiap wajib memercayai adanya mukjizat yang dimiliki nabi dan asul. Mengingkari adanya mukjizat para nabidan rasul hukumnya kafir. Mengingkari mukjizat nabi dan rasul berarti mengingkri ayat-ayat yang ada didalam Al-Qur’an itu sendiri.
Macam-macam mukjizat yang dimilki para rasul

Apabila dilihat dari sifatnya, mukjizat dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu mukjizat hisiyah dan mukjizat maknawiyah

1.      Mukjizat hisiyah
Mukjizat hisiyah adalah mukjizat yang dapat dilihat, didengar, dirasakan, dan dipegang. Mukjizat hisiyah ditujukan kepada orang yang biasa yang kurang mampu menggunakan akal pikirannya secara baik. Contoh mukjizat hisiyah ialah mukjizat yang diberikan Nabi Adam a.s. pada waktu itu kedua putra beliau, Qabil dan Habil, melaksanakan kurban. Kurban Habil diterima Allah swt. Sedangkan kurban Qabil yang berupa buah-buahan busuk tidak diterima Allah swt. Dengan diterimanya kurban Habil, rasa benci Qabil makin bertambah sehingga Habil dibunuh.

2.      Mukjizat maknawiyah
Mukjizat maknawiyah ialah mukjizat yang tidak dapat dilihat, didengar, dirasakan, dicium, dan dipegang. Mukjizat maknawiyah hanya dapat dimengerti dan dikenal oleh orang yang berpikiran sehat, berbudi luhur, dan berperasaan halus.

Contoh mukjizat maknawiyah ialah mukjizat yang dimiliki Nabi Muhammad saw. Yang berupa Al-Qur’an. Tidak semua orang mau menerima petunjuk Al-Qur’an. Hanya orang-orang yang berpikir sehat, berbudi luhur, dan berperasaan halus yang sanggup menerima petunjuk Al-Qur’an dengan senang hati.
Pengertian Mukjizat dan Macam-macam Mukjizat Yang Dimiliki Para Rasul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment